TPACK Terintegrasi Tri N Berbantuan Media Poster Digital dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan technology pedagogical content knowledge terintegrasi ajaran Tri N (niteni, niroke, nambahi) berbantuan media poster digital dalam mengembangkan kreativitas siswa SD. Implementasi pembelajaran dilaksanakan pada mata pelajaran SBdP terintegrasi dengan IPA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diteliti berjumlah 18 siswa kelas VI SD. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan media poster digital melalui pendekatan TPACK terintegrasi ajaran Tri N membuat siswa mempunyai sikap kreativitas yang tinggi sehingga mampu menciptakan karya inovatif yang dapat memberikan bekal bagi siswa supaya mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.
Downloads
References
Adyastri, Y. S., Hartini, S., Agungbudiprabowo, A., & Siswanti, R. (2022). Instagram Sebagai Media Substitusi Papan Bimbingan Untuk Generasi Z. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3808-3814. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6074
Andayani, A. S., Subekti, H., & Sari, D. A. P. (2021). Relevansi konsep niteni, nirokke, nambahi dari ajaran Ki Hajar Dewantara dalam konteks pembelajaran sains. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(1), 1-6.
Berlian, L., Syarifudin, E., Suherman, N. M., & Rahmaniasan, V. 2016. “Pengembangan LKS Berbasis Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Sistem Di Tubuhku Yang Berorientasi Terhadap Sikap Ilmiah Siswa.” 08:1–23. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8053
Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan poster infogrfis. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27-41. http://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.183.
Dwi, D. R. K., Badruttamam, C. A., & Hamidah, A. (2023). Sosialisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Media Poster Digital Terhadap Sikap Intoleransi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 155-162.
Fajero, T., Festiawan, R., Anggraeni, D., & Budi, D. R. (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 342-353. https://doi.org/10.5281/zenodo.4914831
Farikah, F., & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological pedagogical and content knowledge (TPACK): the students’ perspective on writing class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190-199. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303
Irawan, A. F. (2022). Efektivitas Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. SNHRP, 4, 985-990.
Karimah, R. L., Alfi, C. Universitas Nahdlatul, and Ulama Blitar. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (Siswa Kelas V UPT SDN Jatitengah 01 Kabupaten Blitar).” 08(1).
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.
Lazuardi, A. B., Pranasa, R. K., Nata, I. G. A. K., Yasa, I. N. M., & Hidayat, I. (2023). Pelatihan Teknik dan Isi Pesan dalam Poster Digital. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, 2(2), 423-432. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i2.327
Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N. ., Huda, M. ., Na’im, H. ., Kusuma, R. A. ., & Munahefi, D. N. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88
Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 11(2), 101–116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897
Pardimin, Nisa, A. F. ., & Hikmah , N. . (2023). Learning Design Innovation Based on Tri N and STEAM in Developing 21st Century Skills for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(2), 187–194. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i2.52903
Pramesti, W. A., & Rahmanelli, R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Poster Digital Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPA di SMAN Purwodadi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 6075–6082. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5563
Purwanti, C. I., & Fanani, A. (2024). Pengembangan Media Digital Interaktif pendukung Kelompok Kinestetik pada Materi perubahan Wujud Benda Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 201-210. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3591
Purwati, P. D., Azzahra, A., Bestari, S. K., Ramadhani, N. L., Ardiansyah, D. R., Maharani, D. S., ... & Chairunisa, S. O. (2024). Desain Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Cahya Ghani Recovery.
Putri, K. S. S. A., Ekasriadi, I. A. A., & Dwipayana, I. K. A. (2023). Variasi Media Pembelajaran Berbasis TPACK yang Digunakan Mahasiswa PPG dalam Jabatan K1 G2 Bahasa Indonesia di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 66-74. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.66473
Rahmawati, D., Nisa, A., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335
Sahidin, L., Kadir, Salim, & Pradjono, R. (2022). Eksplorasi TPACK dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 212–227. https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.15
Sasmita, L., & Prayudi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 3(1), 36-46. https://doi.org/10.59584/jundikma.v3i1.68
Sihotang, S. F., Mazaly, M. R., & Khairani, K. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membuat Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 3(2), 40-49. https://doi.org/10.53620/pay.v3i2.110
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Utama, E., Rochmiyati, S. (2024). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi Ajaran Tri N Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol. 9 No. 2 (2024): Volume 09 No. 2 Juni 2024 In Press. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12390
Zainuddin, M., Saifudin, A., Lestariningsih, L., & Nahdiyah, U. (2022). Pengembangan Big Book dengan Model TPACK dalam meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis Anak SD. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(3), 770-777. http://dx.doi.org/10.28926/bril iant.v7i3.1045
Zainurroyyan, Makarim, C., & Siti Rosidah, N. . (2022). Pengaruh Media Poster Comment Digital Terhadap Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fiqih Berbasis Proyek. KOLONI, 1(3), 103–109. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.130
Copyright (c) 2024 Fitri Dwi Ningsih, Ana Fitrotun Nisa, Insanul Qisti Bariyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.