TPACK Terintegrasi Tri N Berbantuan Media Poster Digital dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

  • Fitri Dwi Ningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Insanul Qisti Bariyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: TPACK, Media Poster Digital, Tri N, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan technology pedagogical content knowledge terintegrasi ajaran Tri N (niteni, niroke, nambahi) berbantuan media poster digital dalam mengembangkan kreativitas siswa SD. Implementasi pembelajaran dilaksanakan pada mata pelajaran SBdP terintegrasi dengan IPA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diteliti berjumlah 18 siswa kelas VI SD. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan media poster digital melalui pendekatan TPACK terintegrasi ajaran Tri N membuat siswa mempunyai sikap kreativitas yang tinggi sehingga mampu menciptakan karya inovatif yang dapat memberikan bekal bagi siswa supaya mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyastri, Y. S., Hartini, S., Agungbudiprabowo, A., & Siswanti, R. (2022). Instagram Sebagai Media Substitusi Papan Bimbingan Untuk Generasi Z. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3808-3814. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6074

Andayani, A. S., Subekti, H., & Sari, D. A. P. (2021). Relevansi konsep niteni, nirokke, nambahi dari ajaran Ki Hajar Dewantara dalam konteks pembelajaran sains. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(1), 1-6.

Berlian, L., Syarifudin, E., Suherman, N. M., & Rahmaniasan, V. 2016. “Pengembangan LKS Berbasis Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Sistem Di Tubuhku Yang Berorientasi Terhadap Sikap Ilmiah Siswa.” 08:1–23. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8053

Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan poster infogrfis. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27-41. http://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.183.

Dwi, D. R. K., Badruttamam, C. A., & Hamidah, A. (2023). Sosialisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Media Poster Digital Terhadap Sikap Intoleransi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 155-162.

Fajero, T., Festiawan, R., Anggraeni, D., & Budi, D. R. (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 342-353. https://doi.org/10.5281/zenodo.4914831

Farikah, F., & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological pedagogical and content knowledge (TPACK): the students’ perspective on writing class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190-199. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303

Irawan, A. F. (2022). Efektivitas Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. SNHRP, 4, 985-990.

Karimah, R. L., Alfi, C. Universitas Nahdlatul, and Ulama Blitar. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (Siswa Kelas V UPT SDN Jatitengah 01 Kabupaten Blitar).” 08(1).

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.

Lazuardi, A. B., Pranasa, R. K., Nata, I. G. A. K., Yasa, I. N. M., & Hidayat, I. (2023). Pelatihan Teknik dan Isi Pesan dalam Poster Digital. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, 2(2), 423-432. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i2.327

Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N. ., Huda, M. ., Na’im, H. ., Kusuma, R. A. ., & Munahefi, D. N. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88

Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 11(2), 101–116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897

Pardimin, Nisa, A. F. ., & Hikmah , N. . (2023). Learning Design Innovation Based on Tri N and STEAM in Developing 21st Century Skills for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(2), 187–194. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i2.52903

Pramesti, W. A., & Rahmanelli, R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Poster Digital Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPA di SMAN Purwodadi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 6075–6082. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5563

Purwanti, C. I., & Fanani, A. (2024). Pengembangan Media Digital Interaktif pendukung Kelompok Kinestetik pada Materi perubahan Wujud Benda Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 201-210. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3591

Purwati, P. D., Azzahra, A., Bestari, S. K., Ramadhani, N. L., Ardiansyah, D. R., Maharani, D. S., ... & Chairunisa, S. O. (2024). Desain Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Cahya Ghani Recovery.

Putri, K. S. S. A., Ekasriadi, I. A. A., & Dwipayana, I. K. A. (2023). Variasi Media Pembelajaran Berbasis TPACK yang Digunakan Mahasiswa PPG dalam Jabatan K1 G2 Bahasa Indonesia di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 66-74. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.66473

Rahmawati, D., Nisa, A., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Sahidin, L., Kadir, Salim, & Pradjono, R. (2022). Eksplorasi TPACK dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 212–227. https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.15

Sasmita, L., & Prayudi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 3(1), 36-46. https://doi.org/10.59584/jundikma.v3i1.68

Sihotang, S. F., Mazaly, M. R., & Khairani, K. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membuat Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 3(2), 40-49. https://doi.org/10.53620/pay.v3i2.110

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Utama, E., Rochmiyati, S. (2024). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi Ajaran Tri N Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol. 9 No. 2 (2024): Volume 09 No. 2 Juni 2024 In Press. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12390

Zainuddin, M., Saifudin, A., Lestariningsih, L., & Nahdiyah, U. (2022). Pengembangan Big Book dengan Model TPACK dalam meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis Anak SD. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(3), 770-777. http://dx.doi.org/10.28926/bril iant.v7i3.1045

Zainurroyyan, Makarim, C., & Siti Rosidah, N. . (2022). Pengaruh Media Poster Comment Digital Terhadap Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fiqih Berbasis Proyek. KOLONI, 1(3), 103–109. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.130

Published
15-08-2024
How to Cite
Ningsih, F. D., Nisa, A. F., & Bariyah, I. Q. (2024). TPACK Terintegrasi Tri N Berbantuan Media Poster Digital dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 589-597. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4085
Section
Regular Articles