Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read Answer Discuss Explain Create) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar

  • Iya Riyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dety Amelia Karlina Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran, RADEC, Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi, Quasi Experimen

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejumlah siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks eksplanasi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti bimbingan guru yang tidak efektif, pendekatan pembelajaran yang belum tepat, dan motivasi yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan posttest-only control group design. Sampel berjumlah 38 siswa kelas V dengan 19 orang di setiap kelas (kelas A dan B). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil tes (posttest). Penilaian didasarkan pada 4 aspek yang ditetapkan sebagai indikator menulis teks eksplanasi meliputi struktur teks, isi teks, ciri kebahasaan dan aspek mekanik. Hasil penelitian memperoleh dua temuan. Pertama, kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi pada kelas kontrol tergolong dalam kategori baik, cukup baik, dan memerlukan bimbingan. Sedangkan, pada kelas eksperimen kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi tergolong dalam kategori sangat baik, baik, dan cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil posttest kelas eksperimen lebih besar dengan rata-rata sebesar 85,52 daripada hasil rata-rata posttest yang diperoleh kelas kontrol sebesar 71,71. Kedua, model pembelajaran RADEC efektif dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari perolehan hasil uji Mann-Whitney dengan nilai korelasi Rank-Biserial (rB) sebesar 0,53. Selain itu, kelas eksperimen memiliki nilai median dan distribusi nilai yang lebih tinggi dan dan konsisten dibandingkan dengan kelompok kontrol.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Fadil, A. R., & Ramadhan, S. (2023). Pengaruh Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(2), 368. https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.6830.

Haerazi., Utama, I., & Hidayatullah, H. (2020). Mobile Applications to Improve English Writing Skills Viewed from Critical Thinking Ability for Pre-Service Teachers. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(7). https://doi.org/10.3991/ijim.v14i07.11900.

Hidayat, A. R., Firdaus, F. M., & Lusiana, H. (2023). The RADEC Learning Model Improves Explanatory Text Writing Skill in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 7(3). https://doi.org/10.23887/ijee.v7i3.62068.

Ilankumaran, M., & Deepa, P. (2018). Teaching Literature Enhances Communication Skills – a Study with Special Emphasis on Poetry. International Journal of Engineering & Technology, 7(3.6), 187-191. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.6.14967.

Kharisma, A., Hartati, T., Damaianti, V. S., Solehuddin, M., & Chandra, C. (2022). Self Regulated Development Learning Model Based on Local Culture to Improve Elementary School Students’ Explanatory Writing Skills. Journal of Curriculum and Teaching, 11(8), 196. https://doi.org/10.5430/jct.v11n8p196

Mastina, M., & Setyaningrum, V. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explan, Create terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 487-498. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6285

Mirandani, R. M., & Indihadi, D. (2022). Keterampilan Menulis Slogan Berbasis Pengalaman Membaca Teks Narasi Peserta Didik SD Kelas V. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 267–274. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1629.

Nengsih, R. D., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru. Bosowa Journal of Education, 3(2), 146–149. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2637.

Normawati. (2018). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura. Kibas Cenderawasih: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 14(2), 221–236. https://doi.org/10.26499.

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653.

Rani, K. T., Usman, U., & Sakaria, S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Radec Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.59562/titikdua.v3i1.43929.

Ratnasari, N., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Perubahan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Materi Siklus Air. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(3), 1015-1024. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1462

Sa’adah, M., Bahri, A., & Rahayu, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, And Create) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 32 Barabba Kabupaten Bulukumba. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(1), 81-85. https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.212

Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100.

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, And Create (RADEC). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 1–16. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1575.

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness of critical multiliteration model with radec model on the ability of writing explanatory text. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17445

Sirait, L. S., & Wasilah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat (RADEC) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 246-251. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1311

Sopandi, W., & Handayani, H. (2019). The Impact of Workshop on Implementation of Read-Answer-Discuss-Explain-And-Create (RADEC) Learning Model on Pedagogic Competency of Elementary School Teachers. Proceedings of the 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018), 178, 7–11. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.3.

Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25625.

Published
07-09-2024
How to Cite
Riyani, I., Iswara, P. D., & Karlina, D. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read Answer Discuss Explain Create) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 274-290. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4437