Meningkatkan Hasil Belajar IPAS melalui Penerapan Pendekatan Berdiferensiasi pada Siswa Kelas V UPT SD Inpres Mariso 2

Authors

  • Sri Muniyati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Pepryanti Pepryanti Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4635

Keywords:

Hasil Belajar IPAS, Pendekatan Berdiferensiasi, PTK

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui pendekatan berdiferensiasi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Inpres Mariso 2, sebanyak 25 siswa. Penelitian ini berlokasi di UPT SD Inpres Mariso 2. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, dokumentasi dan tes, sedangkan teknik analisis data mengaitkan langkah-langkah reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksaan penerapan pendekatan berdeferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V di UPT SD Inpres Mariso 2. Hal ini dinyatakan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan berdiferensiasi dengan memperhatikan konten, proses dan produk selama proses pembelajaran, hasil rata-rata keberhasilan belajar siswa dilihat dari ketercapaian ketuntasan minimal yakni 75 menun jukkan, Pada siklus I sebanyak 11 peserta didik atau 44% mendapat nilai di atas 75 artinya memenuhi syarat kelulusan, sementara 14 orang peserta didik atau 66% belum mencapai nilai yang memenuhi syarat kelulusan, yakni sama dengan atau kurang dari 75. Mengalami peningkatan pada siklus II yakni 21 peserta didik atau 84%, mendapat nilai di atas 75 artinya memenuhi syarat kelulusan, sementara 4 orang peserta didik atau 16% belum mencapai nilai yang memenuhi syarat kelulusan, yakni sama dengan atau kurang dari 75.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, S., Mudzanatun, M., & Paryuni, P. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Pendekatan Berdiferensiasi Kelas V SDN Gajahmungkur 04. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5913-5919. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6633

Anggraini, K. N. (2023). A Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Sinar Edukasi, 4(3), 31-48. https://doi.org/10.61346/jse.v4i3.71

Dhera, M. M., Ti'a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9-9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827

Emiliani, E. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan TaRL. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1083-1091. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.935

Fikriani, A. N., Pramasdyahsari, A. S., & Purwati, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Statistik Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran PBL. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 436-442. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.4101

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. ScienceEdu, 55-63. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019

Mehan, R. Y., Sumerjana, K., & Suweca, I. W. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teknik Vokal Chest Voice di Amabile Music Studio. Melodious: Journal Of Music, 2(1), 74-84. https://doi.org/10.59997/melodious.v1i2.2177

Naibaho, D. P. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150

Nurazijah, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar. Journal on Education, 6(1), 1798-1805. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3158

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545

Sa'adah, N., Batulieu, M. Y. P., & Arifah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations. Lontar Physics Today, 2(2), 67-78. https://doi.org/10.26877/lpt.v2i2.15777

Sanulita, H. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 7(2), 196-204. https://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v7i2.69035

Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920

Setiani, A. R. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Arthropoda. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 90-96. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.921

Suryani, A. I., Herianto, E., & Alqadri, B. (2024). Pengembangan Pendidikan Inklusif dengan Pendekatan Berdiferensiasi Melalui Metode Peer Teaching dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1). https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12500

Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan untuk kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475

Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296

Published

2024-10-25

How to Cite

Muniyati, S., & Pepryanti, P. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS melalui Penerapan Pendekatan Berdiferensiasi pada Siswa Kelas V UPT SD Inpres Mariso 2. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 362–372. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4635

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.