Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Berbasis Who Is It untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII MTsN 2 Kolaka Utara
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6627Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Board Game, Who Is It, Keterampilan BerbicaraAbstract
Urgensinya dari penelitian ini adalah kebutuhan akan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al-kalam) dalam pembelajaran bahasa Arab pada tingkat menengah pertama. Pembelajaran bahasa Arab sering menghadapi tantangan rendahnya partisipasi aktif siswa dan keterbatasan media yang mampu memfasilitasi interaksi verbal secara menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Board Game berbasis Who Is It pada materi peralatan dan tempat sekolah untuk siswa kelas VII MTsN 2 Kolaka Utara. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan guru dan siswa, serta tes hasil belajar, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan tes, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan kelayakan sangat tinggi dengan persentase 90% dari ahli materi dan 90% dari ahli media. Uji kepraktisan memperoleh skor 92% dari guru dan 90% dari siswa, menandakan media mudah digunakan dan disukai. Uji efektivitas memperlihatkan peningkatan nilai rata-rata dari 646,3 pada pretest menjadi 1.093,1 pada posttest, dengan tingkat efektivitas 80,69% pada kategori efektif. Media Board Game ini terbukti meningkatkan partisipasi aktif, kepercayaan diri berbicara, serta penguasaan kosakata dan struktur kalimat siswa, sehingga memberikan kontribusi signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih menyenangkan dan interaktif.
Downloads
References
Aisah, R. N., & Armariena, D. N. (2024). Pengembangan board game untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 14(2), 156–162. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16032
Anindita, D., & Pratama, F. W. (2024). Pengembangan media pembelajaran board game Batula. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3760–3765. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4127
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Christina, P., Indracahyani, A., & Yatnikasaria, A. (2019). Analisis ketidaksinambungan dokumentasi perencanaan asuhan keperawatan: Metode Ishikawa. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(2). https://doi.org/10.48144/jiks.v12i2.166
Kartini, K. (2019). Analisis metode pembelajaran bahasa Arab terhadap input yang heterogen pada Institut Agama Islam Negeri Palopo. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 2(1), 25–45. https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1207
Luthfi, M. N., Khairun, D. Y., & Prabowo, A. S. (2023). Pengembangan board game untuk meningkatkan kepercayaan diri pada remaja. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(3), 40–54. https://doi.org/10.30870/diversity.v1i3.44
Marhaeni, M., Nurmiati, N., & Ekaningtiyas, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga biologi pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 23–30. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1842
Mustafa, M. (2021). Dinamika metode pembelajaran bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 56–71. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.17
Nugroho, D. H. (2021). Pengembangan media pembelajaran board game matematika kelas VIII semester 1 kurikulum 2013 di SMP Negeri 48 Jakarta. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 150–162. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.720
Rahayu, A. (2025). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): Pengertian, jenis dan tahapan. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 459–470. https://doi.org/10.54259/diajar.v4i3.5092
Sakti, H. G., & Kartiani, B. S. (2023). Efektivitas penggunaan media board game terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan di Bidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 116–121. https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7791
Salim, L., Pelupessy, J. A. M., & Apriliana, A. C. (2024). Pengembangan media pembelajaran board game Who Is It dalam materi keberagaman budaya mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 300–314. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4190
Subhaktiyasa, P. G., Candrawati, S. A. K., Sumaryani, N. P., Sunita, N. W., & Syakur, A. (2025). Penerapan statistik deskriptif: Perspektif kuantitatif dan kualitatif. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 14(1), 96–104.
Supriyati, I. (2020). Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII MTsN 4 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 104–116. https://core.ac.uk/download/pdf/289713771.pdf
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep penelitian kuantitatif: Populasi, sampel, dan analisis data (sebuah tinjauan pustaka). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1
Syamsuddin, N. (2021). Model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(3), 247–254. https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/158
Syamsuddin, N., & Kamal, H. (2024). Tathwir wasilah ta'lim al-lughah al-‘arabiyyah al-tafa'uliyyah 'ala asas al-lu'bah al-ta'limiyyah Quizizz fi madah al-mubtada' wa al-khabar li tullab al-saff al-'ashir bi al-madrasah al-'aliyah al-hukumiyyah Palopo. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 7(1), 29–41. https://doi.org/10.24256/jale.v7i1.5099
Takwim, M., Said, R., & Murdiati, M. (2021). Penerapan metode permainan domino dalam pembelajaran kosakata pada santri Taman Pendidikan Al Quran TPA Al Furqon Mario Baebunta Luwu Utara. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.24256/jale.v4i1.2505
Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.
Widyastuti, S. R. (2022). Pengembangan skala Likert untuk mengukur sikap terhadap penerapan penilaian autentik siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama'ah, 3(2), 67–75. https://doi.org/10.52188/ja.v3i02.393
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ummul Syafiah, Aishiyah Saputri Laswi, Naidin Syamsuddin, Putri Rahayunengsi, Asmaul Husna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.