Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD

  • Jumarniati Jumarniati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Aswar Anas Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Motivasi belajar, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui gambaran dan pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa semester III program studi PGSD. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) angket motivasi belajar, (2) lembar observasi aktivitas belajar, (3) tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial dengan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar mahasiswa memiliki motivasi belajar berada pada kategori tinggi, aktivitas belajar berada pada kategori kurang aktif, dan hasil belajar berada pada kategori sedang. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah aritmatika

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. ICONSS Proceeding Series, 281-284.

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.

Dimyati. & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ekawati, Shindy. 2016. Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Pedagogy 1(2).

Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. ICONSS Proceeding Series, 202-208.

Fitriana, Sitti. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Motivasi Belajar, dan Kemampuan Berikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of EST 1 (2)

Ihsan. Muhammad. 2013. Pengaruh Metakognisi dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Pasca Sarjana UNM.

Jihad, Asep. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo

Jumarniati. 2016. Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN di Kecamatan Biringkanaya. Prosiding Seminar Nasional 2(1).

Nurmala, D.A. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksa, Volume 4 Nomor 1 2014

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Published
31-10-2019
How to Cite
Jumarniati, J., & Anas, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 41-47. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.113