Analisis Minat Dan Bakat Peserta Didik Kelas 4B SDN 043 Cimuncang Terhadap Profesi yang Relevan Di Era Society 5.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan bakat peserta didik kelas 4B di SDN 043 Cimuncang terhadap profesi yang relevan di era society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan wali kelas dan angket yang diisi oleh peserta didik kelas 4B SDN 043 Cimuncang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Mayoritas hobi (minat dan bakat) peserta didik sebelum pandemi Covid-19 adalah berenang sebanyak 9 peserta didik sementara hobi (minat dan bakat) peserta didik selama pandemi Covid-19 adalah main game dan menggambar sebanyak 5 peserta didik; 2) Profesi yang diminati peserta didik memilih menjadi TNI sebanyak 6 peserta didik; 3) 61,5% peserta didik mengalami kesulitan dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Diantara kesulitan tersebut seperti konsentrasi belajar yang tidak fokus, biaya pendidikan yang mahal, pesimis dengan situasi dan kondisi di masa pandemi Covid-19, tidak punya mentor belajar, dan tidak adanya waktu untuk mengambangkan minat dan bakat; 4) 69,2% peserta didik mengetahui mengenai pengetahuan dan informasi dunia profesi dari orang tua
Downloads
Metrics
References
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28.
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. hGladden, M. E. (2019). Who will be the members of society 5.0? Towards an anthropology of technologically posthumanized future societies. Socai Science, 8(5), 148.
Gladden, M. E. (2019). Who will be the members of society 5.0? Towards an anthropology of technologically posthumanized futttps://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23ure societies. Socai Science, 8(5), 148.
Magdalena, I., Septina, Y., Az-zahra, R., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 278–287.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usmaedi. (2021). Educatiom Curiculum for Society 5,0 to The next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79.
Lena, I. M., Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-28.
Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.
Suciana, N. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik Di Sd Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 84-103.
Rachman, R., & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 4(2), 90-97.
Suciana, N. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik Di Sd Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 84-103.
Rachman, R., & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 4(2), 90-97.
Suciana, N. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik Di Sd Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 84-103.
Utomo, A., Kurniawan, A. R., Chan, F., Juliani, T., Riski, R. D., & Ismaini, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 166-173.
Copyright (c) 2022 Dhafi Khanesa, Salsabilla Amartya Putri , Muh. Husen Arifin, Yona Wahyuningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.