PENGARUH PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas VIIa SMP Negeri 4 Lamasi yang ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilihlah satu eskperimen yaitu kelas VIIa di ajar dengan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking. Data yang dikumpulkan terdiri atas data kemampuan komunikasi, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan angket respon siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 4 Lamasi sebelum diajar dengan menggunakan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking berada pada kategori sangat rendah. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 4 Lamasi setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking berada pada kategori tinggi. (3) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 4 Lamasi setelah diterapkan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking.
Downloads
Metrics
References
Fitriyah. L. 2013.Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Pokok Relasi dan Fungsi di Kelas VIII MTs Kanjeng Sepuh Sidayu. Skiripsi tidak diterbitkan. Surabaya: F-Tarbiyah-IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Hasmirah. 2014.Efektivitas Metode Pembelajaran Example Non Example Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII.B MTs Negeri Model Palopo. Skiripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.
Kinard, J. T.,& Kozulin,A.2008.Rigorous Mathematical Thinking:Conceptual FormationintheMathematics Classroom.NewYork:CambridgeUniversityPress..
Nari, N. 2015.Kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri.Jurnal diterbitkan. Program Studi Tadris Matematis Batusangkar.
NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Rosadi, C.D. 2014.Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Relasi Dan Fungsi Melalui Penerapan PBI Terhadap Siswa Kelas VII A SMP Harapan Mulia Tahun Pelajaran 2013/2014.Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.
Silambi, A. 2018.Efektivitas pendekatan problem posing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sabbang.Skiripsi tidak diterbitkan. Palopo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. 26.
Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA-Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Tasik, S. 2015. Komparasi Keefektifan Pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Dan Pendekatan Konstektual Pada Pembelajaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nuha.Skiripsi tidak diterbitkan.FKIP.UNCP.
Tyanto, L. E. dan Manoy, T. J. 2013.Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional Cs6 Dengan
Nurmillah, R. 2015.Komunikasi matematika tertulis dalam menyelesaikan masalah matematika.Jurnal APOTEMA, 1(1), 28–36.
Wardani, M. R. 2015.Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Dengan Performance Assessment Terhadap Kemampuan Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Lingkaran.Skiripsi diterbitkan.Semarang : Universitas Negeri Semarang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.