Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Topik Metamorfosis di SD Negeri 9 Sumerta Denpasar Bali
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6246Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop-Up Book, IPAS, Metamorfosis, ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan minimnya media pembelajaran yang menarik dan berkualitas di jenjang sekolah dasar khususnya pada topik Metamorfosis. Oleh karena itu diperlukan sebuah penelitian pengembangan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang menarik dan berkualitas yaitu pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPAS topik Metamorfosis, 2) menganalisis validitas dan kepraktisan media pop-up book dan 3) menganalisis respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pop-up book dalam pembelajaran mata pelajaran IPAS topik Metamorfosis. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sumerta Denpasar dan SD Negeri 9 Sumerta Denpasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli materi, ahli media, lembar kepraktisan dan angket respon siswa yang sudah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan sudah memenuhi syarat validitas materi (skor 100%), validitas media (skor 97,7%) dan juga kepraktisan (skor 98%). Selain itu angket respon siswa menyatakan bahwa respon siswa sangat baik terhadap penggunaan media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan peneliti dalam pembelajaran IPAS topik Metamorfosis.
Downloads
References
Arikunto. (2010). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayuri, A., Darmawati, G., Derta, S., & Annas, F. (2023). Rancang bangun media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan construct 2 pada mata pelajaran tik di smpn 03 sungai pua. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1334-1340. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.7262
Azzahra, M. D., & Hadi, M. S. (2025). Studi Literatur Penggunaan Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2464-2469. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7174
Fais, M. Z., Listyarini, I., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26-30. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097
Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia, 5(2), 1341-1351. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.620
Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800-1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207
Imam, K., & Kurniawan, A. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Elementary Education Journal, 2(2), 77-83. https://doi.org/10.53088/eej.v2i2.896
Jannah, A. R., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media pop up book untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 1-17. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.10
Kamila, U. S. (2023). Penerapan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPAS Materi Ayo Berkenalan Dengan Bumi Kita Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Kalirejo. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1872-1882. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7610
Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal edutech Undiksha, 6(2), 212-221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294
Meylovia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84-91. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.128
Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian journal of primary education, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Mullisi, F. A., & Sumadi, C. D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Potensi Garam Pamekasan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 790-804. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20133
Mulyasari, R., & Doly, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model ADDIE (Sekolah Dasar). Jurnal Genta Mulia, 14(1). https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.698
Najib, M., Munir, M., & Prasetyo, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 16-33. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.14760
Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan media pop-up book untuk mata pelajaran ipa bab siklus air dan peristiwa alam sebagai penguatan kognitif siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115-120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115
Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain pembelajaran statistika terapan berbasis kasus berkualitas baik (valid, praktis, dan efektif) untuk mahasiswa pendidikan matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105-119. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.951
Rahayu, N. W. G. W., Suparta, I. N., & Parwati, N. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berorientasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aritmatika Sosial. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 68-78. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.792
Saputri, I. A., Chan, F., & Khoirunnisa. (2025). Pemanfaatan media pop-up book untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa materi ragam bentang alam kelas IV SDN 14/I Sungai Baung. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 11(1), 572–590. https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i1.4480
Saragih, D. M., Siregar, N., & Butar-butar, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Mentimeter (PPT, WORD CLOUD) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 5(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i3.1553
Wijaya, I. K. W. B., Yasa, I. M. W., & Wahyuni, N. N. T. (2023). Aplikasi Konsep Pembelajaran Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Sekolah Dasar (SD). Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2574-2581. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2168
Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7
Yasa, I. M. W., Wijaya, I. K. W. B., Supadmini, N. K., Aryana, I. M. P., & Hana, N. D. (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Adi Widya Pasraman Di Provinsi Bali Dengan Model Evaluasi Context Input Process Product (CIPP). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 877-887. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2850
Zumra, A. A., & Rahmi, L. (2024). Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book pada materi simbol dan bunyi sila Pancasila. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 129–142. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i4.3696
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Wayan Putri Kusuma Andari, Ni Nyoman Mariani, I Komang Wisnu Budi Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.