Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) Sebagai Assessment Autentik Untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Grafik Fungsi Trigonometri

  • Rio Fabrika Pasandaran Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Taksonomi SOLO, Literasi Matematika, Grafik Fungsi Trigonometri

Abstract

Konteks dalam asesmen literasi matematika adalah hal yang penting, sebab konteks membawa pola pikir siswa untuk mengingat ulang konsep-konsep yang telah dipelajarinya, menghubungkan dengan permasalahan yang ada dalam konteks, kemudian memformulasikan suatu solusi yang sesuai dengan konteks yang diberikan. Oleh karena itu, konteks dalam suatu asesmen berpengaruh terhadap hasil asesmen. Salah satu teknik assesmen yang dapat membangun konteks literasi adalah Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peranan taksonomi SOLO dalam membangun kemampuan literasi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah Trigonometri. Subjeknya adalah satu orang mahasiswa Program Studi Matematika Fakultas Sains, Universitas Cokroaminoto Palopo. Untuk itu, penelitian in didesain secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil peneltian menunjukkan bahwa setiap level kognitif dalam taksonomi SOLO berperan dalam membangun kemampuan literasi dalam hal menganalisa informasi, menyusun konjektur matematis, mengintegrasi informasi, melakukan operasi prosedural berdasarkan pengetahuan konseptual, dan membuat penafsiran atas hasil yang diperoleh sesuai dengan konteks masalah yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Asikin, muhammad. 2003. Pengembangan Item Tes Dan Interpretasi Respon Mahasiswa Dalam Pembelajaran Geometri Analit Berpandu Pada Taksonomi Solo. Semarang: Fmipa Universitas Negeri Semarang.

Biggs, john.1982. Solo Taxonomy. http://www.johnbiggs.com.au/academic/solo-taxonomy/. Diakses pada tanggal 30 juli 2013.

Johar, rahmah. 2012. Domain Soal Pisa Untuk Literasi Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Unsyiah

Lim hooi lian, wun thiam yew & noraini idris. 2010. Superitem Test; An Alternative Assesment Tool To Assess Students Algebraic Solving Ability. Malaysia: Sains University.

Mahdiansyah, dkk. 2014. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia. Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kemdikbud.

OECD (2003) Pisa Assessment Framework. Diakses tanggal 20 september 2012 dari www.oecd.org

Tohari, khamim. 2012. Mengukur Kualitas Pembelajaran Matematika Dengan Gabungan Taksonomi Solo Dan Taksonomi Bloom. Laporan hasil penelitian FMIPA IKIP BANDUNG

Published
01-03-2018
How to Cite
Pasandaran, R. F. (2018). Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) Sebagai Assessment Autentik Untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Grafik Fungsi Trigonometri. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 88-105. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/187
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)