KORELASI KECEMASAN MATEMATIS SISWA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 PALOPO
Keywords:
kecemasan matematis, kemampuan pemecahan masalah, korelasiAbstract
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, bertujuan untuk mengetahui (1) Kecemasan matematis siswa SMA Negeri 1 Palopo, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 1 Palopo, (3) dan Korelasi kecemasan matematis siswa terhadap pemecahan masalah matematika di SMA Negeri 1 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X dan XI SMA Negeri 1 Palopo. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket kecemasan matematis siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling sehingga terpilih sampel berupa dua kelas dari kelas X dan satu kelas dari kelas XI dengan total sampel sebanyak 93 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Analisis statistika deskriptif diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan nilai rata-rata 22,31 dan standar deviasi 6,30, kecemasan matematis siswa SMAN 1 Palopo diperoleh rata-rata 64,06 dan standar deviasi 14,81. Berdasarkan analisis statistika inferensial dengan analisis korelasi Product Moment Pearson diperoleh kesimpulan bahwa terdapat korelasi kecemasan matematis siswa terhadap pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 1 Palopo dengan nilai korelasi sebesar -0,287.
Downloads
References
Amam, A., Darhim, D., Fatimah, S., & Noto, M. S. (2019). Math anxiety performance of the 8th grade students of junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 181–185.
Ana Ari, Wahyu Suci. (2008). Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok.
Anggraeni, D. P. (2022). Pengaruh kecemasan matematis (Math Anxiety) terhadap kemampuan pemahaman matematis pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII di MTs Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. (Program Sarjana UIN KHAS Jember, 2022).
Ardianto, Patuh. (2018). Gejala Kecemasan Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Bimbingnan Konseling Undiksa. 87-91.
Arifin, A. T., Kartono, & Sutarto, H. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano, 5(1), 91–98.
Aufa, F., Aisy, R., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif Refle. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–43.
Dina, A. S., & Ambarwati, L. (2022). Literature Review: Faktor Kecemasan Matematika Siswa dan Upaya Mengatasinya. J-PiMat, 4(1). 26-34.
Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa. Jurnal Matematka dan Pendidikan Matematika. I(1), 34–44.
Ellyana, R., & Utami, R. E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP. 4(1), 36–42.
Elvrida, B. I (2021). Studi Korelasi Kecemasan Belajar Matematika dan Kemampuan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Kemangkon. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika.. 10-20.
Fadilah, N. N. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematka Sesio Madika 2019. 459–467.
Fauziah, N., & Roza, Y. (2020). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. 06(03), 3241–3250.
Hanggara, Y., Aisyah, S. H., Amelia, F., Studi, P., Matematika, P., Kepulauan, U. R., & Masalah, K. P. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. 11(2), 189–201.
Hartuti, S. A., & Firmansyah, D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 16(1). 60-74.
Hidayah, N., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan. 3(1), 46–51.
Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan matematik dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205–214.
Husnul Qausarina. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1). 24-30.
Iin, B. A. B., & Penelitian, A. J. (2012). Math anxiety pada siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2). 72-93.
Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2019). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management (Vol. 3, Issue 2). 24-40.
Kasirloo, Y., Veysi, N., Taghinezhad, A., Shayan, N., Torabi, S. S., & Afshar, R. (2015). On the Role of Learning Styles Components (Objective Experience, Reflective Observation, Abstract Conceptualization, and Active Experimentation) on Students’ Mathematics Performance. American Journal of Educational Research, 3(9), 1142–1148.
Masruroh, A., & Nurfitriyanti, M. (2022). Pengaruh Kecemasan dan Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 103–110.
Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. 05(01), 383–390.
Mukholil. (2018). Kecemasan dalam Proses Belajar Mukholil. Jurnal Eksponen, 8(1). 1–8.
Nelayani, N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Model Eliciting Activites (MEAs) terhadap Kemampuan Berpikir Logis dan Kecemasan Matematis Peserta Didik SMK. Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Terbuka, 1(1), 1-25.
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia, 2(1). 71–83.
Nugraha, A. D. (2020). Memahami Kecemasan: Perspektif Psikologi Islam. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 1–22.
Nurizlan, A., Komala, E., & Monariska, E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Langkah Polya. 11(2), 639–649. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2530
Pangastuti, M. (2014). Pengaruh pelatihan berpikir positif terhadap penurunan tingkat kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa dan siswi sekolah menengah atas. Journal Psikologi Integratif, 2(1), 42–52.
Pasandaran, R. F., Riady, A., Studi, P., Matematika, P., Makassar, U. N., & Pendahuluan, A. (2016). Kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan masalah turunan fungsi trigonometri. Jurnal Tadris Matematika, 1(4). 66–75.
Pratiwi, B., Matematika, J. P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2023). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa smp ditinjau dari kecemasan siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education. 26-65.
Putri, E., & Azmi, S. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3). 1390–1398.
Ramadanti, A. V., & Syahri, A. A. (2022). Deskripsi Keterampilan Metakognitif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1). 30-42.
Rawa, N. R., & Mastika Yasa, P. A. E. (2019). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2),. 36-40.
Revd, R. T., Lungile, L. (2021). Pemecaha Masalah Matematika. Paper Knowledge: Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.
Sakarti, H. (2018). Hubungan kecemasan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1). 28–41.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2018). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1). 24-30.
Septian, A., & Aulia, S. R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing Berbantuan Edmodo. 10(2), 170–181.
Setiani, A. (2016). Mengurangi Kecemasan Matematis dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs dengan Pendekatan PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education. 1-11.
Simbolon, Hajizah. (2018). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester III di PMB Afriana, AM.KEB. Skripsi: Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Medan.
Tri Agustin (2018). Deskripsi Kecemasan Belajar Matematika Santriwati Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Al-Ansor Desa Manunggang Julu Kecamatan Padang Sidimpuan Tenggara. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). 25-55.
Utami, A. H., & Warmi, A. (2019). Analisis kesulitan belajar ditinjau dari rasa kecemasan matematika. Jurnal Sesiodamika 2019, 9(3). 617–622.
Warsah, I., Carles, E., Morganna, R., Anggraini, S., Silvana, S., & Maisaroh, S. (2023). Usaha Guru Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pai. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 31–48.
Winarso, W., & Baskoro, E. P. (2019). Analisis Gender terhadap Kecemasan Matematika. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–36.
Wulandari, N. N. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Efikasi Diri, Sikap Dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 290–301.
Yani, N. K. N. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. (Program Sarjana Universitas Lampung, 2022.)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.