Penerapan Metode Presentasi Dalam Topik Deskripsi NKRI Untuk Pembelajaran PKn Bagi Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Palopo
Abstract
Warga negara perlu memiliki pengetahuan kewarganegaraan yang baik, memiliki keterampilan intelektual maupun partisipatif, dan pengetahuan serta keterampilan dalam membentuk suatu karakter atau watak yang mapan, sehingga menjadi sikap dan kebiasaan sehari-hari. Namun dalam kenyataan yang dihadapi dalam pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), kebanyakan guru mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa berfikir secara rasional, kritis dan kreatif, sehingga kurang mampu memahami berbagai wacana kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan memperbaiki rendahnya pemahaman siswa Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan bagi siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian yang mencakup kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection) atau evaluasi. Penulis merencanakan pembelajaran dengan memilih materi pembelajaran tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan metode presentasi pada siklus I, skor pemahaman materi NKRI yang dicapai siswa berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 70,26. Pada siklus II, walaupun secara kategori tetap sama tetapi skor pemahaman materi siswa kelas meningkat sebesar 74,47. Dengan demikian disimpulkan bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menjadi lebih baik.
Downloads
References
Depdiknas. (2003). Kerangka dasar pengembangan silabus dan sistem penilaian hasil belajar siswa SLTP berbasis Kompetensi, Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Lanjutan Pertama.
Julianti. (2002). Peningkatan pembelajaran kontekstual sebaga upaya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IIB SLTP Negeri 5 Sinjai Selatan. Skripsi FMIPA UNM.
Nurhadi. (2002). Proyek peningkatan mutu SLTP, Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Lanjutan Pertama.
Nurhadi, B., & Senduk, A. G. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (1996). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, N. (1895). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2019 Malyana Malyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.