Efektifitas Penyelenggaraan Klinik Ujian dan Lokakarya Penugasan Berbasis Online Bagi Mahasiswa Baru dari Universitas Terbuka
Abstract
Tujuan peneletian untuk menganalisis bagaimana efektivitas implementasi klinik ujian dan workshop tugas berbasis daring dan pemberian pemahaman terhadap indicator-indikator klinik ujian dan workshop tugas mahasiswa baru Universitas Terbuka di Unit Program Belajar Jarak Jauh Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan populasi 24 rayon dan sampel 12 rayon. Pemilihan sampel dilakukan secara purposif, yakni rayon yang memiliki mahasiswa baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik dokumentasi yang membutuhkan pengetahuan agar data yang terkumpul banar-benar data yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, kategorisasi data, penafsiran, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas implementasi klinik ujian dan workshop tugas berbasis daring masih dalam kategori rerata, yakni capaian persentasinya sebesar 78.87%. Dengan demikian, masih terdapat 21.13% yang perlu ditingkatkan oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Makassar pada masa implementasi klinik ujian dan workshop tugas 2023.1.
Downloads
References
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.
Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109-124. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124
Barus, E. L. & Ridwan. A. S. (2017). Pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadaphasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi Di kelas X Semester II. Jurnal Inpafi, 5(4), 16-22 https://doi.Org/10.24114/inpafi.v5i4.9216
Bariah, S. H., & Imania, K. A. N. (2017). Pengembangan evaluasi dan penugasan online berbasis e-learning dengan Moodle pada mata kuliah media pembelajaran ilmu komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(3), 305-315. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12458
Emilia, N. L., Sarman, J. N., Beba, N. N., Yanriatuti, I., Matongka, Y. H., & Novita, M. (2022). Efektifitas Terapi Relaksasi Benson Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Peserta Uji Kompetensi Di Stikes Bala Keselamatan Palu. An Idea Health Journal, 2(03), 111-116. https://doi.org/10.53690/ihj.v2i03.126
Cooper, H. (2016b). Principles of good writing: Avoiding plagiarism. Retrieved January 27, 2019, from APA Style Blog. website: https://blog.apastyle.org/apastyle/2016/05/avoiding-plagiarism.html
Dewi, E. U. (2020). Pengaruh kecemasan saat pembelajaran daring masa pandemi
covid-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18-23. https://Doi.Org/10.47560/kep.v9i1.210
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://Doi.Org/10.21009/Jkkp.051.02
Fajriati, L., Yaunin, Y., & Isrona, L. (2018). Perbedaan derajat kecemasan pada mahasiswa baru preklinik dan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 546-551. https://doi.org/10.25077/jka.v6i3.736
Hapitria, P., & Ningtias, G. (2021). Gambaran Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Electronic Learning Selama Pandemi Covid-19 Pada Program Studi Diii Kebidanan Cirebon. Media Informasi, 17(1), 59-71. https://doi.org/10.37160/bmi.v17i1.699
Isnaeni, A., & Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Resitasi Berbasis Teknologi Bagi Siswa MI/SD. As-Sibyan, 3(2), 12-20. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v3i2.196
Jahidi, J. (2017). Kualifikasi dan kompetensi guru. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23-30. http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i1.189
Junaedi, E. (2019). Efektivitas kebijakan pendidikan inklusif di tingkat sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(2), 238-250. https://doi.org/10.17509/jap.v26i2.21306
Koton, Y. P. (2019). Restrukturisasi Organisai: Teori dan Aplikasi Dalam Mengefektifkan Pengelolaan Keuangan Daerah. Deepublish.
Kusen, K., Hidayat, R., Fathurrochman, I., & Hamengkubuwono, H. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dan Implementasinya Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 175-193. https://Doi.Org/10.24252/idaarah.v3i2.7751
Lestari, W. (2015). Efektifitas strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.98
Mahmud, Y. S. (2022). Persepsi Guru Bahasa Inggris Pemula tentang Pelatihan Kemampuan Menulis melalui Lokakarya IELTS Daring Terintegrasi: The Perception of Early-Career English Teachers towards Writing Skill Training through Online Integrated IELTS Workshop. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(5), 687-698. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i5.3617
Malikah, S. (2022). Pembelajaran Matematika Kolaboratif Berbasis Online dengan Google Workspace for Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2857-2871. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1624
Muhammad, A. S. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi. 2019, Vol. 27, No. 1, 30 – 42. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058.
Nafisah, D., Ghofur, A., Eryadini, N., Rachma, E. A., Youhanita, E., & Sidi, A. (2020). Workshop Virtual Pengembangan Desain Pembelajaran Jarak Jauh. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 454-464. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.474
Nurcahyono, N. A., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2019). Lokakarya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dan Implementasi Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (SD) Di Sukabumi, Indonesia. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01). https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i01.1743
Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291-296. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6417
Pamungkas, H. P., Surjanti, J., & Sakti, N. C. (2021). Workshop Model Pembelajaran Berbasis Online sebagai Alternatif Pembelajaran Ekonomi di Era Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 428-436. https://doi.org/10.30653/002.202162.732
Permen Dikdas (2010). Ketentuan Umum Pasal 1 ayat (6) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi
Putra, Y. I., Sabir, A., Ridoh, A., Fauziah, F., & Maryana, A. (2022). Edukasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web Bagi Guru SMK Negeri 2 Bungo. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 36-40. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.658
Prasetiono, S. J., & Budijanto, H. A. (2018). Implementasi Penugasan Laporan Praktek Jaringan Komputer Berbasis E-LAB CISCO Melalui Kelas Virtual Edmodo untuk Meningkatkan Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa. IC-Tech, 13(1). https://doi.org/10.47775/ictech.v13i1.22
Prihantini, P., Tyara, T., Dinila, D., Puspitasari, P., & Khairunnisa, K. (2021). Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 121-126. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.27
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Simarmata, H. M. P., Hidayatulloh, A. N., Revida, E., Hasibuan, A., Komariyah, I., Kuswandi, S.,& Sudarmanto, E. (2021). Organisasi: Manajemen dan Kepemimpinan. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung
Susiana, S. (2018). Peran Pemerintah Daerah Dalam Penyelenggaraan Kesehatan Reproduksi (Studi Di Provinsi Jawa Tengah Dan Provinsi Kalimantan Barat). Jurnal Aspirasi, 7(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.22212 /Aspirasi.V7i1.1084
Subekti H., Watulingas K.H., dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran. Medan, Yayasan Kita Menulis.
Suryadi, T. (2022). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Kognitif dengan System Online Selama Pandemic COVID-19 pada Rotasi Klinik Ilmu Kedokteran Forensik FK USK Tahun 2020. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 22(2). https://doi.org/10.24815/jks.v22i3.20272
Suana, W., Sesunan, F., & Riyanda, A. R. (2020). Workshop E-Learning Berbasis Learning Management System Bagi Guru-Guru Smk Di Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.29303/jppm.v3i3.2163
Tovote, P., Fadok, J. P., & Lüthi, A. (2015). Neuronal circuits for fear and anxiety. Nature Reviews Neuroscience, 16(6), 317-331 https://Doi.Org/10.1038/nrn3945
Tampubolon B. (2020). Motivasi Belajar dan Tingkat Belajar Mandiri dalam Kaitannya dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. Volume 5 Nomor 2 Bulan September 2020 Page 34 – 41 http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920
Zakaria D.& Ibrahim S. (2018). Efektivitas Bimbingan Belajar Mandiri dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMK Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari (JIAJ) Studi Islam dan Interdisipliner. Volume 3 No 2 September 2018.ISSN 2541-3430 E-ISSN 2541-3449 https://doi.Org/10.30603/jiaj.v3i2.538
Copyright (c) 2024 Kusmaladewi Kusmaladewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.