Efektivitas Project Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu

Authors

  • Nahrun Najib Siregar Universitas Papua
  • Firmansyah Firmansyah Universitas Papua
  • Dina Natasya Universitas Papua
  • Insar Damopolii Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5338

Keywords:

Efektivitas, Project Based Learning, Wordwall, Prestasi Belajar, Rasa Ingin Tahu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang dilengkapi dengan media Wordwall dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Selain itu, penelitian ini juga meneliti pengaruh rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar siswa. Era pendidikan yang terus berkembang, penting untuk mencari metode pembelajaran yang inovatif guna meningkatkan kualitas belajar siswa, terutama dalam pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang melibatkan 52 siswa dari sebuah sekolah dasar di Kabupaten Manokwari. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan capaian belajar, observasi, lembar validasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan uji perbedaan rata-rata prestasi belajar (uji t sampel bebas) dan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar. Hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian menunjukkan kategori sangat baik, mengindikasikan kelayakan perangkat yang digunakan. Hasil analisis efektivitas menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PjBL berbantuan Wordwall memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Selain itu, rasa ingin tahu siswa terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dengan kontribusi sebesar 62,1%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi PjBL dan Wordwall merupakan pendekatan yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar, dan penting untuk mempertimbangkan karakter rasa ingin tahu siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nahrun Najib Siregar, Universitas Papua

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dina Natasya, Universitas Papua

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Insar Damopolii, Universitas Papua

Pendidikan Biologi

References

Ania, Y. D., Susanti, E., Avida, A., Ningsih, P., & Setiawati, R. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(2), 453-464. https://doi.org/10.51214/bip.v4i2.1072

Asyz, P. M. S., Darmiany, D., & Nurwahidah, N. (2025). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas V SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 1-8. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2252

Azis, V. A. S., & Ardiansyah, A. S. (2024). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Challenge Based on Ethnomathematics Learning berbantuan Wordwall dan AI-Video. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 4(1).

Fansuri, K., Sumarliani, A., & Waldiasih, H. I. (2024). Penerapan Pbl Berbasis Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pembagian Pecahan Siswa Kelas Vi Sdn Gading Vii Surabaya. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 358-364. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.3962

Ibrahim, R. N. A., Saleh, M., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 205-216. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4340

Isnanto, I., Ahmad, W., & Kudus, K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Aplikasi Wordwall pada Materi Tata Surya di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 155-166. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.3520

Istika, D. D. B., & Rusnilawati, R. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12658-12663. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34183

Larasati, S., Mandasari, N., & Hajani, T. J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 49-59. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.411

Listianah, A., Isdaryanti, B., & Azizah, L. N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas Vb Sdn Bendan Ngisor Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Worldwall. Joyful Learning Journal, 13(1), 9-18.

Listyarini, I., Layyina, H., & Nursyahadiyah, F. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model project based learning berbantuan media Wordwall pada siswa kelas V SDN Peterongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370-3378. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608

Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan Hyflex Learning berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225-235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235

Malna, A. A., Zen, Z., Syafril, S., & Hendri, N. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika di SMAN 1 Gunung Talang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4499-4508. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1533

Nuraeni, T. N. T., & Aprianti, F. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 480-489. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5554

Pratiwi, S. E., Jufri, A. W., & Gunawan, G. (2024). Pengembangan Bahan Ajar IPAS Berbantuan Wordwall Game Menggunakan Model PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 5(1), 14-24.

Prihapsari, V. Y., Supriyono, S., & Syafi’i, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Pada Siswa Kelas IV SD Djama’atul Ichwan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12179-12186. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34007

Profithasari, N., Lutfiani, U. I., & Rapani, R. (2024). Efektivitas Brain Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 399-408. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3841

Putri, Y. A. (2023). PjBL Implmentasi Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Word Wall pada Materi Norma dan Aturan Kelas V SD Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2368-2377. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2231

Qonita, A. G., & Handayani, S. L. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Gaya Gravitasi pada Kelas IV SDN Ciracas 10 Pagi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 867-874. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1445

Rauf, S., Kudus, K., & Arif, R. M. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 47 Dumbo Raya. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3), 1306-1317. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4568

Suleman, T. M. M., Arifin, I. N., & Kudus, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 83 Sipatana. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3), 1275-1287. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4341

Ulfah, R. A. R., Arifin, J., & Jamsar, M. (2024). Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Di Era Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SD Inpres Lambengi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 446-459. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.4005

Published

2025-03-01

How to Cite

Siregar, N. N. ., Firmansyah, F., Natasya, D., & Damopolii, I. (2025). Efektivitas Project Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 32–41. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5338

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.