Pengaruh Kemampuan Literasi Digital terhadap Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6270Keywords:
Pengaruh, Literasi Digital, Sikap Rasa Ingin Tahu, Curiosity, Pendidikan Agama IslamAbstract
Kemampuan literasi digital yang baik diyakini mampu mendorong mahasiswa untuk memiliki sikap ingin tahu yang lebih tinggi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana literasi digital memengaruhi curiosity atau sikap rasa ingin tahu pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang yang dipilih secara total sampling. Data dikumpulkan melalui angket tertutup menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Proses analisis dilakukan dengan bantuan SPSS versi 25, meliputi uji korelasi Pearson Product Moment dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi digital mahasiswa berada dalam kategori baik dengan persentase 78,3%, sedangkan sikap curiosity mereka tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 85,1%. Uji korelasi menghasilkan nilai r sebesar 0,524, yang menunjukkan hubungan positif dan cukup kuat antara kedua variabel. Nilai r-hitung lebih besar dibanding r-tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1%, sehingga hipotesis alternatif diterima. Adapun koefisien determinasi sebesar 27,4% mengindikasikan bahwa kemampuan literasi digital memberikan kontribusi terhadap sikap rasa ingin tahu mahasiswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan literasi digital dalam proses pendidikan untuk menumbuhkan semangat eksploratif mahasiswa
Downloads
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.
Aswan, D. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Era Internet. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 949-955. https://doi.org/10.5281/zenodo.10362490
Bayuningrum, W. A. (2021). Curiosity dalam kehidupan sehari-hari. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1), 32-36. https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i1.15706
Darmayanti, R., Rahmawati, E., Ishanan, I., Rohmah, N. N. M., Sukarta, S., & Suhadah, S. (2024). Peran Media Sosial dalam Pengembangan Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa. In Seminar Nasional Paedagoria 4(1), 340-349.
Dinata, K. B. (2021). Analisis kemampuan literasi digital mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499
Faizin, M. F. M., Yudi, U., & Zainiyati, H. S. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital melalui Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam, 13(2), 36-55. https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.2.36-55
Fauziah, D. R., Iskandar, S., Rosmana, P., Oktafrina, A., Pratiwi, K., & Nurfaoziah, K. (2023). Pembaruan Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 21(2), 355-371. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.2.371-387
Hasibuan, H. (2022). Quriosity Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Ruang Lingkup Biologi UIN Syahada Padangsidimpuan. Bioedunis Journal, 1(2), 59-66. https://doi.org/10.24952/bioedunis.v1i2.6636
Lase, N. C., & Halawa, A. E. (2024). Analisis Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Berpusat Pada Siswa. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan Dan Teknik, 1(3), 76-82. https://doi.org/10.70134/identik.v2i4.144
Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi digital mahasiswa. JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48-53. https://doi.org/10.37249/jpma.v2i2.532
Oetomo, R. K., Pamungkas, P. D. A., & Septianingsih, N. (2023). Literasi digital mahasiswa menggunakan kerangka pengukuran literasi digital kominfo. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 73-83. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.356
Pratama, F. R., Komariah, N., & Rodiah, S. (2022). Hubungan antara kemampuan literasi digital dengan pencegahan berita hoaks di kalangan mahasiswa. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(3), 165-184. https://doi.org/10.24198/inf.v2i3.43792
Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Digital Literacy Ability towards Curiosity Level and Student Self-Determination. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(3), 1311-1321. http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v12.i3.202224
Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Literasi digital mahasiswa dan faktor-faktor yang berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171-179. doi: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48774
Sasabillah, S., Ningsih, S., Putri, A. G. E., & Sastrawati, E. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas Pada Mahasiswa (PGSD). Jurnal Sinestesia, 13(2), 1133-1142.
Silaban, B., Pane, J., & Nagur, M. D. (2023). Menumbuhkembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe-TGT Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 254-267. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.875
Sufrianto, S., Lakawa, I., Makkawaru, A., & Haryono, H. (2022). Literasi Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Dosen Pemula Dan Dosen Praktisi. Jurnal Sultra Sains, 4(2), 21-29. https://doi.org/10.54297/sultrasains.v4i2.425
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Usli, V. A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 7(1), 29-38. https://doi.org/10.46576/jsa.v7i1.2366
Verawati, I. (2025). Penguatan Literasi Digital Mahasiswa PGSD FKIP UAY Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. EduCurio: Education Curiosity, 3(2), 289-293. https://doi.org/10.71456/ecu.v3i2.1131
Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2022). Analisis sikap rasa ingin tahu mahasiswa selama covid-19 menggunakan model blended learning. Jurnal Cendekia, 6(2), 1953-1961. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1426
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Milasar Milasar, Ferry Haryanto Uray, Ahmad Fadhil Rizki, Hamidah Hamidah, Halimah Halimah, Ali Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.