MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

  • Rio Fabrika Pasandaran Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fahrul Basir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Indah Suciati Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: komunikasi matematis, model kooperatif, jigsaw

Abstract

Komunikasi matematis merupakan komponen penting dalam mendukung pencapaian hasil belajar matematika peserta didik di sekolah. Esensi komunikasi matematis adalah proses penyampaian gagasan matematika baik secara lisan maupun tulisan, dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Perubahan bentuk-bentuk simbol, gambar, diagram, tabel yang mewakili proses mental setiap peserta didik akan dibentuk menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (sebagai perlakuan). Tipe Jigsaw diyakini memiliki kontribusi positif terhadap perkembangan komunikasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Palopo, dengan metode eksperimen dan desain One - Group Pretest Posttest Design.  Komunikasi matematis peserta didik sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 43,90 dan setelah diberikan perlakuan berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 75,31. Secara inferensial, melalui uji statistik One-Sample Test  diperoleh nilai signikansi sebesar 0.001 < 0.05.  Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan komunikasi matematis peserta didik secara signifikan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
31-05-2022
How to Cite
Pasandaran, R. F., Basir, F., & Suciati, I. (2022). MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 62-69. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1801

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>