Penerapan Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Desimal

Authors

  • Ratna Ratna SD Inpres Gallang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1431

Keywords:

Model PBL, Hasil belajar, Matematika

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model Problem-Based Learning dalam pembelajaran Matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal pada siswa kelas V SD Inpres Gallang Kecamatan Bontonompo Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Inpres Gallang Kecamatan Bontonompo Selatan tahun pembelajaran 2019/2016 yang berjumlah 35 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus pertama menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 66,29. Pada siklus kedua nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,69. Pada siklus pertama terdapat 21 orang siswa atau 60% telah mencapai nilai KKM, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 30 orang siswa atau 85,71%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Hasan. (Ed.III). 2001. Kamus Besar Matematika. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, dkk. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuty. 2006. Peningkatan Kemampuan Memahami Konsep Geografi pada Pokok Bahasan Permukaan Bumi melalui Penggunaan Media Globe Imitasi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Sungguminasa Laporan Hasil PTK.

Baptiste, Sue E. 2003. Problem-Based Learning. Hamilton, Ontario: SLACK Incorporated.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2006 Bidang Studi Matematika SD. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Karim. 2007. The Improvement of Student’s Ability in Speaking English by Using Problem Solving Technique to the Third Grade Students of SMP Negeri Bontotiro. Tseis. Makassar: PPs UNM.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Silabus Bidang Studi Matematika untuk SD. Jakarta: Kemdikbud.

Ridwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Mitivasu Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syakir. 2009. Peningkatan Motivasi Siswa dalam Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD pada Siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kota Makassar. Laporan PTK. Makassar.

Yudha, Ary Santoso. 2004. Pemecahan Masalah. Artikel online. Diakses pada laman http//Kompas.com/Kesehatan/news/04 09/03/073945.html).

Published

2021-10-26

How to Cite

Ratna, R. (2021). Penerapan Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Desimal. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 102–110. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1431

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.