Tanggung Jawab Guru kepada Perilaku Bullying dalam Pembentukan Moral dan Spiritual di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Wahyudi Wahyudi Institut Ahmad Dahlan Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4843

Keywords:

Tanggung Jawab Guru, Perilaku Bullying, Pembentukan, Moral Spiritual, Kualitatif

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana peran dan tanggung jawab guru dalam menangani perilaku bullying di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islam Clarak Leces, serta kontribusi mereka terhadap pembentukan moral dan spiritual siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran dan tanggung jawab guru dalam menangani perilaku bullying serta kontribusi mereka terhadap pembentukan moral dan spiritual siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islam Clarak Leces. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini menggambarkan fenomena sosial secara mendalams melalui deskripsi kata-kata dan bahasa dalam konteks alami. Subjek penelitian adalah guru di Madrasah yang berperan dalam mengajarkan moral dan spiritual, serta menangani bullying. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, termasuk analisis catatan perilaku siswa dan laporan insiden bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying di sekolah seringkali terjadi akibat perselisihan antar siswa, termasuk perilaku verbal yang tidak sopan. Guru berperan penting dalam pencegahan bullying melalui pemberian nasihat, pembentukan kesadaran moral, dan kerja sama dengan orang tua. Tindakan preventif yang dilakukan meliputi pembinaan karakter siswa, pemantauan interaksi di kelas, dan pemberian sanksi bagi pelaku. Temuan penelitian menyoroti pentingnya lingkungan belajar yang aman serta dukungan dari seluruh komunitas sekolah dalam mengurangi kasus bullying. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian dalam bentuk deskriptif, dan penarikan kesimpulan yang divalidasi dengan triangulasi menggunakan berbagai sumber, yaitu guru, siswa, dan dokumen sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui upaya menciptakan lingkungan madrasah yang aman dan kondusif untuk pembelajaran yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addawiyah, R., & Kasriman, K. (2023). Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1516-1524. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5837

Afifah, Q., & Nisak, N. M. (2024). Pembentukan Akhlak melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Ma'arif Pagerwojo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 142-155. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2138

Awwalina, L. S. (2023). Pembentukan Akhlak Berlandaskan Keimanan: Landasan Filosofis-Teologis Dalam Kurikulum PAI Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3), 289-310. https://doi.org/10.70287/epistemic.v2i3.77

Awwaliyah, A. F., Hanik, E. U., & Anam, S. (2023). Penerapan Program Unggulan Rintisan Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 52-63. https://doi.org/10.33474/elementeris.v5i1.19951

Hanim, S. A. (2022). Urgensi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladan Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Baitul Muslimin Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 117-128. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.207

Hayati, Z. (2020). Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Islami Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bengkulu. Annizom, 5(2). http://dx.doi.org/10.29300/nz.v5i2.3732

Humaida, D. A. A., Kunaepi, A., & Perwita, A. D. (2024). Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Aksi Bullying Di Madrasah. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1-15. https://doi.org/10.18592/jtipai.v14i1.11707

Jannah, M. (2020). Peran pembelajaran aqidah akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan karakter siswa. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237-252. http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.326

Karim, A., Aunurrahman, A., Halida, H., & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Peran Guru Dan Manajemen Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Academy Of Education Journal, 14(2), 1515-1534. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2130

Kartini, K., Nasution, A. H., & Iqbal, M. (2024). Perilaku Bullying dan Peran Sekolah dalam Mengatasinya (Studi Kasus di SDN 1 Ulu Lapao-Pao). Journal on Education, 6(2), 15359-15368. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5423

Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal kependidikan, 5(2), 200-215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Khofi, M. B. (2024). Efektivitas Pendidikan Karakter dalam Mencegah Bullying. IHTIROM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 49-68. https://doi.org/10.70412/itr.v3i1.121

Komariyah, S. (2023). Peran Madrasah Ibtidaiyah dalam Pendidikan Karakter. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 22-36. https://doi.org/10.51675/jp.v15i1.475

Lestari, K. A., Julia, A., Putri, N. A., Darusalam, M. R., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(2), 97-105. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9085

Lukitasari, N., Saputro, S., & Rojatu, D. (2024). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 5(7), 81-90. https://doi.org/10.3783/causa.v5i7.4378

Maemunah, M., Sakban, A., & Kuniati, Z. (2023). Peran Guru PPKn Melalui Pembimbingan Intensif Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(1), 43-50. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16762

Marzuenda, M., Asmarika, A., Deprizon, D., Wismanto, W., & Syafitri, R. (2022). Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di Mi Al–Barokah Pekanbaru. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 324-338. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.511

Muharram, M. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15559-15567. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36779

Nurlela, N., Suryana, D., & Nugraha, F. (2024). Analisis Peran Guru Dalam Pencehan dan Penanganan Perilaku Bullying di Kelas 3 SDN Mugarsari. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 81-100. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i2.660

Oktafia, M., & Adiyono, A. (2023). Mengeksplorasi Dampak Penanaman Nilai-Nilai Religius Terhadap Kedisiplinan Siswa: Sebuah Pendekatan Baru Dalam Pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 01-16. https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i3.76

Oktavia, N., & Purwowidodo, A. (2024). Peran Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1708-1719. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3651

Putri, W., Kurniawan, M. A., & Nuraini, N. (2024). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa:(Studi Kasus di MI Al-Khoeriyah Bogor). Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(4), 1-14. https://doi.org/10.37329/metta.v4i4.3617

Rahmasari, R., Rahmasari, R., Gimri, F. D., Dewianti, A. F., & Wismanto, W. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Islam dalam Upaya Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 29-42. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1148

Seftiani, A. S., & Fuad, A. F. N. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Peserta didik di SD Islam Al-Mu’min. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1), 128-138. https://doi.org/10.51278/aj.v6i1.1100

Silawati, S., & Hidayati, D. (2024). Peran Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Masalah Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Academy of Education Journal, 15(1), 753-764. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2305

Published

2024-11-30

How to Cite

Wahyudi, W. (2024). Tanggung Jawab Guru kepada Perilaku Bullying dalam Pembentukan Moral dan Spiritual di Madrasah Ibtidaiyah. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 744–757. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4843

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.