Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIA di UPT SPF SDN Mangasa

Authors

  • Muthmahinna Badaru Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Novita Sari Rizal Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tarman M Arief Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4625

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Metode Eksperimen, Hasil Belajar, PTK

Abstract

Penelitian ini adalah salah satu jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk menciptakan inovasi dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar dari 21 siswa di UPT SPF SDN Mangasa yang bertujuan untuk mengetahui model inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar di UPT SPF SDN Mangasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dengan menggunakan 2 siklus dengan teknik pengumpulan data secara kuantitatif yang diteliti dari 21 siswa di UPT SPF SDN Mangasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan metode eksperimen berhasil membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini berarti bahwa peran guru lebih berfungsi sebagai pendamping dan fasilitator, yang membantu serta membimbing siswa saat merak menghadapi kesulitan dalam memahai materi yang diajarkan. Selain itu, peserta didik juga lebih memahami materi dengan metode pembelajaran PBL berbasis eksperimen, karena mereka langsung melakukan hal-hal yang dipelajari dan mendiskusikannya dengan anggota kelompok. Terdapat pula peningkatan hasil belajar di materi tentang sistem saraf: kabel panjang dalam tubuh. Melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah menggunakan metode eksperimen, hasil belajar meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhdinirwanto, R. W., Agustini, R., & Jatmiko, B. (2020). Problem-based learning with argumentation as a hypothetical model to increase the critical thinking skills for junior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 340-350. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.19282

Ali, A. M., Satriawati, S., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114-121. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150

Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project-based learning and problem-based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346-355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100

Awansyah, P. (2022). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 121-230. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21390

Dalila, A. A., Rahmah, S., Liliawati, W., & Kaniawati, I. (2022). The effect of differentiated learning in problem based learning on cognitive learning outcomes of high school students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1820-1826. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4

Damayanti, I. R., & Yohandri, Y. (2022). E-Book Development Effectiveness Problem Based Learning with Quizing in Physics Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 3044-3049. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6

Hutasuhut, S., Aditia, R., & Putri, F. R. (2022). The Effectiveness of the Hybrid Learning Materials with the Application of Problem Based Learning Model (Hybryd-PBL) to Improve Learning Outcomes during the COVID-19 Pandemic. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(1), 124-134. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i1.178

Islamiati, A., Fitria, Y., Sukma, E., Fitria, E., & Oktari, S. T. (2024). The Influence of The Problem Based Learning (PBL) Model and Learning Style on the Thinking Abilities. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(4), 1934-1940. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i4.6219

Istikomah, J. N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) SD Negeri Gandekan Surakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9356-9363. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2478

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43-50. http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404

Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan hasil belajar Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Loilatu, S. H., Mukadar, S., Kasmawati, K., & Hentihu, V. R. (2021). Strategi Belajar Mengajar Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Di SD Alhilaal Samalagi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(02), 65-73. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i2.1036

Ningtias, S. C., Tarno, T., & Suardin, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Eksperimen Berbantuan Media Diorama Kelas V SD Negeri 68 Buton. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 88-95. https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3834

Nisa, H., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Bagaimana model problem based-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar?. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 70-75.

Nurqomariah, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 173-179. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.255

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The effect of flipped-problem based learning model integrated with LMS-google classroom for senior high school students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137-158. https://doi.org/10.17478/jegys.548350

Safitri, R., Wahyuri, A. S., & Ockta, Y. (2024). The Impacts of the Project-Based Learning and Problem-Based Learning Models with Self-Confidence on Students’ Learning Outcomes. Indonesian Research Journal in Education| IRJE|, 8(1), 269-283. https://doi.org/10.22437/irje.v8i1.31480

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252-261. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278

Suindhia, I. W. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 49-56. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i1.2163

Susilawati, S., & Doyan, A. (2023). The Influence of Problem Based Learning (PBL) Model on Students Learning Outcome. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 1004-1008. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) meningkatkan hasil belajar kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127-136. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444

Zulkarnaen, Z., Suhirman, S., Hidayat, S., Prayogi, S., Sarnita, F., Widia, W., ... & Verawati, N. N. S. P. (2022). The Effect of Problem Based Learning Model on Students' Creative Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 379-382. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1

Published

2024-10-25

How to Cite

Badaru, M., Rizal, N. S., & Arief, T. M. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIA di UPT SPF SDN Mangasa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 350–361. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4625

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.