Pengaruh Kemampuan Literasi Digital terhadap Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang

Authors

  • Milasar Milasar Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang
  • Ferry Haryanto Uray Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang
  • Ahmad Fadhil Rizki Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang
  • Hamidah Hamidah Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang
  • Halimah Halimah Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang
  • Ali Akbar Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6270

Keywords:

Pengaruh, Literasi Digital, Sikap Rasa Ingin Tahu, Curiosity, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Kemampuan literasi digital yang baik diyakini mampu mendorong mahasiswa untuk memiliki sikap ingin tahu yang lebih tinggi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana literasi digital memengaruhi curiosity atau sikap rasa ingin tahu pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang yang dipilih secara total sampling. Data dikumpulkan melalui angket tertutup menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Proses analisis dilakukan dengan bantuan SPSS versi 25, meliputi uji korelasi Pearson Product Moment dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi digital mahasiswa berada dalam kategori baik dengan persentase 78,3%, sedangkan sikap curiosity mereka tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 85,1%. Uji korelasi menghasilkan nilai r sebesar 0,524, yang menunjukkan hubungan positif dan cukup kuat antara kedua variabel. Nilai r-hitung lebih besar dibanding r-tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1%, sehingga hipotesis alternatif diterima. Adapun koefisien determinasi sebesar 27,4% mengindikasikan bahwa kemampuan literasi digital memberikan kontribusi terhadap sikap rasa ingin tahu mahasiswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan literasi digital dalam proses pendidikan untuk menumbuhkan semangat eksploratif mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.

Aswan, D. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Era Internet. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 949-955. https://doi.org/10.5281/zenodo.10362490

Bayuningrum, W. A. (2021). Curiosity dalam kehidupan sehari-hari. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1), 32-36. https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i1.15706

Darmayanti, R., Rahmawati, E., Ishanan, I., Rohmah, N. N. M., Sukarta, S., & Suhadah, S. (2024). Peran Media Sosial dalam Pengembangan Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa. In Seminar Nasional Paedagoria 4(1), 340-349.

Dinata, K. B. (2021). Analisis kemampuan literasi digital mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499

Faizin, M. F. M., Yudi, U., & Zainiyati, H. S. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital melalui Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam, 13(2), 36-55. https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.2.36-55

Fauziah, D. R., Iskandar, S., Rosmana, P., Oktafrina, A., Pratiwi, K., & Nurfaoziah, K. (2023). Pembaruan Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 21(2), 355-371. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.2.371-387

Hasibuan, H. (2022). Quriosity Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Ruang Lingkup Biologi UIN Syahada Padangsidimpuan. Bioedunis Journal, 1(2), 59-66. https://doi.org/10.24952/bioedunis.v1i2.6636

Lase, N. C., & Halawa, A. E. (2024). Analisis Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Berpusat Pada Siswa. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan Dan Teknik, 1(3), 76-82. https://doi.org/10.70134/identik.v2i4.144

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi digital mahasiswa. JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48-53. https://doi.org/10.37249/jpma.v2i2.532

Oetomo, R. K., Pamungkas, P. D. A., & Septianingsih, N. (2023). Literasi digital mahasiswa menggunakan kerangka pengukuran literasi digital kominfo. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 73-83. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.356

Pratama, F. R., Komariah, N., & Rodiah, S. (2022). Hubungan antara kemampuan literasi digital dengan pencegahan berita hoaks di kalangan mahasiswa. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(3), 165-184. https://doi.org/10.24198/inf.v2i3.43792

Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Digital Literacy Ability towards Curiosity Level and Student Self-Determination. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(3), 1311-1321. http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v12.i3.202224

Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Literasi digital mahasiswa dan faktor-faktor yang berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171-179. doi: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48774

Sasabillah, S., Ningsih, S., Putri, A. G. E., & Sastrawati, E. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas Pada Mahasiswa (PGSD). Jurnal Sinestesia, 13(2), 1133-1142.

Silaban, B., Pane, J., & Nagur, M. D. (2023). Menumbuhkembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe-TGT Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 254-267. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.875

Sufrianto, S., Lakawa, I., Makkawaru, A., & Haryono, H. (2022). Literasi Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Dosen Pemula Dan Dosen Praktisi. Jurnal Sultra Sains, 4(2), 21-29. https://doi.org/10.54297/sultrasains.v4i2.425

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Usli, V. A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 7(1), 29-38. https://doi.org/10.46576/jsa.v7i1.2366

Verawati, I. (2025). Penguatan Literasi Digital Mahasiswa PGSD FKIP UAY Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. EduCurio: Education Curiosity, 3(2), 289-293. https://doi.org/10.71456/ecu.v3i2.1131

Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2022). Analisis sikap rasa ingin tahu mahasiswa selama covid-19 menggunakan model blended learning. Jurnal Cendekia, 6(2), 1953-1961. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1426

Published

2025-09-25

How to Cite

Milasar, M., Uray, F. H., Rizki, A. F., Hamidah, H., Halimah, H., & Akbar, A. (2025). Pengaruh Kemampuan Literasi Digital terhadap Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1479–1489. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6270

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.