Efektivitas Project Based Learning Berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5338Keywords:
Efektivitas, Project Based Learning, Wordwall, Prestasi Belajar, Rasa Ingin TahuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang dilengkapi dengan media Wordwall dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Selain itu, penelitian ini juga meneliti pengaruh rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar siswa. Era pendidikan yang terus berkembang, penting untuk mencari metode pembelajaran yang inovatif guna meningkatkan kualitas belajar siswa, terutama dalam pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang melibatkan 52 siswa dari sebuah sekolah dasar di Kabupaten Manokwari. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan capaian belajar, observasi, lembar validasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan uji perbedaan rata-rata prestasi belajar (uji t sampel bebas) dan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar. Hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian menunjukkan kategori sangat baik, mengindikasikan kelayakan perangkat yang digunakan. Hasil analisis efektivitas menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PjBL berbantuan Wordwall memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Selain itu, rasa ingin tahu siswa terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dengan kontribusi sebesar 62,1%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi PjBL dan Wordwall merupakan pendekatan yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar, dan penting untuk mempertimbangkan karakter rasa ingin tahu siswa dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Ania, Y. D., Susanti, E., Avida, A., Ningsih, P., & Setiawati, R. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(2), 453-464. https://doi.org/10.51214/bip.v4i2.1072
Asyz, P. M. S., Darmiany, D., & Nurwahidah, N. (2025). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas V SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 1-8. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2252
Azis, V. A. S., & Ardiansyah, A. S. (2024). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Challenge Based on Ethnomathematics Learning berbantuan Wordwall dan AI-Video. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 4(1).
Fansuri, K., Sumarliani, A., & Waldiasih, H. I. (2024). Penerapan Pbl Berbasis Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pembagian Pecahan Siswa Kelas Vi Sdn Gading Vii Surabaya. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 358-364. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.3962
Ibrahim, R. N. A., Saleh, M., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 205-216. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4340
Isnanto, I., Ahmad, W., & Kudus, K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Aplikasi Wordwall pada Materi Tata Surya di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 155-166. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.3520
Istika, D. D. B., & Rusnilawati, R. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12658-12663. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34183
Larasati, S., Mandasari, N., & Hajani, T. J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 49-59. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.411
Listianah, A., Isdaryanti, B., & Azizah, L. N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas Vb Sdn Bendan Ngisor Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Worldwall. Joyful Learning Journal, 13(1), 9-18.
Listyarini, I., Layyina, H., & Nursyahadiyah, F. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model project based learning berbantuan media Wordwall pada siswa kelas V SDN Peterongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370-3378. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608
Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan Hyflex Learning berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225-235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235
Malna, A. A., Zen, Z., Syafril, S., & Hendri, N. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika di SMAN 1 Gunung Talang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4499-4508. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1533
Nuraeni, T. N. T., & Aprianti, F. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 480-489. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5554
Pratiwi, S. E., Jufri, A. W., & Gunawan, G. (2024). Pengembangan Bahan Ajar IPAS Berbantuan Wordwall Game Menggunakan Model PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 5(1), 14-24.
Prihapsari, V. Y., Supriyono, S., & Syafi’i, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Pada Siswa Kelas IV SD Djama’atul Ichwan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12179-12186. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34007
Profithasari, N., Lutfiani, U. I., & Rapani, R. (2024). Efektivitas Brain Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 399-408. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3841
Putri, Y. A. (2023). PjBL Implmentasi Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Word Wall pada Materi Norma dan Aturan Kelas V SD Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2368-2377. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2231
Qonita, A. G., & Handayani, S. L. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Gaya Gravitasi pada Kelas IV SDN Ciracas 10 Pagi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 867-874. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1445
Rauf, S., Kudus, K., & Arif, R. M. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 47 Dumbo Raya. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3), 1306-1317. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4568
Suleman, T. M. M., Arifin, I. N., & Kudus, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 83 Sipatana. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3), 1275-1287. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4341
Ulfah, R. A. R., Arifin, J., & Jamsar, M. (2024). Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Di Era Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SD Inpres Lambengi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 446-459. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.4005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.