Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Studi Eksperimen pada Pembelajaran Tematik Kelas II Se-gugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Nuryana Nuryana Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sunardin Sunardin Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.374

Keywords:

motivasi belajar, ice breaking giving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar siswa,(2) seberapa besar pengaruh strategi ice breakig giving terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II Segugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luu Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Intact- Group Comparison. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis parametrik independent sample T-test dan analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sample teknik simpl random sampling. Jumlah sampel dalam peneliia ini sebanyak 73 responden/siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh startegi ice beaking giving terhadap motivasi belajar siswa, sesuai engan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,000 yang nilai singnifikansi < 0,05. (2) besarnya pengaruh strategi ice breaking giving terhadap motivasi belajar siswa yaitu berdasarkan hasil uji regresi sederhana pada model summary diperoleh koefisien determinna r² yaiu sebanyak 0,623 yang dinyatakan dalam bentuk persentase sebesar 38,8% yang dibulatkan 39% atau setara dengan 0,888. jadi besarnya penauh strategi ice breaking givin terhadap moivasi belajar siwa yaitu sebesar 39% atau 0,888.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustion, Gery (2018). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Skripsi. Diterbitkan. Bandung. Program Sarjana. FKIP UNPAS.

Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Husna, Mu’azarotul (2018) Pengaruh Ice Breaker Terdahap Motivasi Belajar Peserta Didik MI Al-Ishlah Tiu dan Gondang Tulungagung. Skripsi. Tidak diterbitkan. Tulungagung: Program Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan-Tulungagung.

Kompri (2018). Motivasi Pemebelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. PT Remajaya Rosdakarya. Bandung.

Majid, Abdul (2013). Strategi Pembelajaran. PT Remajaya Rosdakarya. Bandung.

Majid, Abdul (2014). Pembealajaran Tematik Terpadu. PT Remajaya Rosdakarya. Bandung.

Mularsih, H. (2010). Strategi pembelajaran, tipe kepribadian dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa sekolah menengah pertama. Makara, Sosial Humaniora, 14(1), 65-79.

Susanah, R., & Alarifin, D. H. (2014). Penerapan permainan penyegar (ice breaking) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1). DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v2i1.104

Sugiyono (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D), CV ALFABETA. Bandung.

Sugiyono (2017). Statistika untuk penelitian, CV ALFABETA. Bandung.

Sugiyono (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. CV ALFABETA. Bandung.

Sunardin, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui Penerapan Model Project Based Learning. Indonesian Journal of Educational Studies, 21(2). DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v21i2.8641

Sunardin, S. (2019). Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Baca antara yang Belajar dengan Metode SQ3R dan Metode Quantum Reading. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 16-25 DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.104

Sunardin, S. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran IPS. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 60-67.

Downloads

Published

2020-11-03

How to Cite

Nuryana, N., & Sunardin, S. (2020). Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving Terhadap Motivasi Belajar Siswa : Studi Eksperimen pada Pembelajaran Tematik Kelas II Se-gugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 80–86. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.374

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.