Meningkatkan Hasil Belajar IPAS melalui Penerapan Pendekatan Berdiferensiasi pada Siswa Kelas V UPT SD Inpres Mariso 2
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4635Keywords:
Hasil Belajar IPAS, Pendekatan Berdiferensiasi, PTKAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui pendekatan berdiferensiasi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Inpres Mariso 2, sebanyak 25 siswa. Penelitian ini berlokasi di UPT SD Inpres Mariso 2. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, dokumentasi dan tes, sedangkan teknik analisis data mengaitkan langkah-langkah reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksaan penerapan pendekatan berdeferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V di UPT SD Inpres Mariso 2. Hal ini dinyatakan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan berdiferensiasi dengan memperhatikan konten, proses dan produk selama proses pembelajaran, hasil rata-rata keberhasilan belajar siswa dilihat dari ketercapaian ketuntasan minimal yakni 75 menun jukkan, Pada siklus I sebanyak 11 peserta didik atau 44% mendapat nilai di atas 75 artinya memenuhi syarat kelulusan, sementara 14 orang peserta didik atau 66% belum mencapai nilai yang memenuhi syarat kelulusan, yakni sama dengan atau kurang dari 75. Mengalami peningkatan pada siklus II yakni 21 peserta didik atau 84%, mendapat nilai di atas 75 artinya memenuhi syarat kelulusan, sementara 4 orang peserta didik atau 16% belum mencapai nilai yang memenuhi syarat kelulusan, yakni sama dengan atau kurang dari 75.
Downloads
References
Andriani, S., Mudzanatun, M., & Paryuni, P. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Pendekatan Berdiferensiasi Kelas V SDN Gajahmungkur 04. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5913-5919. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6633
Anggraini, K. N. (2023). A Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Sinar Edukasi, 4(3), 31-48. https://doi.org/10.61346/jse.v4i3.71
Dhera, M. M., Ti'a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9-9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827
Emiliani, E. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan TaRL. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1083-1091. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.935
Fikriani, A. N., Pramasdyahsari, A. S., & Purwati, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Statistik Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran PBL. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 436-442. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.4101
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. ScienceEdu, 55-63. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019
Mehan, R. Y., Sumerjana, K., & Suweca, I. W. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teknik Vokal Chest Voice di Amabile Music Studio. Melodious: Journal Of Music, 2(1), 74-84. https://doi.org/10.59997/melodious.v1i2.2177
Naibaho, D. P. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150
Nurazijah, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar. Journal on Education, 6(1), 1798-1805. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3158
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545
Sa'adah, N., Batulieu, M. Y. P., & Arifah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations. Lontar Physics Today, 2(2), 67-78. https://doi.org/10.26877/lpt.v2i2.15777
Sanulita, H. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 7(2), 196-204. https://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v7i2.69035
Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920
Setiani, A. R. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Arthropoda. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 90-96. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.921
Suryani, A. I., Herianto, E., & Alqadri, B. (2024). Pengembangan Pendidikan Inklusif dengan Pendekatan Berdiferensiasi Melalui Metode Peer Teaching dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1). https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12500
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan untuk kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475
Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.