Perilaku dan Pengembangan Organisasi Pendidikan (Cross Cultural and Global Approaches to Change Management)

  • Irwan Irwan Universitas Nageri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Universitas Negeri Padang
  • Rusdinal Rusdinal Universitas Negeri Padang
Keywords: Perilaku, Pengembangan, Organisasi, Manajemen Perubahan

Abstract

Pengembangan organisasi merupakan upaya mengubah perilaku orang dan sistem organisasi agar dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih baik. Manajemen perubahan penting sebagai pengontrol yang mempengaruhi perubahan dalam organisasi sehingga mampu mengatasi perubahan yang terjadi. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perkembangan organisasi pendidikan dan urgensinya, strategi pengembangan organisasi pendidikan, perilaku organisasi, dan manajemen perubahan. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature review atau tinjauan pustaka. Strategi pengembangan organisasi yang baik adalah strategi yang dapat menyesuaikan dengan empat hal, yaitu misi organisasi, kompetensi pegawai, kapasitas pegawai, dan lingkungan organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, U., Hendri, Rusdinal, & Gistituati, N. (2021). Perilaku dan Pengembangan Organisasi Pendidikan Review Disain Intvensi. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4); 1543-1549. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.605

Baharuddin. (2012). Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Menuju Pengelolaan Profesional dan Kompetitif. Malang: UIN-Maliki Press.

Barnard, M. & Stool, N. (2010). Organisational Change Management: A Rapid Literature Review. Short Policy. Founded by Department for Education. University of Bristol-United Kingdom.

Duha, T. (2018). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.

Firdaus, A. M. (2019). Application of cooperative learning model type Think Pair Share (TPS) on mathematical communication ability. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 59-68. DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v7i1.8846

Handoko, T. H. (2012). Manajemen dalam berbagai Spesifik. Jakarta: Erlangga.

Latar, B. (2020). Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara. 1(2); 75-84.

Muchlas, M. (2007). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prasetyo, M. A. M. 2018. Peranan Perilaku Organisasi dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan. 2(1); 80-101. DOI: https://doi.org/10.47766/idarah.v2i1.267

Purnomo, S. A. (2019). Pengembangan Organisasi dan Organisasi yang Sehat: Kreatifitas, Strategi Serta Tantangan Sekolah. Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah. 1(2); 261-270.

Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Rifa’I, M. (2017). Pengelolaan Terhadap Perubahan dan Perkembangan Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman. 1(2); 54-68.

Robbins, S. P., dan Judge, T. A. (2012). Essentials of Organizatioaln Behavior. London: Pearson Education Inc.

Sagala, S. (2016). Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan. Jakarta Timur: Prenada Media.

Triatna, C. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wibowo. (2011). Budaya Organisasi: Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: Rajawali Pers.

Wijaya, C. (2017). Perilaku Organisasi. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Winardi. (2015). Manajemen Perilaku Organisasi. Medan: Prenada Media.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Published
01-12-2021
How to Cite
Irwan, I., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Perilaku dan Pengembangan Organisasi Pendidikan (Cross Cultural and Global Approaches to Change Management). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 582-587. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1276
Section
Regular Articles