PENGARUH PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

  • Miftahul Janna Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kemampuan Komunikasi, Rigorous Mathematical Thinking

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas VIIa SMP Negeri 4 Lamasi yang ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilihlah satu eskperimen yaitu kelas VIIa di ajar dengan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking. Data yang dikumpulkan terdiri atas data kemampuan komunikasi, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan angket respon siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 4 Lamasi sebelum diajar dengan menggunakan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking berada pada kategori sangat rendah. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 4 Lamasi setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking berada pada kategori tinggi. (3) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 4 Lamasi setelah diterapkan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ansari, B. I. 2003.Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) me lalui Strategi Think Talk Write. Disertasi Doktor pada FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Fitriyah. L. 2013.Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Pokok Relasi dan Fungsi di Kelas VIII MTs Kanjeng Sepuh Sidayu. Skiripsi tidak diterbitkan. Surabaya: F-Tarbiyah-IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Hasmirah. 2014.Efektivitas Metode Pembelajaran Example Non Example Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII.B MTs Negeri Model Palopo. Skiripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.
Kinard, J. T.,& Kozulin,A.2008.Rigorous Mathematical Thinking:Conceptual FormationintheMathematics Classroom.NewYork:CambridgeUniversityPress..
Nari, N. 2015.Kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri.Jurnal diterbitkan. Program Studi Tadris Matematis Batusangkar.
NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Rosadi, C.D. 2014.Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Relasi Dan Fungsi Melalui Penerapan PBI Terhadap Siswa Kelas VII A SMP Harapan Mulia Tahun Pelajaran 2013/2014.Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.
Silambi, A. 2018.Efektivitas pendekatan problem posing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sabbang.Skiripsi tidak diterbitkan. Palopo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. 26.
Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA-Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Tasik, S. 2015. Komparasi Keefektifan Pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Dan Pendekatan Konstektual Pada Pembelajaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nuha.Skiripsi tidak diterbitkan.FKIP.UNCP.
Tyanto, L. E. dan Manoy, T. J. 2013.Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional Cs6 Dengan
Nurmillah, R. 2015.Komunikasi matematika tertulis dalam menyelesaikan masalah matematika.Jurnal APOTEMA, 1(1), 28–36.
Wardani, M. R. 2015.Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Dengan Performance Assessment Terhadap Kemampuan Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Lingkaran.Skiripsi diterbitkan.Semarang : Universitas Negeri Semarang
Published
30-11-2020
How to Cite
Miftahul Janna, & Salwah, S. (2020). PENGARUH PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 66 - 75. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/488

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>