Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum

  • Nurhikmah Nurhikmah Universitas Negeri Semarang
  • Isti Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Sri Kadarwati Universitas Negeri Semarang
Keywords: Asesmen Kompetensi Minimum, Kemampuan Literasi, Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dalam menghadapi AKM tahun 2021 dan untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi AKM. Penelitian ini mengguanakn metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD 23 Batara Kota Palopo. Penelitian dilakukan di SD 23 Batara didasarkan atas informasi bahwa guru  bahwa pernah mengikuti pertemuan tentang pembahasan AKM di Kota Palopo. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sudah memahami AKM dilihat dari kemampuan guru membuat komponen-komponen dalam penyusunannya. Kesiapan guru juga sudah cukup dalam menghadapi AKM tahun 2021

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

1. Afista, Y., & Huda, S. A. A. (2020). Analisis kesiapan guru pai dalam menyongsong kebijakan merdeka belajar. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(6), 53-60.
2. Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Forijati, R. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48-57.
3. Baharuddin, M. R. (2020). Profil Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 96 - 104. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.432.
4. Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448.
5. Dewi, P. A. (2021). Berliterasi Sejak Dini untuk Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Warta Pendidikan| e-Journal, 5(5).
6. Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558.
7. Handayu, A. R. (2020). Analisis Terhadap Butir Soal Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Tingkat Smp Ditinjau Dari Domain Literasi Matematis Pisa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
8. Harahap, S., Wahdi, H., & Harapan, U. P. (2020). Kesiapan Menghadapi Perubahan Pada Guru Sekolah. 3, 359–369.
9. Hasyim, A. W. (2014). Persepsi Guru Sejarah Mengenai Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 1 Kendal (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
10. Widyastuti, A. (2020). Persepsi Guru Tentang Konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim dalam Pendidikan Agama Islam Di MTS Negeri 3 Sleman.
11. Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.
12. Sumarsono, A. (2018). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Kabupaten Merauke. 10(2), 156–170.
Published
30-04-2021
How to Cite
Nurhikmah, N., Hidayah, I., & Kadarwati, S. (2021). Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 78-83. https://doi.org/10.30605/cjpe.412021.1294
Section
Articles