Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam serta Pemanfaatannya melalui Model Pembelajaran Guided Note Taking Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Katobengke Kota Baubau

  • Acoci Acoci Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Guided Note Taking

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Katobengke melalui Model Pembelajaran Guided Note Taking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Katobengke Kota Baubau sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I nilai terendah siswa di kelas IV SD Negeri 2 Katobengke pada mata pelajaran IPS adalah nilai terendah 45, nilai tertinggi 90 dengan rata- rata 72 dan ketuntasan klasikal 61%. Hal ini mengalami peningkatan jika dibandingkan data awal yaitu dengan nilai terendah 45, nilai tertinggi 80, rata-rata 66 dan ketuntasan klasikal 52%. Dan hasil belajar pada pelaksanaan tindakan siklus II. Data yang diperoleh nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 40, nilai tertinggi 100 dengan rata- rata 79 dan persentase ketuntasan klasikal 87% dan sudah melebihi batas minimal ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Acoci, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Utara. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 1-14.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aswat, H. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) terhadap Motivasi Belajar IPS Murid Kelas V SD Negeri II Bone-Bone Kota Baubau. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01).

Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019, October). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 281-284).

Djamarah, Saiful Bahri. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Erni, E., & Kilawati, A. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 11-15.

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33.

Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press

Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rieneka Cipta

Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tarihoran, N. (2012), Pendidikan Profesi guru dan Mutu Pendidikan. Primary: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Dasar, 4(2), 113-122.

Published
27-04-2020
How to Cite
Acoci, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam serta Pemanfaatannya melalui Model Pembelajaran Guided Note Taking Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Katobengke Kota Baubau. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 23 - 34. https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.283
Section
Articles