Manajemen Waktu, Kreativitas, Kepribadian, Aktualisasi Diri, dan Kinerja Tutor
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pengaruh manajemen waktu, kreativitas, kepribadian, dan aktualisasi diri terhadap kinerja tutor UPBJJ UT Makassar. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian terdiri atas 155 tutor dan 5097 mahasiswa. Sampel penelitian ditetapkan 102 tutor dan 102 mahasiswa atau 10% dari populasi. Penetapan sampel digunakan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner terstruktur dengan status terukur dan terpercaya. Penelitian menggunakan teknik analisis data statistik kuantitatif. Pengujian hipotesis digunakan analisis data regresi tunggal dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara manajemen waktu (X1), kreativitas (X2), kepribadian Variabel manajemen waktu (X1), kreativitas (X2), dan kepribadian (X1-X3) secara bersama-sama berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja tutor (Y), sedangkan varibel aktualisasi diri (X4) tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja tutor (Y) koefisien korelasi sebesar 0,887 dengan signifikansi pada taraf 0,000., koefisien determinan (R Square) sebesar 0,786 atau 78,6% variasi yang terjadi pada kinerja tutor dapat dijelaskan oleh variasi variabel X1-X4. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan acuan tutor untuk peningkatan kualitas kinerja tutor dan acuan penetapan kebijakan Direktur UT Daerah Makassar
Downloads
References
Ariandi, F. (2018). Pengaruh Metode Pembayaran Kompensasi Terhadap Kinerja Tutor. Jurnal Perspektif, 16(1), 84-90. https://doi.org/10.31294/jp.v16i1.3106
Bolangitan, A. H., & Pasaribu, S. C. (2023). Gaya Kepemimpinan Ketua Pengelola dalam Meningkatkan Kinerja Tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Charity Tomohon. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1331-1338. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1331-1338.2023
Dama, J., & Ogi, I. W. (2018). Pengaruh inovasi terhadap dan kreativitas terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1). https://doi.org/10.35794/emba.v6i1.18759
Darmadi, H., & MM, M. (2018). Membangun paradigma baru kinerja guru. Guepedia.
Ferial, A. B., Mattalatta, M., & Tamsah, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Dan Disiplin Tutor Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 2(1). https://doi.org/10.37531/yum.v2i1.352
Habsy, B. A., & Adrianti, N. K. Y. A. (2024). Bimbingan Dan Konseling Sebagai Penyedia Layanan Aktualisasi Diri Bagi Peserta Didik. TSAQOFAH, 4(1), 420-439. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2198
Hadi, S. (2019). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hakim, M., Kamase, J., Serang, S., & Arfah, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Disiplin Kerja. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 98-115. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.970
Heliyani, H., & Hardi, D. (2021). Pengaruh Penempatan, Pengembangan Karir Dan Aktualisasi Diri Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bapelitbang Kabupaten Lima Puluh Kota. jurnal ekonomi, 24(2), 70-87. https://doi.org/10.47896/je.v24i2.460
Jamil, J., & Muin, M. (2022). Pengaruh Persepsi, Kompensansi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tutor. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 7(1), 85-106. https://doi.org/10.24256/kelola.v7i1.2733
Kessi, A. M. P. (2019). Motivasi, Kompetensi, dan Penguasaan Teknologi Informasi Pada Kepuasan Kerja dan Kinerja Dosen. Jakad Media Publishing.
Khoir, A. K. (2018). Peningkatan Kinerja Guru melalui Program Akreditasi Madrasah. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 162-175. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.701
Listianingtyas, N. A. (2019). Hubungan Manajemen Waktu Dan Pola Asuh Otoritatif Dengan Kecanduan Media Sosial (Studi Korelasi Di Smp Negeri 6 Yogyakarta). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 54-70.
Maulana, M. L., Purnomo, S., Nurhidayat, M. A., Syah, A., & Putranto, A. T. (2023). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bogor. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(4), 72-82.
Montolalu, R., Kawet, L., & Nelwan, O. (2016). Pengaruh kepribadian, orientasi kerja dan penempatan pegawai terhadap kinerja pegawai pada dinas kebudayaan dan pariwsata provinsi sulawesi utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.12342
Nevid, J. S., & Chozim, M. (2021). Tentang Kepribadian: Konsepsi dan Aplikasi Psikologi. Nusamedia.
Nuryani, M. (2019). Kepribadian Dan Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Siswa. Jurnal Dirosah Islamiyah, 1(1), 93-107. https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.64
Rachmawati, S., Pramularso, E. Y., Sari, I., Syahyuni, D., Hafshah, S. N., & Andini, V. O. (2023). Pelatihan Manajemen Waktu Sebagai Pendorong Semangat Belajar Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Al-Ma’un. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 83-90. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v3i2.2956
Setianingsih, F. N., Setiawan, F., Isro’Fania, G., Muslikhah, A. H., & Aprilia, W. (2022). Implementasi Manajemen Tenaga Pendidik Di Sekolah Dasar Negeri 2 Bunder. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2323-2332. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.983
Sun, J., Kaufman, S. B., & Smillie, L. D. (2018). Unique associations between big five personality aspects and multiple dimensions of well‐being. Journal of personality, 86(2), 158-172. https://doi.org/10.1111/jopy.12301
Tanjung, H., & Yunus, N. R. (2022). Manajemen Waktu: 7 Langkah Membuat Hidup Penuh Arti. Amzah.
Ula, I. I., & Suhariadi, F. (2019). Peran Manajemen Waktu dan Leader-Member Exchange Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 9(2), 135-147. https://doi.org/10.26740/jptt.v9n2.p135-147
Copyright (c) 2024 Kusmaladewi Kusmaladewi, Patmawati Halim, Muin Muin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.