DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS AWAL SISWA SMP NEGERI 2 BUA KELAS VIII MELALUI PENDEKATAN INQUIRY

  • Dahniar Dahniar Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Shindy Ekawati Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: berpikir kritis matematis, inquiry, kemampuan awal

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa SMP Negeri 2 Bua Kelas VIII melalui pendekatan inquiry pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bua yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan berpikir kritis matematis awal, (2) LKS. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif  dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan tinggi yaitu terletak pada indikator focus,reason dan overview, kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan sedang yaitu terletak pada indikator focus dan reason dan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan rendah yaitu terletak pada indikator focus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
30-11-2021
How to Cite
Dahniar, D., Salwah, S., & Ekawati, S. (2021). DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS AWAL SISWA SMP NEGERI 2 BUA KELAS VIII MELALUI PENDEKATAN INQUIRY. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 71-81. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1597

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2