Systematic Literature Review: Implementasi Media E-Comic Berbasis Kearifan Lokal dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Humaidah Fatimah Parapat STAI Al-Hikmah Medan
  • Salman Alparisi Efendi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Misman Misman Universitas Alwashliyah Labuhan Batu

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6839

Keywords:

Implementasi, Media E-comic, Kearifan Lokal, Hasil Belajar , Karakter, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi di Era Society 5.0 berdampak pada SDM di Indonesia terutama pada bidang pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. National Education Assocation (NEA) mengatakan, media merupakan sebuah perangkat dapat dimanipulasikan, didengar, dilihat, dibaca beserta instrumen yang digunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, serta dapat memengaruhi efektivitas program instruksional. Penelitian ini mengkaji implementasi media e-comic pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dan dampaknya terhadap hasil belajar dan karakter siswa di sekolah dasar. Selai itu, penelitian ini merupakan penelitian systematic review dengan tujuan untuk mengkaji peran dari media e-comic pendidikan karakter berbasis kearifan local untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa SD/MI. Pencarian artikel jurnal dilakukan melalui database elektronik Google Scholar. Pencarian awal ditemukan 1740 artikel jurnal, setelah ditelaah dengan melakukan inklusi didapatkan 7 artikel jurnal untuk ditelaah secara sistematis. Hasil systematic review menemukan bahwa dari beberapa artikel yang direview terdapat Media E-Comic yang belum diuji kepraktisan nya. Peran teknologi sangat penting dalam pembuatan Media E-Comic yang menarik perhatian siswa untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa. Hasil tinjauan menunjukkan Media E-Comic dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akgül, H., & Ayer, Z. (2020). Examining The Impact Of Industry 4.0 On Education. Journal of Awareness. https://doi.org/10.26809/joa.5.013

Aladsani, H. (2022). Students’ experiences with and perceptions of distance learning through learner-generated comics. Journal of Research on Technology in Education, 56, 196–217. https://doi.org/10.1080/15391523.2022.2119451

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Chute, H., & Dekoven, M. (2012). Comic books and graphic novels. In D. Glover & S. McCracken (Eds.), The Cambridge Companion to Popular Fiction (pp. 175–195). Cambridge University Press. https://doi.org/DOI: 10.1017/CCOL9780521513371.012

Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17

Ermiana, I., Parwati, N. N., Sudiarta, G. P., Gde, I., & Sudatha, W. (2024). Ethnocultural wisdom and development of e-comic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). https://doi.org/10.11591/ijere.v13i6.29176

Hennessy, S., Calcagni, E., Leung, A., & Mercer, N. (2021). An analysis of the forms of teacher-student dialogue that are most productive for learning. Language and Education, 37, 186–211. https://doi.org/10.1080/09500782.2021.1956943

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Hidayati, N., Waluyo, H., Winarni, R., & Suyitno, S. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a

Isnani, T. (2024). Implementation of Project-Based Learning Approach in Improving Critical Thinking Skills of Elementary School Students. Jurnal Ar Ro’is Mandalika (Armada). https://doi.org/10.59613/armada.v3i1.2844

Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309

Lestari, D. I. (2016). Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. 2(2), 145–155.

Li, J., & Li, X. (2024). Professional values education for undergraduate nursing students: developing a framework based on the professional values growth theory. BMC Nursing, 23. https://doi.org/10.1186/s12912-024-01743-0

Mekalungi, N., Rachmawati, F. P., & Wulandari, M. D. (2025). Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi membaca Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1215–1224.

Miyanti Eka Martasari, S. T. W. (2025). Pengembangan Media E-Comic Berbasis Audiovisual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke SD-AN, 12 No.2.

Murti, D. A. K., Gunarhadi, & Winarno. (2020). Development of Educational Comic with Local Wisdom to Foster Morality of Elementary School Students: A Need Analysis. International Journal of Educational Methodology. https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337

Natalia Natalia, & Taufik Muhtarom. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Disrupsi. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(5), 79–87. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i5.1008

Nomor, V., Keterampilan, D. A. N., Pemahaman, M., & Kelas, S. (2016). Jurnal Prima Edukasia. 4, 233–242.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344

RA, H. (2021). Engaging students in education for sustainable development: The benefits of active learning, reflective practices and flipped classroom pedagogies. In Journal of Cleaner Production. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.129318

Rabindran R., & Madanagopal, D. (2020). Piaget’s Theory and Stages of Cognitive Development- An Overview. Scholars Journal of Applied Medical Sciences, 8(9), 2152–2157. https://doi.org/10.36347/sjams.2020.v08i09.034

Ramadhani, S., Aulia, S. M., Simanjuntak, E. B., Prawijaya, S., & Simanihuruk, L. (2024). Pengembangan Media E-comic untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 066650 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(2), 1094–1106. https://doi.org/10.17467/mk.v23i2.3398

Rina, N., Suminar, J., Damayani, N. A., & Hafiar, H. (2020). Character Education Based On Digital Comic Media. Int. J. Interact. Mob. Technol., 14, 107–127. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i03.12111

Rochmah, A. H. N., & Fahyuni, E. F. (2021). Penggunaan E-comic Fiqih Sebagai Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mi Ma’Arif Ngering. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 129–141.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2020). Developing Digital Comics as Character Learning Media for Elementary School Students. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(2), 47. https://doi.org/10.17977/um048v26i2p47-53

Tót, K., Eördegh, G., Kiss, Á., Kelemen, A., Braunitzer, G., Kéri, S., Bodosi, B., & Nagy, A. (2022). Visual consequent stimulus complexity affects performance in audiovisual associative learning. Scientific Reports, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.1038/s41598-022-22880-z

Undang Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Witanta, V. A., Baiduri, B., & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematikapada Materi Perbandingan Kelas Vii Smp. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565

Xu, X., Shi, Z., Bos, N. A., & Wu, H. (2023). Student engagement and learning outcomes: an empirical study applying a four-dimensional framework. Medical Education Online, 28. https://doi.org/10.1080/10872981.2023.2268347

Yansyah, M., Raditya, A., Tafsiruddin, M., Rochmatun, S., Agustina, P., & Alfiansari, A. (2023). Orientasi Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Peningkatan Kreativitas Guru Pada Proses Pembelajaran. Journal on Education, 6(1), 3601–3609. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3457

Zuliasmi, S., Anugrah, S., Novrianti, N., & Masnur, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran E-comic pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII SMP. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(3), 3159–3166. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i3.3100

Published

2025-09-25

How to Cite

Parapat, H. F., Efendi, S. A., & Misman, M. (2025). Systematic Literature Review: Implementasi Media E-Comic Berbasis Kearifan Lokal dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1282–1296. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6839

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.