Implementasi Program Pengembangan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Membentuk Karakter Disiplin Positif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Zuliana Zuliana Universitas Negeri Semarang
  • Reni Pawestuti Ambari Sumanto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6322

Keywords:

Implementasi, Program Pengembangan 7 Kebiasaan, Anak Indonesia Hebat, Karakter Disiplin Positif, Anak Usia Dini

Abstract

Urgensi penelitian ini yaitu adanya fenomena keterlambatan berulang pada beberapa anak di TK Pertiwi 45 Kalisegoro. Penelitian ini bertujuan 1. menggambarkan implementasi program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat 2. Menganalisis kebiasaan yang muncul pasca program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat 3. Faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter disiplin positif pada anak usia dini. Pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, berfokus  pengalaman subjektif informan, yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan tiga orang tua. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data  meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat berjalan efektif, terintegrasi dalam operasional sekolah, dan berhasil menumbuhkan prubahan positif pada anak sesuai konsep disiplin positif Thomas Lickona. Sinergi orang tua menjadi faktor pendukung utama. Namun, inkonsistensi kebiasaan di rumah, terutama terkait bangun pagi dan persiapan sekolah, menjadi penghambat signifikan dalam mengatasi masalah keterlambatan. keberhasilan maksimal program ini membutuhkan dukungan konsisten dari seluruh pihak, khususnya keluarga, agar dampak positifnya terasa menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, I. P., & Tamba, K. P. (2020). Penerapan disiplin positif dalam pembelajaran ditinjau melalui perspektif kristen [positive discipline in learning reviewed through a christian perspective]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 216-234. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2101

Alifah, L., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Implementasi metode pembiasaan berkata tolong, maaf, terimakasih untuk pembentukkan karakter pada anak 5-6 tahun di TK Islam Dzakra Lebah Madu. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 4(3), 390-403. https://10.31604/ptk.v4i3.390-403

Ardina, M., & Qalbi, Z. (2021). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking pada Mata Kuliah Neurosains di Abad 21. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 145-153.. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1165

Firdausi, F. (2023). Peran Guru Melalui Pembiasaan Perilaku dalam Media Buku ‘Halo Balita’untuk Penanaman Karakter Religius. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 281-287. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.520

Gunartati, G., & Kurniawan, D. (2021). Implementasi Disiplin Positif Anak Usia Dini Oleh Pendidik Kb Bintang Mulia Krekah Gilangharjo Pandak Bantul. Jendela PLS, 6(1), 34-43. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3060

Idris, M. H., & Pd, M. (2023). Menumbuhkan Generasi Bangsa: Perkembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Implementasi Disiplin Positif dalam Lingkungan Belajar di BKB PAUD HIU. Al Qalam, 11(2).

Jariah, A., Fujiaturrahman, S., & Muhdar, S. (2024). The Digital Era: Transformation of Elementary School Students' Character through Social Media Interaction. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 11(1), 200-213. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v11i1.16992

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

May, M. (2024). Penerapan disiplin positif dalam pembentukan karakter anak di sekolah dasar. JURNAL SUNETOS, 1(1), 1-12. https://orcid.org/0000-0002-1185-5026

Mouwn, E. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).

Nur, A., & Malli, R. (2022). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(01), 83-97.

Prasetyo, A. S. (2023). Internalisasi nilai di zi gui–pendidikan karakter melalui disiplin positif dalam proses pembelajaran. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 118-130. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.148

Rahmatika, A., Manurung, A. A., & Ramadhani, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan empati anak usia dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(3), 122-130. https://doi.org/10.56211/sudo.v2i3.330

Samad, Y. E., & Musi, M. A. (2025). Penerapan Disiplin Positif Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 3(2), 102-114. https://doi.org/10.59024/jipa.v3i2.1143

Shunhaji, A., Sari, W. D., & Komalasari, R. (2021). Pembiasaan Positif dan Keteladanan di TK Tadika Puri Jakarta Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 117-125. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i01.156

Sinulingga, N. N. (2025). Membangun Karakter Sehat dan Berakhlak Mulia melalui 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 109-131. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v9i1.2941

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Sutikno, A. Y. W., & Triyono, M. (2019). Analisis Penerapan Disiplin Positif pada Guru SD Pinggiran dan Terpencil di Kabupaten Sorong. Jurnal Citizen Education, 1(1), 44–55.

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100

Ulya, N., & Maemonah, M. (2022). Implementasi FIlsafat Perenialisme dalam Kurikulum 2013 pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 9(2), 1-12. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8885

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan keluarga terhadap perkembangan karakter disiplin anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777-1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Winangsih, W., Yuniarti, L., & Aprianti, E. (2018). Meningkatkan sikap empati melalui metode mendongeng pada anak usia dini. Ceria (cerdas energik responsif inovatif adaptif), 1(3), 42-47. https://dx.doi.org/10.22460/ceria.v1i3.p42-47

Yusnita, N. C., & Muqowim, M. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116-126. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.%25p

Published

2025-06-30

How to Cite

Zuliana, Z., & Sumanto, R. P. A. (2025). Implementasi Program Pengembangan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Membentuk Karakter Disiplin Positif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 860–872. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6322

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.