Efektifitas Penyelenggaraan Klinik Ujian dan Lokakarya Penugasan Berbasis Online Bagi Mahasiswa Baru dari Universitas Terbuka

  • Kusmaladewi Kusmaladewi
  • Patmawati Halim Universitas Terbuka
  • Asdar Asdar Universitas Terbuka
Keywords: Klinik Ujian, Lokakarya Penugasan, Pembelajaran Daring

Abstract

Tujuan peneletian untuk menganalisis bagaimana efektivitas implementasi klinik ujian dan workshop tugas berbasis daring dan pemberian pemahaman terhadap indicator-indikator klinik ujian dan workshop tugas mahasiswa baru Universitas Terbuka di Unit Program Belajar Jarak Jauh Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan populasi 24 rayon dan sampel 12 rayon. Pemilihan sampel dilakukan secara purposif, yakni rayon yang memiliki mahasiswa baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik dokumentasi yang membutuhkan pengetahuan agar data yang terkumpul banar-benar data yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, kategorisasi data, penafsiran, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas implementasi klinik ujian dan workshop tugas berbasis daring masih dalam kategori rerata, yakni capaian persentasinya sebesar 78.87%. Dengan demikian, masih terdapat 21.13% yang perlu ditingkatkan oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Makassar pada masa implementasi klinik ujian dan workshop tugas 2023.1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109-124. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124

Barus, E. L. & Ridwan. A. S. (2017). Pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadaphasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi Di kelas X Semester II. Jurnal Inpafi, 5(4), 16-22 https://doi.Org/10.24114/inpafi.v5i4.9216

Bariah, S. H., & Imania, K. A. N. (2017). Pengembangan evaluasi dan penugasan online berbasis e-learning dengan Moodle pada mata kuliah media pembelajaran ilmu komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(3), 305-315. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12458

Emilia, N. L., Sarman, J. N., Beba, N. N., Yanriatuti, I., Matongka, Y. H., & Novita, M. (2022). Efektifitas Terapi Relaksasi Benson Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Peserta Uji Kompetensi Di Stikes Bala Keselamatan Palu. An Idea Health Journal, 2(03), 111-116. https://doi.org/10.53690/ihj.v2i03.126

Cooper, H. (2016b). Principles of good writing: Avoiding plagiarism. Retrieved January 27, 2019, from APA Style Blog. website: https://blog.apastyle.org/apastyle/2016/05/avoiding-plagiarism.html

Dewi, E. U. (2020). Pengaruh kecemasan saat pembelajaran daring masa pandemi

covid-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18-23. https://Doi.Org/10.47560/kep.v9i1.210

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://Doi.Org/10.21009/Jkkp.051.02

Fajriati, L., Yaunin, Y., & Isrona, L. (2018). Perbedaan derajat kecemasan pada mahasiswa baru preklinik dan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 546-551. https://doi.org/10.25077/jka.v6i3.736

Hapitria, P., & Ningtias, G. (2021). Gambaran Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Electronic Learning Selama Pandemi Covid-19 Pada Program Studi Diii Kebidanan Cirebon. Media Informasi, 17(1), 59-71. https://doi.org/10.37160/bmi.v17i1.699

Isnaeni, A., & Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Resitasi Berbasis Teknologi Bagi Siswa MI/SD. As-Sibyan, 3(2), 12-20. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v3i2.196

Jahidi, J. (2017). Kualifikasi dan kompetensi guru. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23-30. http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i1.189

Junaedi, E. (2019). Efektivitas kebijakan pendidikan inklusif di tingkat sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(2), 238-250. https://doi.org/10.17509/jap.v26i2.21306

Koton, Y. P. (2019). Restrukturisasi Organisai: Teori dan Aplikasi Dalam Mengefektifkan Pengelolaan Keuangan Daerah. Deepublish.

Kusen, K., Hidayat, R., Fathurrochman, I., & Hamengkubuwono, H. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dan Implementasinya Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 175-193. https://Doi.Org/10.24252/idaarah.v3i2.7751

Lestari, W. (2015). Efektifitas strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.98

Mahmud, Y. S. (2022). Persepsi Guru Bahasa Inggris Pemula tentang Pelatihan Kemampuan Menulis melalui Lokakarya IELTS Daring Terintegrasi: The Perception of Early-Career English Teachers towards Writing Skill Training through Online Integrated IELTS Workshop. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(5), 687-698. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i5.3617

Malikah, S. (2022). Pembelajaran Matematika Kolaboratif Berbasis Online dengan Google Workspace for Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2857-2871. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1624

Muhammad, A. S. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi. 2019, Vol. 27, No. 1, 30 – 42. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058.

Nafisah, D., Ghofur, A., Eryadini, N., Rachma, E. A., Youhanita, E., & Sidi, A. (2020). Workshop Virtual Pengembangan Desain Pembelajaran Jarak Jauh. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 454-464. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.474

Nurcahyono, N. A., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2019). Lokakarya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dan Implementasi Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (SD) Di Sukabumi, Indonesia. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01). https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i01.1743

Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291-296. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6417

Pamungkas, H. P., Surjanti, J., & Sakti, N. C. (2021). Workshop Model Pembelajaran Berbasis Online sebagai Alternatif Pembelajaran Ekonomi di Era Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 428-436. https://doi.org/10.30653/002.202162.732

Permen Dikdas (2010). Ketentuan Umum Pasal 1 ayat (6) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi

Putra, Y. I., Sabir, A., Ridoh, A., Fauziah, F., & Maryana, A. (2022). Edukasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web Bagi Guru SMK Negeri 2 Bungo. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 36-40. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.658

Prasetiono, S. J., & Budijanto, H. A. (2018). Implementasi Penugasan Laporan Praktek Jaringan Komputer Berbasis E-LAB CISCO Melalui Kelas Virtual Edmodo untuk Meningkatkan Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa. IC-Tech, 13(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.22

Prihantini, P., Tyara, T., Dinila, D., Puspitasari, P., & Khairunnisa, K. (2021). Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 121-126. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.27

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Simarmata, H. M. P., Hidayatulloh, A. N., Revida, E., Hasibuan, A., Komariyah, I., Kuswandi, S.,& Sudarmanto, E. (2021). Organisasi: Manajemen dan Kepemimpinan. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung

Susiana, S. (2018). Peran Pemerintah Daerah Dalam Penyelenggaraan Kesehatan Reproduksi (Studi Di Provinsi Jawa Tengah Dan Provinsi Kalimantan Barat). Jurnal Aspirasi, 7(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.22212 /Aspirasi.V7i1.1084

Subekti H., Watulingas K.H., dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran. Medan, Yayasan Kita Menulis.

Suryadi, T. (2022). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Kognitif dengan System Online Selama Pandemic COVID-19 pada Rotasi Klinik Ilmu Kedokteran Forensik FK USK Tahun 2020. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 22(2). https://doi.org/10.24815/jks.v22i3.20272

Suana, W., Sesunan, F., & Riyanda, A. R. (2020). Workshop E-Learning Berbasis Learning Management System Bagi Guru-Guru Smk Di Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.29303/jppm.v3i3.2163

Tovote, P., Fadok, J. P., & Lüthi, A. (2015). Neuronal circuits for fear and anxiety. Nature Reviews Neuroscience, 16(6), 317-331 https://Doi.Org/10.1038/nrn3945

Tampubolon B. (2020). Motivasi Belajar dan Tingkat Belajar Mandiri dalam Kaitannya dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. Volume 5 Nomor 2 Bulan September 2020 Page 34 – 41 http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920

Zakaria D.& Ibrahim S. (2018). Efektivitas Bimbingan Belajar Mandiri dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMK Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari (JIAJ) Studi Islam dan Interdisipliner. Volume 3 No 2 September 2018.ISSN 2541-3430 E-ISSN 2541-3449 https://doi.Org/10.30603/jiaj.v3i2.538

Published
13-03-2024
How to Cite
Kusmaladewi, K., Halim, P., & Asdar, A. (2024). Efektifitas Penyelenggaraan Klinik Ujian dan Lokakarya Penugasan Berbasis Online Bagi Mahasiswa Baru dari Universitas Terbuka. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 82-93. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.2916
Section
Regular Articles

Most read articles by the same author(s)