Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read Answer Discuss Explain Create) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejumlah siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks eksplanasi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti bimbingan guru yang tidak efektif, pendekatan pembelajaran yang belum tepat, dan motivasi yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan posttest-only control group design. Sampel berjumlah 38 siswa kelas V dengan 19 orang di setiap kelas (kelas A dan B). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil tes (posttest). Penilaian didasarkan pada 4 aspek yang ditetapkan sebagai indikator menulis teks eksplanasi meliputi struktur teks, isi teks, ciri kebahasaan dan aspek mekanik. Hasil penelitian memperoleh dua temuan. Pertama, kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi pada kelas kontrol tergolong dalam kategori baik, cukup baik, dan memerlukan bimbingan. Sedangkan, pada kelas eksperimen kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi tergolong dalam kategori sangat baik, baik, dan cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil posttest kelas eksperimen lebih besar dengan rata-rata sebesar 85,52 daripada hasil rata-rata posttest yang diperoleh kelas kontrol sebesar 71,71. Kedua, model pembelajaran RADEC efektif dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari perolehan hasil uji Mann-Whitney dengan nilai korelasi Rank-Biserial (rB) sebesar 0,53. Selain itu, kelas eksperimen memiliki nilai median dan distribusi nilai yang lebih tinggi dan dan konsisten dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Downloads
Metrics
References
Fadil, A. R., & Ramadhan, S. (2023). Pengaruh Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(2), 368. https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.6830.
Haerazi., Utama, I., & Hidayatullah, H. (2020). Mobile Applications to Improve English Writing Skills Viewed from Critical Thinking Ability for Pre-Service Teachers. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(7). https://doi.org/10.3991/ijim.v14i07.11900.
Hidayat, A. R., Firdaus, F. M., & Lusiana, H. (2023). The RADEC Learning Model Improves Explanatory Text Writing Skill in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 7(3). https://doi.org/10.23887/ijee.v7i3.62068.
Ilankumaran, M., & Deepa, P. (2018). Teaching Literature Enhances Communication Skills – a Study with Special Emphasis on Poetry. International Journal of Engineering & Technology, 7(3.6), 187-191. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.6.14967.
Kharisma, A., Hartati, T., Damaianti, V. S., Solehuddin, M., & Chandra, C. (2022). Self Regulated Development Learning Model Based on Local Culture to Improve Elementary School Students’ Explanatory Writing Skills. Journal of Curriculum and Teaching, 11(8), 196. https://doi.org/10.5430/jct.v11n8p196
Mastina, M., & Setyaningrum, V. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explan, Create terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 487-498. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6285
Mirandani, R. M., & Indihadi, D. (2022). Keterampilan Menulis Slogan Berbasis Pengalaman Membaca Teks Narasi Peserta Didik SD Kelas V. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 267–274. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1629.
Nengsih, R. D., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru. Bosowa Journal of Education, 3(2), 146–149. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2637.
Normawati. (2018). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura. Kibas Cenderawasih: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 14(2), 221–236. https://doi.org/10.26499.
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653.
Rani, K. T., Usman, U., & Sakaria, S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Radec Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.59562/titikdua.v3i1.43929.
Ratnasari, N., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Perubahan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Materi Siklus Air. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(3), 1015-1024. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1462
Sa’adah, M., Bahri, A., & Rahayu, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, And Create) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 32 Barabba Kabupaten Bulukumba. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(1), 81-85. https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.212
Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, And Create (RADEC). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 1–16. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1575.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness of critical multiliteration model with radec model on the ability of writing explanatory text. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17445
Sirait, L. S., & Wasilah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat (RADEC) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 246-251. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1311
Sopandi, W., & Handayani, H. (2019). The Impact of Workshop on Implementation of Read-Answer-Discuss-Explain-And-Create (RADEC) Learning Model on Pedagogic Competency of Elementary School Teachers. Proceedings of the 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018), 178, 7–11. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.3.
Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25625.
Copyright (c) 2024 Iya Riyani, Prana Dwija Iswara, Dety Amelia Karlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.