Tanggung Jawab Guru kepada Perilaku Bullying dalam Pembentukan Moral dan Spiritual di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4843Keywords:
Tanggung Jawab Guru, Perilaku Bullying, Pembentukan, Moral Spiritual, KualitatifAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana peran dan tanggung jawab guru dalam menangani perilaku bullying di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islam Clarak Leces, serta kontribusi mereka terhadap pembentukan moral dan spiritual siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran dan tanggung jawab guru dalam menangani perilaku bullying serta kontribusi mereka terhadap pembentukan moral dan spiritual siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islam Clarak Leces. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini menggambarkan fenomena sosial secara mendalams melalui deskripsi kata-kata dan bahasa dalam konteks alami. Subjek penelitian adalah guru di Madrasah yang berperan dalam mengajarkan moral dan spiritual, serta menangani bullying. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, termasuk analisis catatan perilaku siswa dan laporan insiden bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying di sekolah seringkali terjadi akibat perselisihan antar siswa, termasuk perilaku verbal yang tidak sopan. Guru berperan penting dalam pencegahan bullying melalui pemberian nasihat, pembentukan kesadaran moral, dan kerja sama dengan orang tua. Tindakan preventif yang dilakukan meliputi pembinaan karakter siswa, pemantauan interaksi di kelas, dan pemberian sanksi bagi pelaku. Temuan penelitian menyoroti pentingnya lingkungan belajar yang aman serta dukungan dari seluruh komunitas sekolah dalam mengurangi kasus bullying. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian dalam bentuk deskriptif, dan penarikan kesimpulan yang divalidasi dengan triangulasi menggunakan berbagai sumber, yaitu guru, siswa, dan dokumen sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui upaya menciptakan lingkungan madrasah yang aman dan kondusif untuk pembelajaran yang positif.
Downloads
References
Addawiyah, R., & Kasriman, K. (2023). Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1516-1524. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5837
Afifah, Q., & Nisak, N. M. (2024). Pembentukan Akhlak melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Ma'arif Pagerwojo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 142-155. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2138
Awwalina, L. S. (2023). Pembentukan Akhlak Berlandaskan Keimanan: Landasan Filosofis-Teologis Dalam Kurikulum PAI Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3), 289-310. https://doi.org/10.70287/epistemic.v2i3.77
Awwaliyah, A. F., Hanik, E. U., & Anam, S. (2023). Penerapan Program Unggulan Rintisan Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 52-63. https://doi.org/10.33474/elementeris.v5i1.19951
Hanim, S. A. (2022). Urgensi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladan Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Baitul Muslimin Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(4), 117-128. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i4.207
Hayati, Z. (2020). Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Islami Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bengkulu. Annizom, 5(2). http://dx.doi.org/10.29300/nz.v5i2.3732
Humaida, D. A. A., Kunaepi, A., & Perwita, A. D. (2024). Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Aksi Bullying Di Madrasah. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1-15. https://doi.org/10.18592/jtipai.v14i1.11707
Jannah, M. (2020). Peran pembelajaran aqidah akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan karakter siswa. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237-252. http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.326
Karim, A., Aunurrahman, A., Halida, H., & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Peran Guru Dan Manajemen Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Academy Of Education Journal, 14(2), 1515-1534. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2130
Kartini, K., Nasution, A. H., & Iqbal, M. (2024). Perilaku Bullying dan Peran Sekolah dalam Mengatasinya (Studi Kasus di SDN 1 Ulu Lapao-Pao). Journal on Education, 6(2), 15359-15368. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5423
Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal kependidikan, 5(2), 200-215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Khofi, M. B. (2024). Efektivitas Pendidikan Karakter dalam Mencegah Bullying. IHTIROM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 49-68. https://doi.org/10.70412/itr.v3i1.121
Komariyah, S. (2023). Peran Madrasah Ibtidaiyah dalam Pendidikan Karakter. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 22-36. https://doi.org/10.51675/jp.v15i1.475
Lestari, K. A., Julia, A., Putri, N. A., Darusalam, M. R., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(2), 97-105. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9085
Lukitasari, N., Saputro, S., & Rojatu, D. (2024). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 5(7), 81-90. https://doi.org/10.3783/causa.v5i7.4378
Maemunah, M., Sakban, A., & Kuniati, Z. (2023). Peran Guru PPKn Melalui Pembimbingan Intensif Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(1), 43-50. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16762
Marzuenda, M., Asmarika, A., Deprizon, D., Wismanto, W., & Syafitri, R. (2022). Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di Mi Al–Barokah Pekanbaru. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 324-338. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.511
Muharram, M. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15559-15567. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36779
Nurlela, N., Suryana, D., & Nugraha, F. (2024). Analisis Peran Guru Dalam Pencehan dan Penanganan Perilaku Bullying di Kelas 3 SDN Mugarsari. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 81-100. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i2.660
Oktafia, M., & Adiyono, A. (2023). Mengeksplorasi Dampak Penanaman Nilai-Nilai Religius Terhadap Kedisiplinan Siswa: Sebuah Pendekatan Baru Dalam Pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 01-16. https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i3.76
Oktavia, N., & Purwowidodo, A. (2024). Peran Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1708-1719. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3651
Putri, W., Kurniawan, M. A., & Nuraini, N. (2024). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa:(Studi Kasus di MI Al-Khoeriyah Bogor). Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(4), 1-14. https://doi.org/10.37329/metta.v4i4.3617
Rahmasari, R., Rahmasari, R., Gimri, F. D., Dewianti, A. F., & Wismanto, W. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Islam dalam Upaya Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 29-42. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1148
Seftiani, A. S., & Fuad, A. F. N. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Peserta didik di SD Islam Al-Mu’min. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1), 128-138. https://doi.org/10.51278/aj.v6i1.1100
Silawati, S., & Hidayati, D. (2024). Peran Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Masalah Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Academy of Education Journal, 15(1), 753-764. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2305
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.