Penerapan Multimedia untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Peserta Didik Memahami Bagian-Bagian Mesin Bubut di SMK Negeri 1 Karangawen

Authors

  • Mochamad Ari Setyobudi Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Khumaedi Universitas Negeri Semarang
  • Khoirul Huda Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6410

Keywords:

Penerapan, Multimedia, Capaian Pembelajaran, Media Pembelajaran, True Experiment

Abstract

Rendahnya capaian pembelajaran peserta didik pada materi bagian-bagian mesin bubut di SMK menjadi permasalahan serius karena kompetensi ini merupakan dasar dalam praktik pemesinan lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengggunaan multimedia dalam meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik pada materi bagian-bagian mesin bubut di SMK Negeri 1 Karangawen Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true experiment dan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Teknik Pemesinan, dengan teknik cluster random sampling yang dipilih melalui undian. Kelas XI M2 menjadi kelompok eksperimen menerima pembelajaran berbasis multimedia, sementara kelas M1 menjadi kelompok kontrol menerima pembelajaran dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman setelah proses pembelajaran. Validasi instrumen penelitian mencakup validasi media dan materi oleh ahli, serta analisis statistik berupa uji-t dan N-Gain. Hasil validitas menunjukkan bahwa media dan materi yang digunakan layak dan reliabel, dengan nilai CVR di atas 0,75 dan persentase agreement masing-masing sebesar 97% dan 92%. Hasil analisis posttest menunjukkan rata-rata capaian pembelajaran kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Uji independent sample t-Test mendapatkan hasil t hitung sebesar 2,253 dengan signifikansi 0,028 (p < 0,05) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Analisis N-Gain pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan sebesar 62% dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan sebesar 49% dengan kategori sedang. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia berbasis PowerPoint efektif dalam meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik terhadap materi yang bersifat visual dan kompleks, serta mendukung teori pembelajaran multimedia sebagai pendekatan yang sesuai untuk pembelajaran kejuruan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ali, A., Venica, S. D., Aini, W., & Hidayat, A. F. (2025). Efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.62386/jised.v3i1.115

Ali, M. (2020). Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial. Pustaka Wacana.

Ansya, Y. A. U., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2025). Strategi Inovatif dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Cahya Ghani Recovery.

Aprilia, T., Sutrio, S., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 72-78. https://doi.org/doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3437

Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497-5511. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8468

Febriani, Y., Darmawan, E., Kapti, K., Saputri, P. D., & Jok, F. (2024). Pendampingan percepatan implementasi kurikulum merdeka melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 3847-3854. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27209

Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61-67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196

Hariyanti, N., & Priyanti, N. (2024). Implementasi Media Audiovisual dalam Mengembangkan Minat Berkreasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 515-525. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3141

Jatawitika, I. G. Y., Warpala, I. W. S., & Tegeh, I. M. (2024). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Gamifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(2), 159-168. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v14i2.4112

Jauhar, N. (2025). Teaching Factory Inovasi dalam Pendidikan dan Pelatihan Industri Pariwisata di SMK. Penerbit Widina.

Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Amaliah: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 349-353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289

Masruri, M., & Murdani, M. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Ceramah Dengan Lembar Kerja Siswa (Lks) Yang Dilengkapi Media Model Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Gambar Proyeksi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 19(1). https://doi.org/10.15294/jptm.v19i1.24614

Mesra, R., Agustina, P., Narayanti, P. S., Saptadi, N. T. S., Wibowo, M. A., Tandirerung, V. A., ... & Salem, V. E. (2023). Media Pembelajaran. Sada Kurnia Pustaka.

Mutiara, E., Setiadi, D., Jamaluddin, J., & Ilhamdi, M. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Aikmel. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 977-981. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1334

Nu’man, M. A., Nursyahidah, F., Fatonah, F., & Artharina, F. P. (2024). Pengaruh Model PBL Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(3), 183-192. https://doi.org/10.51878/edutech.v4i3.3308

Rusfriyanti, R. B., & Rondli, W. S. (2023). Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 83-90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p83-90

Rusli, M., Hermawan, D., Supuwiningsih, N. N., & Bali, S. T. I. K. O. M. (2019). Multimedia pembelajaran yang inovatif: Prinsip dasar dan model pengembangan. Penerbit Andi.

Sani, N. K., Paloloang, M. F. B., Rahmawati, D., & Aras, N. F. (2024). Guided Inquiry Meets Audiovisual Media: Elevating Cognitive and Scientific Reasoning Skills. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1121-1130. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4655

Santika, A., Simanjuntak, E. R., Amalia, R., & Kurniasari, S. R. (2023). Peran pendidikan sekolah menengah kejuruan dalam memposisikan lulusan siswanya mencari pekerjaan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 84-94. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i1.12626

Satriani, R. D., & Prasojo, L. D. (2024). The Effectiveness of Website-Assisted Learning Multimedia to Improve Mathematics Learning Achievement of Elementary School Students. Journal of Integrated Elementary Education, 4(2), 120-135. https://doi.org/10.21580/jieed.v4i2.21523

Sindu, I. G. P., Ramadhan, S., Apriyanto, A., & Wijaya, W. (2024). Buku Ajar Pengantar Multimedia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Tilari, A. G., Firmansyah, F. A., & Cipta, E. S. (2024). Pengaruh model project-based learning berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di madrasah ibtidaiyah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 385-396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.18105

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh media pembelajaran animasi powtoon terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar peserta didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219

Widiastuti, T., Pratiwi, U., Fatmaryanti, S. D., & Al Hakim, Y. (2022). Praktikum pengukuran menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik di smk muhammadiyah kutowinangun. Lontar Physics Today, 1(1), 51-59. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10456

Yulianto, E., Sanjaya, F., & Setiadi, T. (2020). Pembangunan Aplikasi Ujian Online Menggunakan Akses Token & Algoritma Simple Random Sampling: Ujian daring: algoritma: simple random sampling. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 143-158. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i2.2988

Yusnaldi, E., Sihotang, A. S., Rizqi, I. H., Anggraini, N., Daulay, N. H., & Wulandari, Y. (2025). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. PEMA, 5(1), 80-89. https://doi.org/10.56832/pema.v5i1.721

Published

2025-07-30

How to Cite

Setyobudi, M. A., Khumaedi, M., & Huda, K. (2025). Penerapan Multimedia untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Peserta Didik Memahami Bagian-Bagian Mesin Bubut di SMK Negeri 1 Karangawen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1015–1026. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6410

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.