DESKIRPSI KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LESSON STUDY DI KELAS VIIIc SMP NEGERI 3 PALOPO
Abstract
Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kolaborasi siswa di kelas VIIIC SMP Negeri 3 Palopo. Terdapat tiga tahapan lesson study yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi) dan sejalan dengan tahapan dalam PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIIC dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam PTK ini adalah tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kemampuan komunikasi matematis dan kolaborasi siswa dianalisis secara deskriptif dengan melihat persentase hasil tes dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri meningkatkan komunikasi matematis dan kolaborasi siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan komunikasi matematis siswa dapat diukur dari evaluasi tes pra siklus, siklus I dan II, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tes pra siklus sebesar 35,94% dengan kategori sangat rendah ke siklus I sebesar 61,83% dengan kategori rendah dan siklus II sebesar 82,48% dengan kategori tinggi. Sedangkan peningkatan kemampuan kolaborasi siswa dapat diukur dari hasil kegiatan observasi yang dilakukan oleh observer dengan nilai rata-rata kemampuan kolaborasi siswa pada pra siklus sebesar 59,9% dengan kategori cukup kolaboratif, pada siklus I sebesar 71,41 dengan kategori kolaboratif, dan siklus II sebesar 82,29 dengan kategori sangat kolaboratif. Dengan demikian hasil penelitian di kelas VIIIC SMP Negeri 3 Palopo telah tercapai dengan baik, dan menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran inkuiri.
Downloads
References
2(1), 35–44.
Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2021). Menjadi Guru Pembelajar dengan Lesson Study. Diakses pada 6 Februari 2023, dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menjadi-guru-pembelajar-dengan-lesson- study/
Djaali, & Muljojo, P. (2010). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. In PT. Grasindo.
Elizabert E. Barkley, K. Patricia Cross, Clarie Howell Major. 2014. Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media.
Goetz, Jane. 2004. Top Ten Thoughts about Communication in Mathematics. http://www.kent.k12.wa.us/KSD/15/Communication_in_math.htm
Gulo. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
H. Diana, Rahmatsyah, R.A. Sani, W. Bunawan, R. H Lubis : Pengaruh Model Pembelajaran CollaborativeInquiry Terhadap Keterampilam 4C Siswa di SMA. International Conference On Education (IECO). 1(1) : 96-108
Handayani, R. & Sulistiawati, E. (2019). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika di SMKN 1 Kotabumi. Jurnal Eksponen, 9(1) : 35-41
Ikayanti, R. & Suhartatik. (2016). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX SMPN Lumajang. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang, 27 September 2018.
Ilyas, M. Basir, F. 2016. Keefektifan Strategi Konflik Koginitif pada Pembelajaran Struktur Aljabar terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Mahasiswa. Journal of Mathematics Education. Vol 1(2)
Istikomayanti, Y. (2016). Penerapan Strategi Inkuiri dan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses pada Mata Kuliah Ekologi Research Report, 2008.
Junaedi. M., Sunarno. W., Cari. 2014. Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Aktivitas Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 3 (3): 41-52
Khoiriyah, A. (2016). Pembelajaran Kolaboratif pada Matematika untuk Membentuk Karakter Generasi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1) : 14-18.
Kurniawati. I.D., Wartono, Diantoro. M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10: 36-46.
Langgeng., Sajidan dan Prayitno. B. A. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Kolaboratif Berbasis Potensi Lokal Dan Implementasinya Pada Materi Tumbuhan Lumut Dan Paku. JURNAL INKUIRI, 6 (1): 1-16
Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333
M. Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. In Jakarta: Raja Farindo Persada (Vol. 1).
Mahmudi, A. (2006). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika.
Melati, H. A., Junanto, T., & Lestari, I. (2014). Lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran English For chemistry I. Seminar Nasional.
Muhammad Fahmi Nugraha. (2007). Model Pembelajaran Inkuiry.
Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
NCTM. 2005. Curriculum and Content Area Standards. Mathematical Standards. http://cnets.iste.org/currstands/cstands‐m.html. 26 Maret 2006
Priyambudi, B., Suroya B, A., Safitri, D., Susilo, H., Nathalia, & Sudrajat, K. (2021). Implementasi Model Discovery Learning Menggunakan Lesson Study Untuk Meningkatankan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952.
Putu, M. E., Hidayah, Y., & Adawiyah, R. (2017). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Teweh Timur Pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Pendidikan Hayati, 3 (4), 144-151.
Retno Budi Wahyuni. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Mind Map pada Pelajaran IPS Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 4 Batang.
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1). https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.
Bumi Aksara: Jakarta
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sriyanti, S. (2014). Bagaimana Implementasi Penelitian Tindakan Kelas Dalam Aktifitas Lesson Study. Jurnal Pengajaran MIPA. 19(1): 61-68
Subadi, Tjipto. (2010). Lesson Study Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas).
Surakarta: BP-FKIP UMS
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Sugiyono - 2015. pdf (hal. 346)
Syamsurizal & Ibrohim. (2008). Lesson Study: Studi Pembelajaran. Malang: FMIPA UM.
Widiyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (Delapan).
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15(1).
Widyastuti, E. S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015
Wiharto, M. (2018). Kegiatan Lesson Study dalam Pembelajaran. Forum Ilmiah,
15(1)
Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1). https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.12816
Zahro, et al. (2019). Model Pembelajaran.
Zamzami, & Sahana, W. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Journal Educational Research and Social Studies, 2(April).
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Desember.
Copyright (c) 2023 Indah Amelia, Rio Fabrika Pasandaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.