Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Papan Tulis Digital Kelas IV SDN 03 Surutanga

  • Muhammad Rusli Baharuddin Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Zainal Abidin SMAN 4 Luwu Utara
Keywords: Hasil Belajar, Operasi, Pembelajaran Daring, Papan Tulis Digital, Pecahan

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru di SDN 03 Surutanga mengajarkan materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan dalam menerapkan media papan tulis digital melalui aplikasi Google Meet saat pembelajaran daring berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap Siklus dilaksanakan melalui tahapan: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek adalah siswa kelas IV SDN 03 Surutanga, jumlah siswa sebanyak 24 orang, Instrumen penelitian yaitu Tes Hasil Belajar dan Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran Daring. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan melalui Penerapan Pembelajaran Daring berbasis Papan Tulis Digital dengan indikator keberhasilan yaitu (1) Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 2 telah mencapai KKM, (2) Terjadi Peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya, dan (3) Keterlaksanaan Pembelajaran Daring berbasis papan tulis digital berada pada kategori terlaksana dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amaliah, I., & Sudihartinih, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pecahan Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan, 4(2), 6-10.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Cahyono, B.S. 2014.

Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 486-492.

Baharuddin, M. R., Baharuddin, H., & Beta, P. (2021, May). “Investigating Students Error When Solving Whole Number Problem”: Case in Procedural Error and Concept Error. In 1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education (ICNSSE 2020) (pp. 111-115). Atlantis Press.

Djemari, D. (2017). Penerapan Model Treffinger dengan Media Colorcard untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 1-6.

Haloho, S. H., Prambudi, A., & Hidayah, I. (2019, February). Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VIIF SMPN 22 Semarang Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan APM. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 821-827).

Kusniati, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Kartu Bilangan Siswa Kelas VI SDN 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 52-64.

Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10, 1-5.

Nurhasanah, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Pecahan Melalui Media Blok Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdnegeri Cidahu 1 Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 6(2), 86-90.

Rahayu, S., & Umiyani, N. (2018). Penggunaan Media Semi Konkrit Dan Analogi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas 7e Smp Negeri 36 Surabaya. Jurnal Edukasi, 4(2).

Saparwadi, L., Purnawati, B., & Baiq, P. E. (2017). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan pada Bilangan Pecahan dan Reversibilitas. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(2), 60-66.

Sofyan, S. Willis. Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subarinah, Sri. 2020. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas 2020.

Wahyuningtyas, D. T. (2015). Penggunaan Media Mobil Mainan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 587-592.

Published
31-10-2021
How to Cite
Baharuddin, M. R., & Abidin, M. Z. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Papan Tulis Digital Kelas IV SDN 03 Surutanga. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 197-205. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1456

Most read articles by the same author(s)