Keterampilan Menulis Teks Anekdot terhadap Siswa SMAN 1 Mojo Kediri Kelas X Menggunakan Media Scrapbook

Authors

  • Jesyka Rizki Kharunisa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andri Pitoyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Muarifin Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6169

Keywords:

Keterampilan Menulis, Media Scrapbook, Teks Anekdot, Siswa SMA

Abstract

Urgensi dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan siswa kelas X SMAN Mojo 1 Kediri dalam menulis teks anekdot menggunakan media scrapbook, selain itu terdapat masalah yang ditemukan yaitu kurangnya keterampilan siswa dalam menulis, kurangnya keterampilan guru dalam memilih bahan ajar dan media pembelajaran yang masih menggunakan cara tradisional dalam mengajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks anekdot sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran scrapbook serta ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran tersebut terhadap siswa kelas X SMAN Mojo 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis  kuantitatif dengan menggunakan statistika deskriptif, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Instrumen penelitian yaitu pre-test dan post-test. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa sampel berjumlah 75 orang yang diambil menggunakan random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistic deskriptif dan inferensial (uji t).  Hasil penelitian ini yaitu : Hasil pretest menunjukkan keterampilan menulis teks anekdot dengan kriteria kurang dan kriteria cukup, hasil posttest menunjukkan kriteria baik dan sangat baik. Penggunaan media pembelajaran scrapbook dalam penelitian ini terbukti efektif meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo Kediri. Kesimpulan penelitian ini yaitu kelas X SMAN 1 Mojo Kediri terdapat pengaruh dari diberikannya perlakuan. Karena berdasarkan hitungan statistik, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikannya perlakuan dengan media pembelajaran scrapbook mengalami perubahan yang signifikan. Implikasi penelitian ini diharapkan Siswa dan Guru aktif menggunakan media scrapbook untuk meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun, U. Q., Muharrami, L. K., Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research (NSER), 2(3), 230-238. https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.13762

Ahmad, M., Kuntarto, E., & Purba, A. (2024). The Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Terhadap Capaian Pembelajaran (Cp) Kurikulum Merdeka: Analisis Materi terhadap Capaian Pembelajaran. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 14(1), 120-138. https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.11390

Ali, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapan nya dalam penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1-5.

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (1993). Tata bahasa baku bahasa Indonesia. (No Title).

Andini, S. H., Yustie, H. A., Larasati, I., Amalia, R. M., Putri, Y. A., Muliani, D., ... & Habibah, A. H. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cahya Ghani Recovery.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.

Destriani, D., & Warsah, I. (2022). Pemanfaatan model pembelajaran flipped classroom pada pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah dasar islam terpadu. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 175-190. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.557

Firjani, N. Q., & SB, N. S. (2025). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Qr Code Kebudayaan Lokal Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3094-3099. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7413

Firmansyah, F., & Firmansyah, D. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(4), 585-590. http://orcid.org/0000-0002-2300-0738

Gulo, S., & Sidiqin, M. A. (2020). Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Media Gambar Oleh Siswa Kelas X Smk Swasta Ypis Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 20-34. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.258

Hapsari, O. T., & Wulandari, Y. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Pada Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Karangbendo. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 99-108. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222.

Kassa, N., Anzar, A., & Baso, B. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Scrapbook Terhadap Keterampilan Menulis Puisi di Kelas IV SDN 488 Patoko. Cakrawala Indonesia, 8(2), 106-114. https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.925

Lukmanulhakim, L., & Uswatun, D. A. (2019). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) terhadap Keterampilan Menulis Puisi di Kelas Tinggi. Ummi, 13(1), 53-66.

Maulani, Y., Rohayati, N., & Hidayat, T. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Scrapbook. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 25-35. https://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11680

Nurnaningsih, L. A. (2020). Peningkatan keterampilan menulis teks anekdot dengan media karikatur. sarasvati, 2(2), 162-176. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v2i2.1086

Pramesti, I. A., Wardani, D. E., Sekarwati, I. A., & Sulistyono, Y. (2024). Efektivitas Penggunaan Media ScrapBook pada Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v6i1.6709

Rusman, M. P. (2017). Belajar & pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media.

Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rocmah, L. I. (2022). Buku ajar belajar dan pembelajaran. Umsida Press, 1-214. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Sobari, T., & Ramadhan, M. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Metode Discovery Learning. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 36-46. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v6i1.4246

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyanto, S., & Ruknan, R. (2020). Pengaruh kepemimpinan, keterampilan manajerial, dan pengambilan keputusan terhadap kinerja karyawan Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 5(1), 37-46. http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i1.1252

Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2). https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679

Published

2025-07-30

How to Cite

Kharunisa, J. R., Pitoyo, A., & Muarifin, M. (2025). Keterampilan Menulis Teks Anekdot terhadap Siswa SMAN 1 Mojo Kediri Kelas X Menggunakan Media Scrapbook. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 911–922. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6169

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.