Manajemen Waktu, Kreativitas, Kepribadian, Aktualisasi Diri, dan Kinerja Tutor

  • Kusmaladewi Kusmaladewi Universitas Terbuka
  • Patmawati Halim Universitas Terbuka
  • Muin Muin Universitas Terbuka
Keywords: Manajemen Waktu, Kreativitas, Kepribadian, Aktualisasi Diri, Kinerja Tutor

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pengaruh manajemen waktu, kreativitas, kepribadian, dan aktualisasi diri terhadap kinerja tutor UPBJJ UT Makassar. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian terdiri atas 155 tutor dan 5097 mahasiswa. Sampel penelitian ditetapkan 102 tutor dan 102 mahasiswa atau 10% dari populasi. Penetapan sampel digunakan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner terstruktur dengan status terukur dan terpercaya. Penelitian menggunakan teknik analisis data statistik kuantitatif. Pengujian hipotesis digunakan analisis data regresi tunggal dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara manajemen waktu (X1), kreativitas (X2), kepribadian Variabel  manajemen waktu (X1), kreativitas (X2), dan kepribadian (X1-X3) secara bersama-sama  berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja tutor (Y), sedangkan varibel aktualisasi diri (X4) tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja tutor (Y)  koefisien korelasi  sebesar 0,887 dengan signifikansi pada taraf  0,000., koefisien determinan (R Square) sebesar 0,786  atau 78,6% variasi yang terjadi pada kinerja tutor dapat dijelaskan oleh variasi variabel X1-X4. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan acuan tutor untuk peningkatan kualitas kinerja tutor dan acuan penetapan kebijakan Direktur UT Daerah Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariandi, F. (2018). Pengaruh Metode Pembayaran Kompensasi Terhadap Kinerja Tutor. Jurnal Perspektif, 16(1), 84-90. https://doi.org/10.31294/jp.v16i1.3106

Bolangitan, A. H., & Pasaribu, S. C. (2023). Gaya Kepemimpinan Ketua Pengelola dalam Meningkatkan Kinerja Tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Charity Tomohon. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1331-1338. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1331-1338.2023

Dama, J., & Ogi, I. W. (2018). Pengaruh inovasi terhadap dan kreativitas terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1). https://doi.org/10.35794/emba.v6i1.18759

Darmadi, H., & MM, M. (2018). Membangun paradigma baru kinerja guru. Guepedia.

Ferial, A. B., Mattalatta, M., & Tamsah, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Dan Disiplin Tutor Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 2(1). https://doi.org/10.37531/yum.v2i1.352

Habsy, B. A., & Adrianti, N. K. Y. A. (2024). Bimbingan Dan Konseling Sebagai Penyedia Layanan Aktualisasi Diri Bagi Peserta Didik. TSAQOFAH, 4(1), 420-439. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2198

Hadi, S. (2019). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hakim, M., Kamase, J., Serang, S., & Arfah, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Disiplin Kerja. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 98-115. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.970

Heliyani, H., & Hardi, D. (2021). Pengaruh Penempatan, Pengembangan Karir Dan Aktualisasi Diri Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bapelitbang Kabupaten Lima Puluh Kota. jurnal ekonomi, 24(2), 70-87. https://doi.org/10.47896/je.v24i2.460

Jamil, J., & Muin, M. (2022). Pengaruh Persepsi, Kompensansi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tutor. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 7(1), 85-106. https://doi.org/10.24256/kelola.v7i1.2733

Kessi, A. M. P. (2019). Motivasi, Kompetensi, dan Penguasaan Teknologi Informasi Pada Kepuasan Kerja dan Kinerja Dosen. Jakad Media Publishing.

Khoir, A. K. (2018). Peningkatan Kinerja Guru melalui Program Akreditasi Madrasah. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 162-175. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.701

Listianingtyas, N. A. (2019). Hubungan Manajemen Waktu Dan Pola Asuh Otoritatif Dengan Kecanduan Media Sosial (Studi Korelasi Di Smp Negeri 6 Yogyakarta). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 54-70.

Maulana, M. L., Purnomo, S., Nurhidayat, M. A., Syah, A., & Putranto, A. T. (2023). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bogor. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(4), 72-82.

Montolalu, R., Kawet, L., & Nelwan, O. (2016). Pengaruh kepribadian, orientasi kerja dan penempatan pegawai terhadap kinerja pegawai pada dinas kebudayaan dan pariwsata provinsi sulawesi utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.12342

Nevid, J. S., & Chozim, M. (2021). Tentang Kepribadian: Konsepsi dan Aplikasi Psikologi. Nusamedia.

Nuryani, M. (2019). Kepribadian Dan Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Siswa. Jurnal Dirosah Islamiyah, 1(1), 93-107. https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.64

Rachmawati, S., Pramularso, E. Y., Sari, I., Syahyuni, D., Hafshah, S. N., & Andini, V. O. (2023). Pelatihan Manajemen Waktu Sebagai Pendorong Semangat Belajar Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Al-Ma’un. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 83-90. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v3i2.2956

Setianingsih, F. N., Setiawan, F., Isro’Fania, G., Muslikhah, A. H., & Aprilia, W. (2022). Implementasi Manajemen Tenaga Pendidik Di Sekolah Dasar Negeri 2 Bunder. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2323-2332. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.983

Sun, J., Kaufman, S. B., & Smillie, L. D. (2018). Unique associations between big five personality aspects and multiple dimensions of well‐being. Journal of personality, 86(2), 158-172. https://doi.org/10.1111/jopy.12301

Tanjung, H., & Yunus, N. R. (2022). Manajemen Waktu: 7 Langkah Membuat Hidup Penuh Arti. Amzah.

Ula, I. I., & Suhariadi, F. (2019). Peran Manajemen Waktu dan Leader-Member Exchange Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 9(2), 135-147. https://doi.org/10.26740/jptt.v9n2.p135-147

Published
29-08-2024
How to Cite
Kusmaladewi, K., Halim, P., & Muin, M. (2024). Manajemen Waktu, Kreativitas, Kepribadian, Aktualisasi Diri, dan Kinerja Tutor. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 816-824. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4411
Section
Regular Articles

Most read articles by the same author(s)