Implementasi Program Pengembangan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Membentuk Karakter Disiplin Positif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6322Keywords:
Implementasi, Program Pengembangan 7 Kebiasaan, Anak Indonesia Hebat, Karakter Disiplin Positif, Anak Usia DiniAbstract
Urgensi penelitian ini yaitu adanya fenomena keterlambatan berulang pada beberapa anak di TK Pertiwi 45 Kalisegoro. Penelitian ini bertujuan 1. menggambarkan implementasi program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat 2. Menganalisis kebiasaan yang muncul pasca program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat 3. Faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter disiplin positif pada anak usia dini. Pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, berfokus pengalaman subjektif informan, yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan tiga orang tua. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat berjalan efektif, terintegrasi dalam operasional sekolah, dan berhasil menumbuhkan prubahan positif pada anak sesuai konsep disiplin positif Thomas Lickona. Sinergi orang tua menjadi faktor pendukung utama. Namun, inkonsistensi kebiasaan di rumah, terutama terkait bangun pagi dan persiapan sekolah, menjadi penghambat signifikan dalam mengatasi masalah keterlambatan. keberhasilan maksimal program ini membutuhkan dukungan konsisten dari seluruh pihak, khususnya keluarga, agar dampak positifnya terasa menyeluruh.
Downloads
References
Aji, I. P., & Tamba, K. P. (2020). Penerapan disiplin positif dalam pembelajaran ditinjau melalui perspektif kristen [positive discipline in learning reviewed through a christian perspective]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 216-234. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2101
Alifah, L., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Implementasi metode pembiasaan berkata tolong, maaf, terimakasih untuk pembentukkan karakter pada anak 5-6 tahun di TK Islam Dzakra Lebah Madu. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 4(3), 390-403. https://10.31604/ptk.v4i3.390-403
Ardina, M., & Qalbi, Z. (2021). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking pada Mata Kuliah Neurosains di Abad 21. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 145-153.. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1165
Firdausi, F. (2023). Peran Guru Melalui Pembiasaan Perilaku dalam Media Buku ‘Halo Balita’untuk Penanaman Karakter Religius. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 281-287. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.520
Gunartati, G., & Kurniawan, D. (2021). Implementasi Disiplin Positif Anak Usia Dini Oleh Pendidik Kb Bintang Mulia Krekah Gilangharjo Pandak Bantul. Jendela PLS, 6(1), 34-43. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3060
Idris, M. H., & Pd, M. (2023). Menumbuhkan Generasi Bangsa: Perkembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Implementasi Disiplin Positif dalam Lingkungan Belajar di BKB PAUD HIU. Al Qalam, 11(2).
Jariah, A., Fujiaturrahman, S., & Muhdar, S. (2024). The Digital Era: Transformation of Elementary School Students' Character through Social Media Interaction. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 11(1), 200-213. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v11i1.16992
Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
May, M. (2024). Penerapan disiplin positif dalam pembentukan karakter anak di sekolah dasar. JURNAL SUNETOS, 1(1), 1-12. https://orcid.org/0000-0002-1185-5026
Mouwn, E. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Nur, A., & Malli, R. (2022). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(01), 83-97.
Prasetyo, A. S. (2023). Internalisasi nilai di zi gui–pendidikan karakter melalui disiplin positif dalam proses pembelajaran. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 118-130. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.148
Rahmatika, A., Manurung, A. A., & Ramadhani, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan empati anak usia dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(3), 122-130. https://doi.org/10.56211/sudo.v2i3.330
Samad, Y. E., & Musi, M. A. (2025). Penerapan Disiplin Positif Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 3(2), 102-114. https://doi.org/10.59024/jipa.v3i2.1143
Shunhaji, A., Sari, W. D., & Komalasari, R. (2021). Pembiasaan Positif dan Keteladanan di TK Tadika Puri Jakarta Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 117-125. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i01.156
Sinulingga, N. N. (2025). Membangun Karakter Sehat dan Berakhlak Mulia melalui 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 109-131. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v9i1.2941
Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.
Sutikno, A. Y. W., & Triyono, M. (2019). Analisis Penerapan Disiplin Positif pada Guru SD Pinggiran dan Terpencil di Kabupaten Sorong. Jurnal Citizen Education, 1(1), 44–55.
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100
Ulya, N., & Maemonah, M. (2022). Implementasi FIlsafat Perenialisme dalam Kurikulum 2013 pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 9(2), 1-12. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8885
Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan keluarga terhadap perkembangan karakter disiplin anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777-1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Winangsih, W., Yuniarti, L., & Aprianti, E. (2018). Meningkatkan sikap empati melalui metode mendongeng pada anak usia dini. Ceria (cerdas energik responsif inovatif adaptif), 1(3), 42-47. https://dx.doi.org/10.22460/ceria.v1i3.p42-47
Yusnita, N. C., & Muqowim, M. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116-126. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.%25p
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zuliana Zuliana, Reni Pawestuti Ambari Sumanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.