Kualitas Tutorial Tatap Muka Mahasiswa Non Pendidikan Dasar Universitas Terbuka

  • Muhammad Arifin Zaidin Universitas Terbuka
  • Ranak Lince Universitas Terbuka
  • Patmawati Halim Universitas Terbuka
  • Kusmaladewi Kusmaladewi Universitas Terbuka
Keywords: Studi Kualitas, Latar Belakang Pendidikan, Kit Tutorial, Kompetensi Tutor, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Tutorial Tatap Muka Mahasiswa Non-Pendas dan Non PGPAUD di UPBJJ UT Makassar. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan relevansi latar belakang pendidikan, kesiapan Kit tutorial tutor, dan kompetensi tutor, dengan prestasi belajar. Jenis penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif dengan jumlah populasi 55 orang dan jumlah sampel 35 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purpose random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik monitoring dan dokumentasi. Data dianlisis dengan bantuan fasilitas IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 62,85% tutor yang memberikan tutorial tidak relevan dengan latar belakang pendidikannya, (2) kesiapan Kit tutorial tutor 64,68%, (3) kompetensi tutor > 3.00 sebesar 66%, (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara relevansi latar belakang pendidikan dengan prestasi belajar, (5) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kesiapan Kit tutorial tutor dengan prestasi belajar, (6) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi tutor dengan prestasi belajar, dan (7) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara relevansi latar belakang pendidikan, kesiapan Kit tutorial tutor, dan kompetensi tutor, dengan prestasi belajar koefisien korelasi sebesar 0,722.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aanusi S.R. (2010). Beberapa Uji Validitas dan Reliabilitas pada Instrumen Penelitian.

Ariyanto, E. (2010). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata pelajaran KKPI Siswa Kelas X Prodi Keahlian Elekronika Industri di SMK Muhammadyah Prambanan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogakarta.

Biemer P.P. & Lyberg L.E. (2003). Introduction to servey quality. Published by John Wiley & Sons, Inc, Hoboken, New Jersey. Published simultaneously in Canada

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Tutorial. Jakarta: UT

Darmayanti, T., Islam, S., & Asandhimitra. (2004). Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Kemandirian Belajar pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (TJJ). Jakarta: Universitas Terbuka

Erlinayanti A. (2012). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar dan Etos Kerja Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru PKn di SMAN Kabupaten Magelang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Elliot A. J., Dweck C. S. & Yeager D. S. (2017). Handbook of Competence and Motivation. Theory and Application. The Guilford Press New York London

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.

Husain U. (2004). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo

Inayah, R. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Melton R. F. (2002). Planning and Developing Open and Distance Learning. A Quality Assurance Approach. Simultaneouly published in the USA and Canada.

Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miarso, Y. (2008). Peningkatan Kualifikasi Guru Dalam Perspektif Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur,

Paramita, R. R., Witurachmi, S., & Hamidi, N. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Keuangan. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(1).

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 75-105.

Race, P. (2008). 500 tips for open and online learning. Routledge.

Paramita, R. R., Witurachmi, S., & Hamidi, N. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Keuangan. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(1).

Santoso S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Suciati, Puspitasari, & Susy. (2006). Perencanaan Tutorial, PAU-PPI-UT. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudijono A. (1997). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugono, D. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa. Edisi ke-4. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Suherman, G. R. (2013). Hubungan Kompetensi Guru dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belaja TIK Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Malang. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro-Fakultas Teknik UM.

Supratmanto C. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Mengajar Praktik dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 2 Depok. Tesis. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Suprihatiningsih (2016). Perspektif Manajemen Pembelajaran Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish-CV Budi Utama

Sawendra. I.W. (2018). Metodologi Penelotian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali: Nilacaraka

Thaha, N. & Hutapea P. (2008). Komptensi Plus Teori, Desain, Kasus dan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wardani, I.G.A.K. (2004). Proses Pembelajaran Dalam Pendidikan Tinggi Jarak Jauh, Asandhamitra (ed). Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Widhiarso, W. (2010). Validasi Model Kompetensi Dosen Dalam Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning. Makalah Seminar Hasil Penelitian, Universitas Gadjah Mada.

Zahrotul, WNL, & Ihwani. (2011). Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi, Gaya Belajar Siswa dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Islam Al Ma’arif Singosari Pada Bidang Studi Ekonomi

Published
31-10-2021
How to Cite
Zaidin, M. A., Lince, R., Halim, P., & Kusmaladewi, K. (2021). Kualitas Tutorial Tatap Muka Mahasiswa Non Pendidikan Dasar Universitas Terbuka. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 144-154. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1457

Most read articles by the same author(s)