Pengembangan Media Ajar Matematika Kartun Menggunakan Storyboard Berbasis Kontekstual untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nia Jusniani Universitas Terbuka
  • Erma Monariska Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5802

Keywords:

Pengembangan, Media Ajar Kartun, Alat Peraga Kontekstual, Storyboard, Kualitatif

Abstract

Salah satu permasalahan utama dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah minimnya penggunaan media konkret atau alat bantu manipulatif yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak secara lebih mudah. Akibatnya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam membangun pemahaman yang mendalam terhadap materi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji keefektifan media pembelajaran matematika berbasis kartun dengan storyboard kontekstual untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SDIT Permata Hati Cianjur dengan subjek sebanyak 30 siswa kelas IV. Tahap analisis, kebutuhan siswa dan guru dikaji melalui observasi dan wawancara, dilanjutkan dengan perancangan storyboard serta pengembangan media menggunakan perangkat lunak grafis sederhana. Media kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum diujicobakan secara terbatas. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan, dengan skor tinggi pada aspek kesesuaian kurikulum, visualisasi, dan kemudahan penggunaan. Uji coba kepada siswa menghasilkan rata-rata persentase tanggapan positif sebesar 87,3%, menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, minat belajar, dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran matematika. Dengan menggabungkan elemen visual, narasi, serta konteks kehidupan sehari-hari, media storyboard kartun mampu menjembatani konsep abstrak menjadi lebih konkret dan menyenangkan. Temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan media inovatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akramunnisa, A., Prasti, D., & Dodi, D. (2023). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas X SMAN 19 Luwu . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.222

Alghifaari, M. A., Kurniati, N., & Turmuzi, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 669-681. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.106

Andriani , M. F. (2022). Pemanfaatan Media Gambar berbasis Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SDN Banjarsari 02 Kabupaten Madiun. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.125

Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam, R. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434-442. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41097

Astuti, T., Hidayat, S., & Rusdiyani, I. (2021). Efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD negeri karundang 2. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2). https://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i2.13124

Caesara, E. R., Monariska, E., & Jusniani, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert–Introvert. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(2), 94-103. https://doi.org/10.59108/ime.v1i2.51

Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 174–179. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.67

Fitriana, L. N., & Aziz, R. A. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Laut Berbasis Multimedia Interaktif. Repeater: Publikasi Teknik Informatika dan Jaringan, 2(3), 188-197. https://doi.org/10.62951/repeater.v2i3.137

Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan software powtoon pada materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 3(2), 44-51. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p44-51

Jusniani, N. (2018). Analisis kesalahan jawaban siswa pada kemampuan pemahaman matematis melalui pembelajaran kontekstual. Prisma, 7(1), 82-90. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Jusniani, N., Dwina, A. Z., Lestari, A., Apriliani, S., & Salsiah, U. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Numerasi Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Triple S (Journals of Mathematics Education), 3(1), 16-29. https://doi.org/10.35194/ts.v3i1.3967

Marogi, A., Karlimah, K., & Hidayat, S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Model Simulasi Pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan Bulat. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 292-302. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i2.5160

Muchyidin, A. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar matematika bersuplemen komik terhadap kemandirian belajar siswa. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 43-51. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1667

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204-213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691

Nugroho, S. H., & Ruliana, P. (2021). Kartun sebagai media komunikasi visual materi ajar di dunia pendidikan. CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 2(2), 57-64. https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.60

Nurhami, N., Muharram, N., & Susanti, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 9 Luwu melalui Pembelajaran Etno-Matematika Berbasis Augmented Reality. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 128–140. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.521

Putra, D. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88-93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17

Rachmawati, N., & Sumargiyani, S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Konstektual Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1-14. https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3106

Rahayu, L., Dewi, R. S., & Hakim, Z. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi Doratoon Pada Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 15(2), 295-306. https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i2.10525

Sabrina, N. A., Maharaja, L. R., Naingglan, M. M., & Gaol, M. L. (2023). Pengaruh pengembangan media ajar visual terhadap siswa sekolah dasar dalam memahami konsep matematika secara visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11-11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.113

Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Aswaja Presindo.

Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Prisma, 10(2), 221-233. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1596

Sholihatun, A. D., Misdalina, M., & Jumroh, J. (2024). Pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan PMRI. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 16(2), 189-203. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.42194

Sugitra, K., Wiarta, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Kartun Animasi 2D Berorientasi Kontekstual Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 96-105. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45491

Tamping, N. R., & Sulaiman, S. (2024). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa melalui Pendekatan Kontekstual pada Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas V SDN 236 Beringin Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 89–100. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.526

Udiani, N. K. I., & Kristiantari, M. R. (2021). Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 202-210. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445

Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Vol. 1). UMMPress.

Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Karakteristik dan model layanan pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Widya Accarya, 10(1). https://doi.org/10.46650/wa.10.1.680.%25p

Published

2025-05-31

How to Cite

Jusniani, N., & Monariska, E. (2025). Pengembangan Media Ajar Matematika Kartun Menggunakan Storyboard Berbasis Kontekstual untuk Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 525–540. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5802

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.