Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara

  • Abd. Rahim Ruspa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Model Inquiri, Karangan Eksposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posstest). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Sabbang sebelum diterapkan model Inquiri berada pada kategori rendah, sedangkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang setelah diterapkan model Inquiri berada pada kategori tinggi. Jadi, setelah menerapkan model pembelajaran Inquiri dalam menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Sabbang efektif digunakan. Hasil SPSS Ver 20 menyimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada perbedaan rata-rata nilai sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inquiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayungtias, E. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri di Tinjau dari Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Djumingin, S. (2011). Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Berbasis Komputer. Yogyakarta: BPFE.

Rusman. (2017). Model-model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis. Bandung: Angkasa.

Zainurrahman. (2013). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Published
2019-09-21
How to Cite
Ruspa, A. R. (2019). Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 210-220. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.7