Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-In Classpoint pada Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI AKL SMKN 1 Surabaya

Authors

  • Ika Wahyu Amelia Universitas Negeri Surabaya
  • Amirul Arif Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6559

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif Add-In Classpoint, ADDIE

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menyampaikan materi sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif yang sudah terintegrasi teknologi dapat membantu memahami materi dan mengurangi rasa bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint, menganalisis kelayakan media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint, menganalisis respon peserta didik, dan efektivitas penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint pada materi rekonsiliasi bank kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK. Peneliti menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Branch. Subjek uji coba media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint adalah peserta didik kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surabaya. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) yang terdiri dari lembar telaah para ahli, lembar validari para ahli, dan lembar angket respon peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini melibatkan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran powerpoint interaktif add-in classpoint memperoleh penilaian dari ahli materi mencapai 87%, penilaian dari ahli media mencapai 95% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian dari ahli bahasa mencapai 96% dengan kategori “Sangat Layak”, dan respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran mencapai 96% dengan kriteria “Sangat Memahami”.  Uji efektivitas menggunakan uji N-Gain dengan memperoleh nilai 0,63 dan presentase sebesar 63% dengan kategori “Sedang”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afni, N., & Jalil, A. (2021). Peran Pendidikan Akuntansi Dalam Masyarakat. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.35.1-15

Arshad, N. W., Bakar, M. S., Hasan, N., Karim, R. A., & Wahab, Y. A. (2023). Implementing Book-end Division Approach using ClassPoint to Energize Electrical and Electronics Engineering Student Engagement. Asean Journal of Engineering Education, 7(2), 51-57. https://doi.org/10.11113/ajee2023.7n2.138

Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum merdeka: Problematik guru dalam implementasi teknologi informasi pada proses pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65-70. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.955

Azizah, R. W., Gimin, G., & Mujiono, M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Classpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 7872-7880. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4796

Azmi, S., Sripatmi, Junaidi, & Wahidaturrahmi. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint Berbasis Classpoint pada Materi Matematika SMP. Mandalika Mathematics and Education Journal, 6(1), 384.

Basri, A. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(2), 60-69.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer Science+Business Media.

Chanifah, U. (2020). Akuntansi Keuangan Untuk SMK/MAK Kelas XII, Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen, Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan, Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. CV Putra Nugraha.

Chau, T. H. T., & Pham, Q. V. B. (2023). EFL Learners’ Perception of Class Point Tool Application in Enhancing their Satisfaction and Active Learning in Classroom. Vietnam Journal of Education, 7(3), 302–312. https://doi.org/10.52296/vje.2023.309

Classpoint. (2023). Interactive Classroom Quiz in PowerPoint. https://www.classpoint.io/

Dewi, A. K., Ayuwanti, I., & Setyawati, A. (2024). Perbandingan model pembelajaran problem posing dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 84-89. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5097

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Jannah, R. (2022). Analisis Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Power Point Terhadap Kebutuhan Multimedia Interaktif di MIN 5 Aceh Barat (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 18-32. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.954

Karna, S. D., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Efektivitas dan tantangan penggunaan media pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 319-325. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3840

Khoiriyah, B., Mustaqim, A., & Utama, M. M. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif melalui Aplikasi Classpoint pada Mata Pelajaran Fikih Bab Mawārits di MTs Negeri 4 Bantul. Jurnal Asy-Syukriyyah, 25(2), 162-178. https://doi.org/10.36769/asy.v25i2.574

Lilisuryani, M. P., Shoffa, S., Irma Setyawati, S. E., Napitupulu, M. D. D., Maulana, A. E., Batmomolin, A., ... & Ferwati, W. PT. Pena Persada Kerta Utama.

Mazidah, N., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Icare Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X AK 2 SMK Al Qodiri Jember Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Posting Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 14(1), 246–252. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12426

Morata, J. A., & Caballes, D. (2024). The use of digital game-based learning on numeracy of grade 7 students using class point: an input to professional development of teachers. Science International (Lahore), 36(2), 177-188.

Nadiyah, F. A., & Arif, A. (2023). Pengaruh Burnout, Media Sosial, Dan Penggunaaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akl Smk Yapalis Krian. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.24127/edunomia.v4i1.4876

Nazriyah, N. A., & Lian, B. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Berbasis Classpoint Menggunakan Powerpoint Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 9 Muara Padang: Media Pembelajaran, Kuis Berbasis Classpoint. Jurnal Pendidikan, 13(1), 12-18. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v13i1.112

Ni’mah, A. M. U., & Supriyo, S. U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Pada Materi Relasi dan Fungsi di SMPN 4 Pasuruan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pramesti, D., & Rochmawati. (2024). Pengembangan Media Ajar Interaktif Berbantuan Microsoft Powerpoint Menggunakan Add-In Classpoint pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Kelas XI AKL. Reslaj : Religiom Education Social Laa Rioba Journal, 6(11), 2266–2282. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i11.4257

Prastowo, A. (2018). Transformasi kurikulum pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 111-125. https://dx.doi.org/10.19109/jip.v4i2.2567

Rahayu, R., Andayani, E., & Mardiana, R. (2024). Pengembangan Kuis Interaktif Dengan Classpoint Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 18(1), 28-34. https://doi.org/10.21067/jppi.v18i1.9824

Rhiyanto, D. F. P., & Rachmadiarti, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 452-465. https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p452-465

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rizky, M., Jadidah, I. T., Pratama, M. A. P., Nadilah, A. N., & Apriana, A. (2023). Transformasi Pendidikan: Pengaruh Media Pembelajaran Classpoint Terhadap Minat Belajar Materi IPS Siswa Madrasah Ibtidaiyah Palembang. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 91-99. http://dx.doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i2.20611

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syarifuddin, M. P., & Utari, E. D. (2022). Media pembelajaran (dari masa konvensional hingga masa digital). Bening Media Publishing.

Usyanti, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Rekonsiliasi Bank Untuk Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri I Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2).

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan n-gain di PGMI. Jurnal basicedu, 5(2), 1039-1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Wahyuningsih, S. R., Saleh, J., Syakhruni, S., & Rahman, W. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Classpoint Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Yang Sesuai Dengan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 873-880.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis kesulitan guru dalam penggunaan media pembelajaran online di sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211-221. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Zulfa, K., Muryani, S., & Dewi, N. R. (2023). Penerapan Model Kooperatif Number Head Together berbantuan Classpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang pada Materi Tekanan. Kecemerlangan Pendidikan IPA Untuk Konservasi Sumber Daya Alam, 359–366.

Published

2025-09-14

How to Cite

Amelia, I. W., & Arif, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-In Classpoint pada Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI AKL SMKN 1 Surabaya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1362–1377. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6559

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.