Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN Pinrang

Authors

  • Idham Idham Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Masnur Masnur Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Saleha Saleha Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4576

Keywords:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar IPA, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Pinrang. Model Discovery Learning merupakan pendekatan yang mendorong siswa untuk secara aktif mengeksplorasi konsep dengan bimbingan guru, sehingga meningkatkan pemahaman dan daya ingat mereka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok non-terkontrol, di mana siswa kelas IV dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran eksploratif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan uji t untuk mengidentifikasi perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran eksploratif memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode tradisional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran eksploratif memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Pinrang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 59-63. https://doi.org/10.34289/277895

Ardianto, A., Mulyono, D., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Inomatika, 1(1), 31-37. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i1.136

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 4(1), 59-62. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Ariasanti, D., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 125 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 113-124.

Ramadhani, A. H. (2021). Pengaruh pendekatan pembelajaran discovery learning pada hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 96-103.

Damayanti, A., & Setyaningsih, M. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5653–5660. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3282

Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan metode scaffolding. Jurnal Pendidikan matematika dan IPA, 10(2), 299-313. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452-458.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Muhammad Kadri dan Meika Rahmawati. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 29–33.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92

Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Pegaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281–286. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9.

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91-94.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Ramadani, A., Bachtiar, A., Saputri, K., Thahir, R., Studi, P., Biologi, P., & Makassar, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 117–127. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i2.702

Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. (2017). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap efektivitas dan hasil belajar siswa (Doctoral dissertation, State University of Malang). https://doi./0.17977/jptpp.v2i8.9802

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Yunianti, V. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106–9114. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3847

Susanti, E. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan sains dan hasil belajar siswa kelas viii tentang IPA SMP Advent Palu. JSTT, 5(3).

Published

2024-11-29

How to Cite

Idham, I., Masnur, M., & Saleha, S. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 600–610. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4576

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.