Analisis Minat Dan Bakat Peserta Didik Kelas 4B SDN 043 Cimuncang Terhadap Profesi yang Relevan Di Era Society 5.0

  • Dhafi Khanesa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salsabilla Amartya Putri
  • Muh. Husen Arifin
  • Yona Wahyuningsih
Keywords: Minat dan Bakat, Peserta Didik, Profesi Relevan, Era Society 5.0, Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan bakat peserta didik kelas 4B di SDN 043 Cimuncang terhadap profesi yang relevan di era society 5.0. Metode penelitian  yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan wali kelas dan angket yang diisi oleh peserta didik kelas 4B SDN 043 Cimuncang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Mayoritas hobi (minat dan bakat) peserta didik sebelum pandemi Covid-19 adalah berenang sebanyak 9 peserta didik sementara hobi (minat dan bakat) peserta didik selama pandemi Covid-19 adalah main game dan menggambar sebanyak 5 peserta didik; 2) Profesi yang diminati peserta didik memilih menjadi TNI sebanyak 6 peserta didik; 3) 61,5% peserta didik mengalami kesulitan dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Diantara kesulitan tersebut seperti konsentrasi belajar yang tidak fokus, biaya pendidikan yang mahal, pesimis dengan situasi dan kondisi di masa pandemi Covid-19, tidak punya mentor belajar, dan tidak adanya waktu untuk mengambangkan minat dan bakat; 4) 69,2% peserta didik mengetahui mengenai pengetahuan dan informasi dunia profesi dari orang tua

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. hGladden, M. E. (2019). Who will be the members of society 5.0? Towards an anthropology of technologically posthumanized future societies. Socai Science, 8(5), 148.

Gladden, M. E. (2019). Who will be the members of society 5.0? Towards an anthropology of technologically posthumanized futttps://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23ure societies. Socai Science, 8(5), 148.

Magdalena, I., Septina, Y., Az-zahra, R., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 278–287.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usmaedi. (2021). Educatiom Curiculum for Society 5,0 to The next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79.

Lena, I. M., Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-28.

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.

Suciana, N. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik Di Sd Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 84-103.

Rachman, R., & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 4(2), 90-97.

Suciana, N. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik Di Sd Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 84-103.

Rachman, R., & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 4(2), 90-97.

Suciana, N. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik Di Sd Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 84-103.

Utomo, A., Kurniawan, A. R., Chan, F., Juliani, T., Riski, R. D., & Ismaini, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 166-173.

Published
14-03-2022
How to Cite
Khanesa, D., Putri , S. A., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Analisis Minat Dan Bakat Peserta Didik Kelas 4B SDN 043 Cimuncang Terhadap Profesi yang Relevan Di Era Society 5.0. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 141-152. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1580
Section
Articles