Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Berbasis Who Is It untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII MTsN 2 Kolaka Utara

Authors

  • Ummul Syafiah Universitas Islam Negeri Palopo
  • Aishiyah Saputri Laswi Universitas Islam Negeri Palopo
  • Naidin Syamsuddin Universitas Islam Negeri Palopo
  • Putri Rahayunengsi Universitas Islam Negeri Palopo
  • Asmaul Husna Universitas Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6627

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Board Game, Who Is It, Keterampilan Berbicara

Abstract

Urgensinya dari penelitian ini adalah kebutuhan akan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al-kalam) dalam pembelajaran bahasa Arab pada tingkat menengah pertama. Pembelajaran bahasa Arab sering menghadapi tantangan rendahnya partisipasi aktif siswa dan keterbatasan media yang mampu memfasilitasi interaksi verbal secara menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Board Game berbasis Who Is It pada materi peralatan dan tempat sekolah untuk siswa kelas VII MTsN 2 Kolaka Utara. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan guru dan siswa, serta tes hasil belajar, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan tes, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan kelayakan sangat tinggi dengan persentase 90% dari ahli materi dan 90% dari ahli media. Uji kepraktisan memperoleh skor 92% dari guru dan 90% dari siswa, menandakan media mudah digunakan dan disukai. Uji efektivitas memperlihatkan peningkatan nilai rata-rata dari 646,3 pada pretest menjadi 1.093,1 pada posttest, dengan tingkat efektivitas 80,69% pada kategori efektif. Media Board Game ini terbukti meningkatkan partisipasi aktif, kepercayaan diri berbicara, serta penguasaan kosakata dan struktur kalimat siswa, sehingga memberikan kontribusi signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih menyenangkan dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, R. N., & Armariena, D. N. (2024). Pengembangan board game untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 14(2), 156–162. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16032

Anindita, D., & Pratama, F. W. (2024). Pengembangan media pembelajaran board game Batula. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3760–3765. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4127

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Christina, P., Indracahyani, A., & Yatnikasaria, A. (2019). Analisis ketidaksinambungan dokumentasi perencanaan asuhan keperawatan: Metode Ishikawa. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(2). https://doi.org/10.48144/jiks.v12i2.166

Kartini, K. (2019). Analisis metode pembelajaran bahasa Arab terhadap input yang heterogen pada Institut Agama Islam Negeri Palopo. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 2(1), 25–45. https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1207

Luthfi, M. N., Khairun, D. Y., & Prabowo, A. S. (2023). Pengembangan board game untuk meningkatkan kepercayaan diri pada remaja. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(3), 40–54. https://doi.org/10.30870/diversity.v1i3.44

Marhaeni, M., Nurmiati, N., & Ekaningtiyas, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga biologi pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 23–30. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1842

Mustafa, M. (2021). Dinamika metode pembelajaran bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 56–71. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.17

Nugroho, D. H. (2021). Pengembangan media pembelajaran board game matematika kelas VIII semester 1 kurikulum 2013 di SMP Negeri 48 Jakarta. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 150–162. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.720

Rahayu, A. (2025). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): Pengertian, jenis dan tahapan. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 459–470. https://doi.org/10.54259/diajar.v4i3.5092

Sakti, H. G., & Kartiani, B. S. (2023). Efektivitas penggunaan media board game terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan di Bidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 116–121. https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7791

Salim, L., Pelupessy, J. A. M., & Apriliana, A. C. (2024). Pengembangan media pembelajaran board game Who Is It dalam materi keberagaman budaya mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 300–314. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4190

Subhaktiyasa, P. G., Candrawati, S. A. K., Sumaryani, N. P., Sunita, N. W., & Syakur, A. (2025). Penerapan statistik deskriptif: Perspektif kuantitatif dan kualitatif. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 14(1), 96–104.

Supriyati, I. (2020). Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII MTsN 4 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 104–116. https://core.ac.uk/download/pdf/289713771.pdf

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep penelitian kuantitatif: Populasi, sampel, dan analisis data (sebuah tinjauan pustaka). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1

Syamsuddin, N. (2021). Model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(3), 247–254. https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/158

Syamsuddin, N., & Kamal, H. (2024). Tathwir wasilah ta'lim al-lughah al-‘arabiyyah al-tafa'uliyyah 'ala asas al-lu'bah al-ta'limiyyah Quizizz fi madah al-mubtada' wa al-khabar li tullab al-saff al-'ashir bi al-madrasah al-'aliyah al-hukumiyyah Palopo. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 7(1), 29–41. https://doi.org/10.24256/jale.v7i1.5099

Takwim, M., Said, R., & Murdiati, M. (2021). Penerapan metode permainan domino dalam pembelajaran kosakata pada santri Taman Pendidikan Al Quran TPA Al Furqon Mario Baebunta Luwu Utara. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.24256/jale.v4i1.2505

Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.

Widyastuti, S. R. (2022). Pengembangan skala Likert untuk mengukur sikap terhadap penerapan penilaian autentik siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama'ah, 3(2), 67–75. https://doi.org/10.52188/ja.v3i02.393

Published

2025-09-14

How to Cite

Syafiah, U., Laswi, A. S., Syamsuddin, N., Rahayunengsi, P., & Husna, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Berbasis Who Is It untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII MTsN 2 Kolaka Utara. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1401–1411. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6627

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.