Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Jenis Pekerjaan (Studi pada Siswa Kelas V SDN 192 Burau dimasa Pandemi Covid-19)

  • Sriwati Sriwati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Suaedi Suaedi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma’rufi Ma’rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Peran Orang Tua, Pembelajaran Matematika, Jenis Pekerjaan

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Jenis Pekerjaan. Penelitian ini merupakan Studi pada Siswa Kelas V SD 192 Burau dimasa Pandemi Covid-19 yang dilaksanakan bulan Juni 2021. Subjek penelitian yang dijadikan sebagai informan adalah orang tua siswa kelas V SD 192 Burau Kabupaten Luwu Timur sebanyak 31 orang, dalam penelitian ini informan yang diambil hanya 3 orang saja yang mewakili jenis pekerjaan masing-masing, yaitu sebagai petani, pegawai dan wiraswasta. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara dan catatan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian yang penulis gunakan untuk mengumpulkan data yang diperoleh adalah sebagai berikut: metode interview (wawancara), metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran peran orang tua siswa yang bekerja sebagai petani dalam pembelajaran matematika di masa pandemi covid 19, yaitu telah berperan dengan baik dalam menyediakan fasilitas belajar dan memberikan motivasi, namun masih kurang dalam hal mengawasi kegiatan belajar anak dan membantu mengatasi kesulitan belajar, (2) Gambaran peran orang tua siswa yang bekerja sebagai pegawai dalam pembelajaran matematika di masa pandemi covid 19, yaitu telah berperan dengan baik dalam menyediakan fasilitas belajar, memberikan motivasi, mengawasi kegiatan belajar anak, dan membantu mengatasi kesulitan belajar, (3) Gambaran peran orang tua siswa yang bekerja sebagai wiraswasta dalam pembelajaran matematika di masa pandemi covid 19, yaitu telah berperan dengan baik dalam menyediakan fasilitas belajar, memberikan motivasi, mengawasi kegiatan belajar anak, dan membantu mengatasi kesulitan belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Burhanuddin. (2021). Inovasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru, Vol. 2 No.1.

Chasanah, N. L. (2021). Analisis Peran Orang Tua Berdasarkan Jenis Pekerjaan Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar Di Dusun Ngetol (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Pacitan).

Hasanah, N. (2015). Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Jenis Pekerjaan Ayah (Petani dan Karyawan Pabrik) di Desa Bener, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo. BELIA: Early Childhood Education Papers, 4(2).

Ilyas, M. (2018). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Analysis of Student’s Conceptual Understanding of Mathematics nn Set at Class VII SMP Frater Palopo. Prosiding ICMSTEA 2016.

Moleong, L. J. (2012) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Swandana, I. W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 64-76.

Sa’adah, U. (2020) Peran Orang Tua Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemicovid–19 (Studi Kasus) Siswa SMP Kelas Viiidi Desa Lebak Tahun 2020. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Valeza, A. R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2).

Published
26-10-2021
How to Cite
Sriwati, S., Suaedi, S., & Ma’rufi, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Jenis Pekerjaan (Studi pada Siswa Kelas V SDN 192 Burau dimasa Pandemi Covid-19). Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 133-143. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1396

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>