Kualitas Tutorial Tatap Muka Mahasiswa Non Pendidikan Dasar Universitas Terbuka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Tutorial Tatap Muka Mahasiswa Non-Pendas dan Non PGPAUD di UPBJJ UT Makassar. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan relevansi latar belakang pendidikan, kesiapan Kit tutorial tutor, dan kompetensi tutor, dengan prestasi belajar. Jenis penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif dengan jumlah populasi 55 orang dan jumlah sampel 35 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purpose random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik monitoring dan dokumentasi. Data dianlisis dengan bantuan fasilitas IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 62,85% tutor yang memberikan tutorial tidak relevan dengan latar belakang pendidikannya, (2) kesiapan Kit tutorial tutor 64,68%, (3) kompetensi tutor > 3.00 sebesar 66%, (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara relevansi latar belakang pendidikan dengan prestasi belajar, (5) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kesiapan Kit tutorial tutor dengan prestasi belajar, (6) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi tutor dengan prestasi belajar, dan (7) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara relevansi latar belakang pendidikan, kesiapan Kit tutorial tutor, dan kompetensi tutor, dengan prestasi belajar koefisien korelasi sebesar 0,722.
Downloads
Metrics
References
Aanusi S.R. (2010). Beberapa Uji Validitas dan Reliabilitas pada Instrumen Penelitian.
Ariyanto, E. (2010). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata pelajaran KKPI Siswa Kelas X Prodi Keahlian Elekronika Industri di SMK Muhammadyah Prambanan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogakarta.
Biemer P.P. & Lyberg L.E. (2003). Introduction to servey quality. Published by John Wiley & Sons, Inc, Hoboken, New Jersey. Published simultaneously in Canada
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Tutorial. Jakarta: UT
Darmayanti, T., Islam, S., & Asandhimitra. (2004). Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Kemandirian Belajar pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (TJJ). Jakarta: Universitas Terbuka
Erlinayanti A. (2012). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar dan Etos Kerja Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru PKn di SMAN Kabupaten Magelang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Elliot A. J., Dweck C. S. & Yeager D. S. (2017). Handbook of Competence and Motivation. Theory and Application. The Guilford Press New York London
Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.
Husain U. (2004). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo
Inayah, R. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 Pendidikan Ekonomi, 2(1).
Melton R. F. (2002). Planning and Developing Open and Distance Learning. A Quality Assurance Approach. Simultaneouly published in the USA and Canada.
Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miarso, Y. (2008). Peningkatan Kualifikasi Guru Dalam Perspektif Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur,
Paramita, R. R., Witurachmi, S., & Hamidi, N. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Keuangan. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(1).
Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 75-105.
Race, P. (2008). 500 tips for open and online learning. Routledge.
Paramita, R. R., Witurachmi, S., & Hamidi, N. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Keuangan. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(1).
Santoso S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 Pendidikan Ekonomi, 2(1).
Suciati, Puspitasari, & Susy. (2006). Perencanaan Tutorial, PAU-PPI-UT. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudijono A. (1997). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugono, D. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa. Edisi ke-4. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Suherman, G. R. (2013). Hubungan Kompetensi Guru dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belaja TIK Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Malang. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro-Fakultas Teknik UM.
Supratmanto C. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Mengajar Praktik dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 2 Depok. Tesis. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Suprihatiningsih (2016). Perspektif Manajemen Pembelajaran Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish-CV Budi Utama
Sawendra. I.W. (2018). Metodologi Penelotian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali: Nilacaraka
Thaha, N. & Hutapea P. (2008). Komptensi Plus Teori, Desain, Kasus dan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wardani, I.G.A.K. (2004). Proses Pembelajaran Dalam Pendidikan Tinggi Jarak Jauh, Asandhamitra (ed). Jakarta: Pusat Penerbitan UT.
Widhiarso, W. (2010). Validasi Model Kompetensi Dosen Dalam Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning. Makalah Seminar Hasil Penelitian, Universitas Gadjah Mada.
Zahrotul, WNL, & Ihwani. (2011). Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi, Gaya Belajar Siswa dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Islam Al Ma’arif Singosari Pada Bidang Studi Ekonomi
Copyright (c) 2021 Muhammad Arifin Zaidin, Ranak Lince, Patmawati Halim, Kusmaladewi Kusmaladewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.