Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Papan Tulis Digital Kelas IV SDN 03 Surutanga
Abstract
. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru di SDN 03 Surutanga mengajarkan materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan dalam menerapkan media papan tulis digital melalui aplikasi Google Meet saat pembelajaran daring berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap Siklus dilaksanakan melalui tahapan: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek adalah siswa kelas IV SDN 03 Surutanga, jumlah siswa sebanyak 24 orang, Instrumen penelitian yaitu Tes Hasil Belajar dan Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran Daring. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan melalui Penerapan Pembelajaran Daring berbasis Papan Tulis Digital dengan indikator keberhasilan yaitu (1) Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 2 telah mencapai KKM, (2) Terjadi Peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya, dan (3) Keterlaksanaan Pembelajaran Daring berbasis papan tulis digital berada pada kategori terlaksana dengan baik
Downloads
Metrics
References
Amaliah, I., & Sudihartinih, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pecahan Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan, 4(2), 6-10.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Cahyono, B.S. 2014.
Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 486-492.
Baharuddin, M. R., Baharuddin, H., & Beta, P. (2021, May). “Investigating Students Error When Solving Whole Number Problem”: Case in Procedural Error and Concept Error. In 1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education (ICNSSE 2020) (pp. 111-115). Atlantis Press.
Djemari, D. (2017). Penerapan Model Treffinger dengan Media Colorcard untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 1-6.
Haloho, S. H., Prambudi, A., & Hidayah, I. (2019, February). Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VIIF SMPN 22 Semarang Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan APM. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 821-827).
Kusniati, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Kartu Bilangan Siswa Kelas VI SDN 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 52-64.
Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10, 1-5.
Nurhasanah, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Pecahan Melalui Media Blok Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdnegeri Cidahu 1 Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 6(2), 86-90.
Rahayu, S., & Umiyani, N. (2018). Penggunaan Media Semi Konkrit Dan Analogi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas 7e Smp Negeri 36 Surabaya. Jurnal Edukasi, 4(2).
Saparwadi, L., Purnawati, B., & Baiq, P. E. (2017). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan pada Bilangan Pecahan dan Reversibilitas. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(2), 60-66.
Sofyan, S. Willis. Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Subarinah, Sri. 2020. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas 2020.
Wahyuningtyas, D. T. (2015). Penggunaan Media Mobil Mainan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 587-592.
Copyright (c) 2021 Muhammad Rusli Baharuddin, Muhammad Zainal Abidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.