Kelekatan Aman (Secure Attachment) Ayah Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia 4 – 6 Tahun

Authors

  • Septianingsih Septianingsih Universitas Negeri Semarang
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6503

Keywords:

Kelekatan Aman, Keterlibatan Ayah, Kecerdasan Sosial, Anak Usia Dini, Secure Attachment

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah untuk meninjau kembali peran ayah dalam perkembangan sosial anak usia dini, yang selama ini sering direduksi hanya sebagai penyedia materi. Paradigma tersebut tidak lagi relevan dengan kebutuhan perkembangan anak di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kelekatan aman (secure attachment) antara ayah dan anak terhadap pembentukan kecerdasan sosial pada anak usia 4–6 tahun. Kelekatan yang aman diyakini mampu menciptakan rasa diterima, membangun komunikasi terbuka, serta menumbuhkan kepercayaan, yang menjadi fondasi bagi perilaku sosial yang sehat dan adaptif. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan hermeneutik. Subjek penelitian melibatkan empat pasang ayah dan anak di TK Islam Al-Mughni, Kota Bekasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan ayah, observasi perilaku sosial anak di lingkungan sekolah, serta dokumentasi pendukung. Analisis data dilakukan secara tematik melalui triangulasi sumber dan metode untuk meningkatkan validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayah yang memiliki kedekatan emosional, kehadiran fisik yang konsisten, dan pola komunikasi yang responsif berkontribusi secara signifikan terhadap kecerdasan sosial anak. Anak-anak yang memiliki kelekatan aman dengan ayah menunjukkan perilaku seperti empati, kerja sama, inisiatif, dan rasa percaya diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang memiliki pola kelekatan tidak aman. Penelitian ini menegaskan pentingnya keterlibatan aktif ayah dalam pengasuhan anak usia dini, khususnya dalam pembentukan kecerdasan sosial. Rekomendasi ditujukan kepada institusi pendidikan dan keluarga agar memberikan ruang lebih besar bagi keterlibatan ayah dalam kegiatan tumbuh kembang anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S. (2025). Tahapan pemberdayaan masyarakat melalui program kelompok tani Botanical Garden dalam meningkatkan ketahanan pangan di Kelurahan Kamal (Skripsi Sarjana, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Alika, G., Soetopo, R., Wieka, D., & Partasari, D. (2022). Hubungan antara waktu kerja dan keterlibatan ayah. Jurnal Ilmiah Psikologi Manasa, 11(2).

Arianda, V., Salim, I. K., Ruzain, R. B., & Psikologi, F. (2021). Secure attachment (kelekatan aman) ibu dan anak dengan perkembangan sosial emosional pada anak. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 1(2). https://doi.org/10.25299/jicop.v1i2.8603

Cottingham, M. D., & Erickson, R. J. (2020). The promise of emotion practice: At the bedside and beyond. Work and Occupations, 47(2), 173–199. https://doi.org/10.1177/0730888419892664

Fatmasari, A. E., & Sawitri, D. R. (2020, September). Kedekatan ayah-anak di era digital: Studi kualitatif pada emerging adults. In Prosiding Seminar Nasional Milleneial 5.0 Fakultas Psikologi UMBY.

Haninda, D. Z. (2023). Hubungan antara Kelekatan Aman (Secure Attachment) dengan Kemandirian Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Hidayati, D. S., Deby, C. N., & Sari, M. (2020). Keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan intimacy terhadap suami. Jurnal Perempuan dan Anak (JPA), 3(2), 51–64.

Maslow, A. H. (1954). Motivation and personality.

Masyitah, M., Baiti, N., Nisa, U., & Masuwd, M. A. (2024). Parental secure attachment and child gender on early childhood social-emotional development: A quantitative study. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 88–100.

Murtadlo, M. (2021). Urgensi kelekatan dalam perkembangan jiwa anak. Jurnal Pengkajian Islam, 1(1).

Mustopa, M. (2023). Kecerdasan Sosial Anak MI Mambaul Ulum Rejomulyo Kota Kediri Yang Di Asuh Orang Tua Dengan Pendidikan Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Nafisah, A., & Kurniawati Sugiyo Pranoto, Y. (2022). Father’s involvement in learning from home program during COVID-19 pandemic. BELIA Early Childhood Education Papers, 11(1). https://doi.org/10.15294/belia.v11i1.48424

Nafisah, A., Kurniawati Sugiyo Pranoto, Y., Nuzulia, S., & Pendidikan Usia Dini, J. (2023). The impact of father involvement in the early childhood problematic behavior. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17, 1693–1602. https://doi.org/10.21009/JPUD.171.02

Ningsih, L. C., & Kustomo. (2019). Hubungan kecerdasan sosial dengan hasil belajar PPKN peserta didik di SMKN 2 Jombang tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 1(1).

Ningsih, S. D. (2020). Hubungan antara attachment orang tua-anak dengan self esteem pada anak kelas VI di SDN 03 Cingkariang Kabupaten Agam. Jurnal Psychomutiara, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.51544/psikologi.v3i1.1061

Priyanti, N. (2021). Pengaruh peran ayah terhadap adaptasi sosial pada anak usia dini di yayasan nurmala hati Jakarta Timur. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 165–178. https://doi.org/10.32678/assibyan.v6i2.9848

Putri, S., Marlina, L., Sofyan, F. A., Oktamarina, L., Muhtarom, M., Cindrya, E., Dewi, K., Atika, N., Triwinanti, A., Raudho, E. S., Salsabila, P. F., & Susana, S. (2022). Pelatihan membangun kelekatan antara orang tua dan anak melalui kegiatan practical life. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 1(3), 93–101. https://doi.org/10.62668/sabangka.v1i03.171

Ramadhanti, D. F., Agustin, M., & Rachmawati, Y. (2021). Hubungan antara kelekatan pada ayah dengan kecerdasan emosional anak usia dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 54–62. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.24295

Rufiati, A. (2024). Pengaruh Secure Attachment Antara Ayah Dan Anak Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Lentera Anak, 5(1). https://doi.org/10.34001/jla.v5i1.7589

Santyani, W. (2022). Pengaruh Kelekatan Anak Perempuan Dengan Ayah Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Babussalam Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Shofiyah, S., Siregar, N., & Sutini, A. (2020). Urgensi kecerdasan sosial (Social Intelligent) bagi anak usia dini. Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, 3(1), 53-74.

Sukmadinata, N. S. (2019). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Syafiqoh, A., & Kurniawati Sugiyo Pranoto, Y. (2022). Peran keterlibatan ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.

Verschueren, K., & Marcoen, A. (1999). Representation of self and socioemotional competence in kindergartners: Differential and combined effects of attachment to mother and to father. Child Development, 70(1), 183–201. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00014

Wulandari, A. G. (2019). Peranan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bagi Kepala Madrasah dalam Pengambilan Keputusan di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Diniyyah Putri Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Yuniar, N. F. (2022). Childhood social skills and attachment styles: A systematic review.

Published

2025-07-30

How to Cite

Septianingsih, S., & Pranoto, Y. K. S. (2025). Kelekatan Aman (Secure Attachment) Ayah Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia 4 – 6 Tahun. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1038–1049. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6503

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.