Pengembangan Media Ajar Matematika Kartun Menggunakan Storyboard Berbasis Kontekstual untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5802Keywords:
Pengembangan, Media Ajar Kartun, Alat Peraga Kontekstual, Storyboard, KualitatifAbstract
Salah satu permasalahan utama dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah minimnya penggunaan media konkret atau alat bantu manipulatif yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak secara lebih mudah. Akibatnya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam membangun pemahaman yang mendalam terhadap materi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji keefektifan media pembelajaran matematika berbasis kartun dengan storyboard kontekstual untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SDIT Permata Hati Cianjur dengan subjek sebanyak 30 siswa kelas IV. Tahap analisis, kebutuhan siswa dan guru dikaji melalui observasi dan wawancara, dilanjutkan dengan perancangan storyboard serta pengembangan media menggunakan perangkat lunak grafis sederhana. Media kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum diujicobakan secara terbatas. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan, dengan skor tinggi pada aspek kesesuaian kurikulum, visualisasi, dan kemudahan penggunaan. Uji coba kepada siswa menghasilkan rata-rata persentase tanggapan positif sebesar 87,3%, menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, minat belajar, dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran matematika. Dengan menggabungkan elemen visual, narasi, serta konteks kehidupan sehari-hari, media storyboard kartun mampu menjembatani konsep abstrak menjadi lebih konkret dan menyenangkan. Temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan media inovatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Akramunnisa, A., Prasti, D., & Dodi, D. (2023). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas X SMAN 19 Luwu . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.222
Alghifaari, M. A., Kurniati, N., & Turmuzi, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 669-681. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.106
Andriani , M. F. (2022). Pemanfaatan Media Gambar berbasis Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SDN Banjarsari 02 Kabupaten Madiun. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.125
Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam, R. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434-442. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41097
Astuti, T., Hidayat, S., & Rusdiyani, I. (2021). Efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD negeri karundang 2. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2). https://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i2.13124
Caesara, E. R., Monariska, E., & Jusniani, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert–Introvert. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(2), 94-103. https://doi.org/10.59108/ime.v1i2.51
Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 174–179. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.67
Fitriana, L. N., & Aziz, R. A. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Laut Berbasis Multimedia Interaktif. Repeater: Publikasi Teknik Informatika dan Jaringan, 2(3), 188-197. https://doi.org/10.62951/repeater.v2i3.137
Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan software powtoon pada materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 3(2), 44-51. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p44-51
Jusniani, N. (2018). Analisis kesalahan jawaban siswa pada kemampuan pemahaman matematis melalui pembelajaran kontekstual. Prisma, 7(1), 82-90. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361
Jusniani, N., Dwina, A. Z., Lestari, A., Apriliani, S., & Salsiah, U. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Numerasi Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Triple S (Journals of Mathematics Education), 3(1), 16-29. https://doi.org/10.35194/ts.v3i1.3967
Marogi, A., Karlimah, K., & Hidayat, S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Model Simulasi Pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan Bulat. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 292-302. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i2.5160
Muchyidin, A. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar matematika bersuplemen komik terhadap kemandirian belajar siswa. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 43-51. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1667
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204-213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691
Nugroho, S. H., & Ruliana, P. (2021). Kartun sebagai media komunikasi visual materi ajar di dunia pendidikan. CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 2(2), 57-64. https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.60
Nurhami, N., Muharram, N., & Susanti, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 9 Luwu melalui Pembelajaran Etno-Matematika Berbasis Augmented Reality. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 128–140. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.521
Putra, D. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88-93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17
Rachmawati, N., & Sumargiyani, S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Konstektual Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1-14. https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3106
Rahayu, L., Dewi, R. S., & Hakim, Z. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi Doratoon Pada Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 15(2), 295-306. https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i2.10525
Sabrina, N. A., Maharaja, L. R., Naingglan, M. M., & Gaol, M. L. (2023). Pengaruh pengembangan media ajar visual terhadap siswa sekolah dasar dalam memahami konsep matematika secara visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11-11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.113
Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Aswaja Presindo.
Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Prisma, 10(2), 221-233. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1596
Sholihatun, A. D., Misdalina, M., & Jumroh, J. (2024). Pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan PMRI. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 16(2), 189-203. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.42194
Sugitra, K., Wiarta, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Kartun Animasi 2D Berorientasi Kontekstual Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 96-105. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45491
Tamping, N. R., & Sulaiman, S. (2024). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa melalui Pendekatan Kontekstual pada Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas V SDN 236 Beringin Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 89–100. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.526
Udiani, N. K. I., & Kristiantari, M. R. (2021). Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 202-210. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445
Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Vol. 1). UMMPress.
Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Karakteristik dan model layanan pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Widya Accarya, 10(1). https://doi.org/10.46650/wa.10.1.680.%25p
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.