Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Siswa IV UPT SDN 14 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5621Keywords:
Peningkatan, Hasil Belajar, Modul Ajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Urgensi dalam penelitian ini terletak pada pentingnya mengatasi tantangan keberagaman kemampuan dan kebutuhan belajar siswa di kelas, yang sering menghambat pencapaian hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, penerapan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif dan efektif bagi setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV UPT SDN 14 Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPT SDN 14 Pinrang, dengan data yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini tercermin dari hasil tes formatif yang menunjukkan kenaikan rata-rata hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus I, serta peningkatan lebih lanjut pada siklus II. Selain itu, siswa juga menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif dalam proses pembelajaran dan peningkatan motivasi belajar mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penggunaan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diharapkan pendekatan ini dapat diterapkan lebih luas dalam pembelajaran di sekolah dasar untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang beragam.
Downloads
References
Alfina, M., Hidayat, S., & Taufik, M. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Dan Emosional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(4), 1140-1149. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i4.4193
Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan bahan ajar ipa terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi lapisan bumi kelas vii. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 112-120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498
Astuti, R., Prayito, M., & Qibtiyah, Q. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD 2 Mijen Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 73-83. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.172
Bustomi, B., Sukardi, I., & Astuti, M. (2024). Pemikiran Konstruktivisme Dalam Teori Pendidikan Kognitif Jean Piaget Dan Lev Vygotsky. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16376-16383. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37551
Chien, C. W. (2019). Influence of training on Taiwanese elementary school English teachers’ professional identity construction. Research Papers in Education, 34(4), 499-520. https://doi.org/10.1080/02671522.2018.1493740
Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. (2022). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbantuan materi ajar geometri berbasis RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas 3 sekolah dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1179. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8837
Fitri, Y., & Erita, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV SDN 11 Gadut. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2707-2716. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8006
Fitriyana, I., Juhana, J., & Nirmala, S. D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 439-453. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275
Halimah, N. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi sebagai bentuk implementasi kebijakan kurikulum merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019-5019. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7552
Khabibah, F. U., Saputra, W. N. E., & Lestariningsih, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas IV A Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(2), 318-339. https://doi.org/10.46229/elia.v3i2.670
Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & Aprinawati, I. (2023). Pengembangan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis nilai karakter dalam kearifan lokal pada perspektif pendidikan global di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2936-2941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11446
Kusumasari, P. R., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Game Edukasi Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 172-184. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73061
Madani, N., Sirait, J., & Oktavianty, E. (2023). Pengembangan modul ajar kinematika gerak lurus berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 11(2), 206-219. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v11i2.8626
Marita, C. C. (2023). Pengembangan Modul Ajar Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 1 Ampel. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 127-133. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9689
Ningrum, M., & Andriani, R. (2023). Kurikulum merdeka belajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85-100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513
Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik tingkat sekolah dasar. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(01), 89-96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692
Rachmadyanti, P., Savira, S. I., Kholidya, C. F., Winingsih, E., Komalasari, D., & Saroinsong, W. P. (2024). Pelatihan pembelajaran diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa sekolah dasar dalam merdeka belajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 7(1), 17-25. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v7i1.2002
Ripal, S. W. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi: Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Pinrang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 783-792. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.495
Robbih, M. N. I. A., & Sudarwanto, T. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Perilaku Konsumen Kelaas X Bisnis Digital SMKS Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 349-355. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p349-355
Rohmah, A., & Zulfitria, Z. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Aktivitas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 214-222. https://doi.org/10.53621/jider.v4i4.330
Rosanti, D. (2023). Pembelajaran diferensiasi berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan berkebinekaan global dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 8(1). https://doi.org/10.26418/jpp.v8i1.64285
Salmawati, S., Riawarda, A., & Ilham, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar PAI Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas VII SMPN 7 Satap Malangke. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 361-372. https://p3i.my.id/index.php/refleksi
Subban, P., & Round, P. (2018). Differentiated instruction: A research basis. International Education Journal, 12(7), 935-947. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.05.002
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01). https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX semester genap SMP Negeri 1 Wera tahun pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 93-102. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184
Viantho, I., Juhana, J., & Nirmala, S. D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 526-536. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3732
Yahya, F., Suryani, E., Hermansyah, H., & Nurhairunnisah, N. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Beserta Kaitannya dengan Gaya Kognitif Siswa. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi, 1(1), 13-18. https://doi.org/10.59923/galaxy.v1i1.142
Yuliati, Y. (2024). Implementasi Teori Konstruktivisme dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Dan Gamifikasi. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 284-297. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v11i2.10909
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.