HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

  • Indah Suciati Universitas Al Khairaat
  • Rio Fabrika Pasandaran Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Hajerina Hajerina Universitas Al Khairaat
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kajian Literatur Sistematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan matematis peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian ini merupakan Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview 30 artikel yang terkait dengan kemampuan matematis (kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, dan kemampuan pemahaman konsep matematis) terhadap kemampuan pemecahan masalah yang diterbitkan dalam kurun waktu 2014-2021 yang diterbitkan pada jurnal internasional maupun jurnal nasional yang dapat diakses dan diunduh dalam database online Google Scholar, ERIC, Research Gate, maupun Garuda. Teknik analisis data yang digunakan ialah  pengelompokkan data, analisis data, dan menyimpulkan data berdasarkan temuan yang diperoleh dari berbagai literatur. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis, kemampuan koneksi matematis, dan kemampuan pemahaman konsep matematis berpengaruh dan berkorelasi positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam proses pembelajaran. (2) Semakin tinggi kemampuan komunikasi matematis, kemampuan koneksi matematis, dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, maka semakin baik pula kemampuan pemecahan masalah matematisnya dalam proses pembelajaran di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
30-11-2021
How to Cite
Suciati, I., Pasandaran, R. F., & Hajerina, H. (2021). HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 56-70. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1596

Most read articles by the same author(s)