EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 LUWU UTARA
Keywords:
Pemahaman Konsep, Media Pembelajaran, Geogebra, EfektivitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Geogebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Luwu Utara. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel kelas XI MIPA 2 dan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 10 Luwu Utara. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Luwu Utara sebelum diajar menggunakan Geogebra berada pada kategori rendah. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Luwu Utara setelah diajar menggunakan Geogebra berada pada kategori baik. 3) Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas XI SMA Negeri 10 Luwu Utara selama diajar dengan Geogebra berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. 4) Aktivitas siswa kelas XI SMA Negeri 10 Luwu Utara selama diajar dengan Geogebra berada pada kategori sangat aktif. 5) Respon siswa selama diajar dengan Geogebra berada pada kategori cenderung positif. 6) Terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Luwu Utara setelah diajar dengan Geogebra. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penggunaan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Luwu utara memberikan pengaruh yang baik.
Downloads
References
Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project Based Learning Menggunakan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111-118.
Antika, Y., & Suprianto, B. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kompetensi dasar aplikasi rangkaian OP AMP mata pelajaran Rangkaian Elektronika Di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 493-497.
Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).
Basir, F., & Karmila, K. (2016). Keefektifan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Prosiding, 2(1).
Dewi, N. P. R., dkk. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109-122.
Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 336-342.
Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10-17.
Fajar, A. P., dkk. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal pendidikan matematika, 9(2), 229-239.
Fitriasari, P. (2017). Pengembangan LKS berbasis konstruktivisme materi garis singgung lingkaran berbantuan Geogebra untuk kelas VIII SMP. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Hasiru, D., dkk. (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-69.
HM, M. A. (2019). Menciptakan pembelajaran efektif melalui hypnoteaching. Ekspose: jurnal penelitian hukum dan pendidikan, 16(2), 469-480.
Ilyas, M., dkk. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika.
Kamal, M., & Mujab, S. (2021). Stimulus Guru dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII SMP Daru Ulil Albab Tegal 2020/2021. Bashrah, 1(02), 129-146.
Kesumawati, N. (2018). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234.
Kilpatrick. (2022). Adding it up: Helping children learn mathematics. The National Academies Press. The book is available free on the Web. Accessed, 2(4), 04.
Listiana, Y., dkk. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dan Siswa SMP Negeri 1 Dewantara. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5(2), 379-387.
Nurdin, E., dkk. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Patandung, Mersi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkuran Berbasis Geogebra. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo. FKIP-UNCP.
Patandung, M., Ikram, M., & Pasandaran, R. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Berbasis Geogebra. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 20-39.
Patimang, Wika. (2023). Keefektifan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Buntao’. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo. FKIP-UNCP.
Rohani, R. (2020). Media pembelajaran. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/17641/1/Diktat%20Media%20Pembelajaran%20Naik%20Pangkat.pdf
Saputra, H. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/363839120_Kemampuan_Pemahaman_Matematis.
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sukmawati, S., Pasandaran, R. F., & Mufidah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) melalui Pembelajaran Problem Solving pada Perkuliahan Dasar-Dasar Statistika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 106-119.
Sumarno, U. (2014). Asesmen soft skill dan hard skill matematik siswa dalam kurikulum 2013. In Seminar Pendidikan Matematika Di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar (Vol. 564, pp. 1-73).
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media pembelajaran online berbasis Geogebra sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika. Prisma, 9(1), 108-117.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
Yanti, R., dkk. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan Geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180-194.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.