PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPS SMA PERGURUAN ISLAM MAKASSAR DI MASA PENDEMI COVID-19

  • Nana Harlina Haruna Universitas Sawerigading Makassar
  • Muhammad Fajar Universitas Teknologi Sulawesi
Keywords: Manajemen Waktu, Hasil Belajar Matematika, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar matematika siswa di masa pandemic covid-19. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 5 Makassar dengan sampel 80 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama pandemic covid-19 sehingga aktivitas pembelajaran dilakukan dengan sistem Daring menggunakan Google Classroom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 5 Makassar tahun pelajaran 2020/2021 termasuk dalam kategori Tinggi dengan skor rata-rata 16,8375 atau 38,75% dari skor ideal 20 yang mungkin dicapai. Manajemen waktu siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 5 Makassar berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 45,4831 atau 57,28% dari skor ideal 79,41 yang mungkin dicapai. Manajemen waktu mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SMA Negeri 2 Makassar tahun pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
29-05-2021
How to Cite
Haruna, N. H., & Fajar, M. (2021). PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPS SMA PERGURUAN ISLAM MAKASSAR DI MASA PENDEMI COVID-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-21. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1194