Pengembangan Model Pembelajaran SAVI Berbasis Budaya Melayu Langkat untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Kepedulian Sosial Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6257Keywords:
Pengembangan, Model Pembelajaran SAVI, Budaya Melayu Langkat, Rasa Cinta Tanah Air, Kepedulian Sosial SiswaAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya penanaman rasa cinta tanah air dan kepedulian sosial untuk meningkatkan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbasis lokal, khususnya budaya Melayu Langkat. Penelitian menggunakan metodologi pengembangan (Research and Development/R&D). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan 4D yang memiliki 4 tahapan, yaitu: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Dessiminate (penyebaran).. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Langkat. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa model yang dikembangkan tergolong sangat valid dan layak digunakan. Uji kepraktisan oleh guru juga menunjukkan bahwa model ini mudah diterapkan dalam pembelajaran tematik. Implementasi model dengan integrase unsur budaya Melayu Langkat menunjukkan antusiasme tinggi siswa baik secara fisik, emosional dan intelektual, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap nilai-nilai budaya. Model ini terbukti menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sosialnya melalui pembelajaran kontekstual dan bermakna. Dengan demikian, model pembelajaran SAVI berbasis budaya Melayu Langkat efektif diterapkan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat membentuk karakter siswa sejak usia dini melalui integrasi antara kearifan lokal dan pendekatan gaya belajar yang aktif.
Downloads
References
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105-113. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467
Dewi, A. T. Y. R., & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 40-49. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577
Ekawati, M., & Amir, N. Q. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terpadu dan Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(1), 44–51. https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.433
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68-77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Ghufroni, G., & Dewi, M. R. (2019). Pengembangan bahan ajar bermain drama dengan model pembelajaran SAVI pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(1), 31-46. https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.80
Hadijah, S., Eviyanti, C. Y., & Aulia, L. (2019). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis budaya melayu. Numeracy, 6(2), 172-180. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.471
Harjanto, A., Rustandi, A., & Caroline, J. A. (2022). Implementasi Model Pengembangan 4D Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasi Online Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 7 Samarinda. Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 5(2), 1-12.
Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 210-224. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.162
Kusumawati, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dengan Model Pembelajaran SAVI pada Mata Pelajaran IPA di SDN Mangkujayan I Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 217-224. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11789
Lestari, M. R. D. W., Winata, W., & Ni'matutsania, A. S. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Kemampuan Pemahaman Bacaan di SDN Larangan 01 Utara Tangerang Banten. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(2), 393-404. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i2.1632
Nurdian, N., Ulfah, K. R., & Ilise, R. N. (2021). Pendidikan muatan lokal sebagai penanaman karakter cinta tanah air. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(2), 344-350. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36414
Pradana, Y. (2016). Pengembangan karakter siswa melalui budaya sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1(1). https://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1883
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102-111. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20489
Rillah, G. R., Lyesmaya, D., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Karakter Cinta Tanah Air Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan). Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 14-22. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1348
Sari, P. I., & Azmi, U. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Savi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Domain Psikomotorik Siswa di SMAN 9 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(1), 271-277. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.426
Suri, F., Saragi, D., & Perangin-angin, R. B. B. (2022). Analisis Model Pembelajaran SAVI pada Era Society 5.0 di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 7768-7774. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3588
Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 119-126.
Ummi, S., Derlina, D., Aningsih, S., Situmorang, H., & Solikin, S. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Budaya Melayu untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(1), 95-102. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4706
Wardani, F. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 1(2).
Widiantari, N. K., Agung, A. A. G., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Permainan Rakyat dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 609-622. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54658
Wiraputra, I. P. F. A., Suastra, I. W., & Sudiana, I. N. (2023). Dampak Positif Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 124-133. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.60087
Zaid, M., Alam, A. Z. I., & Alam, A. A. F. (2023). Nilai-Nilai Kemanusiaan melalui Puisi Maya Angelou (Pesan Moral Berbasis Karya Sastra). Jurnal Dieksis ID, 3(2), 151–159. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.348
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wawan Akbar, Andina Halimsyah Rambe, Humaidah Fatimah Parapat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.