Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas melalui Dongeng di UPT SDN 263 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5669Keywords:
Peningkatan, Keterampilan Berbicara, Media Dongeng, Penelitian Tindakan Kelas, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yang terlihat dari kurangnya partisipasi aktif, terbatasnya kosakata yang digunakan, serta ketidakmampuan menyampaikan ide secara runtut dan percaya diri di depan kelas, sehingga diperlukan penerapan metode pembelajaran yang lebih menarik dan kontekstual seperti dongeng untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui cerita dongeng dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara pada siswa kelas IV UPT SDN 263 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa kelas IV pada tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan (1) tes, (2) observasi, dan (3) dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dongeng dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Nilai rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 62,50 meningkat pada siklus I menjadi 75,25, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II dengan membagi kelompok sesuai hasil belajar, memaksimalkan pembagian tugas, serta memberikan waktu berlatih yang cukup, hasil belajar meningkat menjadi 81,35. Aktivitas siswa juga meningkat dari 50% pada kondisi awal menjadi 70% pada siklus I dan 85% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode dongeng efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar
Downloads
References
Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, 2(1), 7-11. https://doi.org/10.54314/jssr.v2i1.325
Bhagaskara, A. E., Putra, E. M., Afianah, V. N., & Alfin, J. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbicara Berbasis Pendidikan Karakter Di Sd Yapita Surabaya. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4146.
Cahyani, N. W., Mardani, D. M. S., & Hermawan, G. S. (2019). Penguatan (Reinforcement) Verbal Dan Nonverbal Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Di Kelas Xi Mipa 2 Sma Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 5(2), 150. https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18566.
Delvia, R., Taufina, T., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022-1030. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230
Dewi, N. K., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Barenglor. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 240. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.229.
Hoerudin, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Bentuk Buku Dongeng Fabel. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 1-10.
Jannah, M. (2025). Membangun Rumah Literasi di Desa: Menumbuhkan Budaya Membaca dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.558
Mahfiroh, R. U., & Siswoyo, A. A. (2024). Pelaksanaan Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Di Sd Negeri Tanjunggunung. Edusaintek Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 11(4), 2088. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1319.
Prasetya, S. A., Harsan, T., & Hadiprasetyo, K. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Penerarapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 17. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.120.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Putra, N. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Pada Siswa Melalui Media Pembelajaran Moja: Monopoli Bahasa Jawa di SDN Sugihwaras 07 . Jurnal Dieksis ID, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.82
Rif’ati, B. (2020). Contextual Learning Strategy in the Digital Era at Aisyiyah Full-Day Elementary School, Klaten. AL-HAYAT Journal of Islamic Education, 4(2), 151. https://doi.org/10.35723/ajie.v4i2.124.
Rifa’at, A. A. (2018). Stimulating You To Speak; A Strip Story As A Technique In Teaching Speaking. Elite English and Literature Journal, 5(1), 12. https://doi.org/10.24252/elite.v5i1a2.
Rukiah, S. (2023). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Di SDN Rawa Badak Utara 07 Pagi. Ulumuddin Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 41. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v13i1.1419
Sari, I., Zainuddin, Z., & M, A. S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Problem Posing Dalam Setting Cooperative Learning Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas X 2 Sma Negeri 10 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 104. https://doi.org/10.20527/jipf.v1i2.1971.
Siregar, N. H., & Sapri, S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran E-Bookstory Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Literasi Dasar Siswa Pada Materi Dongeng: Development of Powerpoint-Based E-Bookstory Learning Media to Improve Students' Basic Literacy on Fairy Tale Material. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 59-70. https://doi.org/10.54069/attadrib.v8i1.850
Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development of Islamic Big Book Learning Media For Early Children’s Languages. Nazhruna Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1691.
Wagu, E. Y., & Riko, R. (2020). Kemampuan Menggunakan Metode Debat Aktif Sebagai Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 30 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 69. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7828.
Wardani, M. K., Raharjo, R. L., & Raida, S. A. (2021). Analisis Pembelajaran Biologi Melalui Film Animasi Hataraku Saibou. Diklabio Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 250. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.250-265.
Wicaksono, K. A. (2022). Meningkatkan Perilaku Santun dalam Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling. Journal Social Society, 2(1), 37–41. https://doi.org/10.54065/jss.2.1.2022.87
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.