Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah (Studi Multi Situs pada SMP Negeri 2 Alalak dan SMP Negeri 4 Alalak Kabupaten Barito Kuala)
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5527Keywords:
Implementasi, Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Studi Multi SitusAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru, serta memberikan kontribusi dalam merumuskan strategi efektif dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik oleh kepala sekolah yang diamati secara mendalam dengan tiga fokus penelitian; (1) perencanaan supervisi akademik kepala sekolah; (2) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah; (3) tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah pada SMP Negeri 2 Alalak dan SMP N egeri 4 Alalak. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan rancangan penelitian multi situs. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan melalui kepala sekolah, dewan guru dan staf tata laksana di sekolah, kehadiran peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian. Pengumpulan data didapat dengan metode penelitian wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data tunggal dan analisis lintas situs. Uji keabsahan data yang dilakukan berupa uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependability, uji confirmability. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu; tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Tahap perencanaan supervisi akademik di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 4 Alalak dilakukan oleh kepala sekolah secara kolaboratif bersama guru dengan berpedoman pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) berdasarkan hasil dari raport pendidikan masing-masing sekolah, (2) Pelaksanaan supervisi akademik di SMP Negeri 2 Alalak dan SMP Negeri 4 Alalak dilakukan secara terencana, sistematis, dan berfokus pada pengembangan profesional guru, hal ini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, (3) Tahap tindak lanjut dalam supervisi akademik di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 4 Alalak dilakukan dengan mendengarkan perspektif guru mengenai kendala dalam pembelajaran, yang memberikan rasa dihargai dan memotivasi guru untuk berkembang.
Downloads
References
Amanda, N., & Mustofa, T. A. (2024). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP Al-Islam Kartasura. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1701-1710. https://doi.org/10.58230/27454312.678
Anissyahmai, A., Rohiat, R., & Juarsa, O. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(1). https://doi.org/10.33369/mapen.v11i1.3201
Arifin, J. (2022). Implementasi Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Kompetensi Profesional Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3850-3857. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.918
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Ayubi, U. Y., Syahmuntaqy, M. T., & Prayoga, A. (2020). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik. Manazhim, 2(2), 118-130. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.706
Danial, A., Mumu, M., & Nurjamil, D. (2022). Model Supervisi Akademik Berbasis Digital Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1514-1521. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3922
Evanofrita, E., Rifma, R., & Nellitawati, N. (2020). Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di sekolah luar biasa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 217-229. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3772
Indriani, R., Sudrajat, A., & Karyana, K. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 192-199. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.148
Kohar, D. A., Abdullah, A., Destian, I., Jahari, J., & Erihadiana, M. (2024). Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Sekolah, Faktor Pendukung Dan Penghambatnya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 695-705. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8147
Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106-114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158
Marhawati, B. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 71-76.
Novianti, H. (2015). Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2). https://doi.org/10.33369/mapen.v9i2.1130
Nurfatah, N., & Rahmad, N. (2018). Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 137-148. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1585
Putri, A. M., & Soedarmo, U. R. (2019). Peningkatan Mutu Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 253-258. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i2.1919
Safitri, A., & Mujiati, M. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2215
Shofwani, S. A., Raharjo, T. J., & Arief, S. (2024). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 1 Kabupaten Rembang. Scientia, 3(2). https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.274
Suchyadi, Y., Mirawati, M., Anjaswuri, F., & Destiana, D. (2022). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 067-074. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.6155
Suciati, A. R., & Inayati, N. L. (2024). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2023/2024. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1889-1900. https://doi.org/10.58230/27454312.598
Sunaedi, A., & Rudji, H. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL), 3(02), 1-17. https://doi.org/10.56338/jemil.v2i2.4052
Ulfah, V. T., Santoso, Y., Rifma, R., & Ermita, E. (2021). Komparasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMKN 1 Padang Gelugur dengan SMKN 1 Rao Selatan. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 236-242. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.168
Yunus, M., Zohriah, A., & Fauzi, A. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 7(1), 1-20. https://doi.org/10.24256/kelola.v7i1.1825
Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230-244. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.