Keterampilan Menulis Teks Anekdot terhadap Siswa SMAN 1 Mojo Kediri Kelas X Menggunakan Media Scrapbook
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6169Keywords:
Keterampilan Menulis, Media Scrapbook, Teks Anekdot, Siswa SMAAbstract
Urgensi dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan siswa kelas X SMAN Mojo 1 Kediri dalam menulis teks anekdot menggunakan media scrapbook, selain itu terdapat masalah yang ditemukan yaitu kurangnya keterampilan siswa dalam menulis, kurangnya keterampilan guru dalam memilih bahan ajar dan media pembelajaran yang masih menggunakan cara tradisional dalam mengajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks anekdot sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran scrapbook serta ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran tersebut terhadap siswa kelas X SMAN Mojo 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kuantitatif dengan menggunakan statistika deskriptif, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Instrumen penelitian yaitu pre-test dan post-test. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa sampel berjumlah 75 orang yang diambil menggunakan random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistic deskriptif dan inferensial (uji t). Hasil penelitian ini yaitu : Hasil pretest menunjukkan keterampilan menulis teks anekdot dengan kriteria kurang dan kriteria cukup, hasil posttest menunjukkan kriteria baik dan sangat baik. Penggunaan media pembelajaran scrapbook dalam penelitian ini terbukti efektif meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojo Kediri. Kesimpulan penelitian ini yaitu kelas X SMAN 1 Mojo Kediri terdapat pengaruh dari diberikannya perlakuan. Karena berdasarkan hitungan statistik, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikannya perlakuan dengan media pembelajaran scrapbook mengalami perubahan yang signifikan. Implikasi penelitian ini diharapkan Siswa dan Guru aktif menggunakan media scrapbook untuk meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot.
Downloads
References
A’yun, U. Q., Muharrami, L. K., Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research (NSER), 2(3), 230-238. https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.13762
Ahmad, M., Kuntarto, E., & Purba, A. (2024). The Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Terhadap Capaian Pembelajaran (Cp) Kurikulum Merdeka: Analisis Materi terhadap Capaian Pembelajaran. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 14(1), 120-138. https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.11390
Ali, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapan nya dalam penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1-5.
Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (1993). Tata bahasa baku bahasa Indonesia. (No Title).
Andini, S. H., Yustie, H. A., Larasati, I., Amalia, R. M., Putri, Y. A., Muliani, D., ... & Habibah, A. H. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cahya Ghani Recovery.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.
Destriani, D., & Warsah, I. (2022). Pemanfaatan model pembelajaran flipped classroom pada pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah dasar islam terpadu. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 175-190. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.557
Firjani, N. Q., & SB, N. S. (2025). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Qr Code Kebudayaan Lokal Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3094-3099. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7413
Firmansyah, F., & Firmansyah, D. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(4), 585-590. http://orcid.org/0000-0002-2300-0738
Gulo, S., & Sidiqin, M. A. (2020). Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Media Gambar Oleh Siswa Kelas X Smk Swasta Ypis Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 20-34. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.258
Hapsari, O. T., & Wulandari, Y. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Pada Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Karangbendo. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 99-108. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222.
Kassa, N., Anzar, A., & Baso, B. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Scrapbook Terhadap Keterampilan Menulis Puisi di Kelas IV SDN 488 Patoko. Cakrawala Indonesia, 8(2), 106-114. https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.925
Lukmanulhakim, L., & Uswatun, D. A. (2019). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) terhadap Keterampilan Menulis Puisi di Kelas Tinggi. Ummi, 13(1), 53-66.
Maulani, Y., Rohayati, N., & Hidayat, T. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Scrapbook. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 25-35. https://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11680
Nurnaningsih, L. A. (2020). Peningkatan keterampilan menulis teks anekdot dengan media karikatur. sarasvati, 2(2), 162-176. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v2i2.1086
Pramesti, I. A., Wardani, D. E., Sekarwati, I. A., & Sulistyono, Y. (2024). Efektivitas Penggunaan Media ScrapBook pada Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v6i1.6709
Rusman, M. P. (2017). Belajar & pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media.
Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rocmah, L. I. (2022). Buku ajar belajar dan pembelajaran. Umsida Press, 1-214. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Sobari, T., & Ramadhan, M. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Metode Discovery Learning. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 36-46. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v6i1.4246
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyanto, S., & Ruknan, R. (2020). Pengaruh kepemimpinan, keterampilan manajerial, dan pengambilan keputusan terhadap kinerja karyawan Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 5(1), 37-46. http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i1.1252
Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2). https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jesyka Rizki Kharunisa, Andri Pitoyo, Moch. Muarifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.