Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Studi Eksperimen pada Pembelajaran Tematik Kelas II Se-gugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.374Keywords:
motivasi belajar, ice breaking givingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar siswa,(2) seberapa besar pengaruh strategi ice breakig giving terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II Segugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luu Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Intact- Group Comparison. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis parametrik independent sample T-test dan analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sample teknik simpl random sampling. Jumlah sampel dalam peneliia ini sebanyak 73 responden/siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh startegi ice beaking giving terhadap motivasi belajar siswa, sesuai engan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,000 yang nilai singnifikansi < 0,05. (2) besarnya pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar siswa yaitu berdasarkan hasil uji regresi sederhana pada model summary diperoleh koefisien determinna r² yaiu sebanyak 0,623 yang dinyatakan dalam bentuk persentase sebesar 38,8% yang dibulatkan 39% atau setara dengan 0,888. jadi besarnya penauh strategi ice breaking givin terhadap moivasi belajar siwa yaitu sebesar 39% atau 0,888.
Downloads
References
Agustion, Gery (2018). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Skripsi. Diterbitkan. Bandung. Program Sarjana. FKIP UNPAS.
Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Husna, Mu’azarotul (2018) Pengaruh Ice Breaker Terdahap Motivasi Belajar Peserta Didik MI Al-Ishlah Tiu dan Gondang Tulungagung. Skripsi. Tidak diterbitkan. Tulungagung: Program Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan-Tulungagung.
Kompri (2018). Motivasi Pemebelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. PT Remajaya Rosdakarya. Bandung.
Majid, Abdul (2013). Strategi Pembelajaran. PT Remajaya Rosdakarya. Bandung.
Majid, Abdul (2014). Pembealajaran Tematik Terpadu. PT Remajaya Rosdakarya. Bandung.
Mularsih, H. (2010). Strategi pembelajaran, tipe kepribadian dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa sekolah menengah pertama. Makara, Sosial Humaniora, 14(1), 65-79.
Susanah, R., & Alarifin, D. H. (2014). Penerapan permainan penyegar (ice breaking) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1). DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v2i1.104
Sugiyono (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D), CV ALFABETA. Bandung.
Sugiyono (2017). Statistika untuk penelitian, CV ALFABETA. Bandung.
Sugiyono (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. CV ALFABETA. Bandung.
Sunardin, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui Penerapan Model Project Based Learning. Indonesian Journal of Educational Studies, 21(2). DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v21i2.8641
Sunardin, S. (2019). Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Baca antara yang Belajar dengan Metode SQ3R dan Metode Quantum Reading. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 16-25 DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.104
Sunardin, S. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran IPS. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 60-67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.